Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenali Perbedaan Ikan Dori dengan Ikan Patin dengan Mudah

List Artikel
21 Juli 2022 | 0 Komentar

Ikan dori dan ikan patin merupaka jenis ikan yang sering kita jumpai dalam olahan kuliner, tak hanya kuliner Indonesia, tapi juga kuliner barat. Keduanya ini seringkali salah dikenali dan membuat orang keliru dalam membedakannya. Padahal secara umum, keduanya ini sangatlah berbeda. Ikan dori adalah salah satu jenis ikan laut, sedangkan ikan patin adalah jenis ikan air tawar. Selain itu, jika dilihat dari segi tampilan keseluruhannya, ikan patin dengan ikan dori ini punya bentuk yang sangat berbeda. Ikan patin memiliki bentuk yang memanjang dengan bagian kepala yang agak meruncing. Sedangkan ikan dori memiliki bentuk yang membulat. Dari segi warnanya juga berbeda. Ikan patin memiliki warna yang lebih cerah jika dibandingkan dengan ikan dori. Meski bisa mudah dibedakan dari segi tampilan bentuk, tapi jika sudah di-fillet, kedua jenis ikan ini akan terlihat mirip satu sama lain. Di sinilah orang-orang seringkali salah mengenali keduanya, yakni pada saat kedua ikan ini sudah di-fillet. Untuk mempermudahmu dalam membedakan ikan dori dengan ikan patin yang sudah di-fillet, cek dulu perbedaan dari keduanya di bawah ini!


 

Sumber: Medkomtek.com


Serat Daging

Jika dilihat dari segi serat daging fillet ikan dori dengan ikan patin ternyata akan ada perbedaan. Ikan dori dan ikan patin sama-sama memiliki tampilan warna yang putih. Hanya saja, jika kamu perhatikan dari segi serat dagingnya, keduanya ini berbeda. Untuk serat daging ikan dori akan terlihat kecil dan lebih halus. Berbeda dengan serat daging pada ikan patin yang terlihat lebih besar dan tidak terlalu halus.

 

Tekstur

Untuk teksturnya, perbedaan ikan dori dengan ikan patin ini akan bisa dibedakan jika kamu sudah mencicipnya. Tekstur dari ikan dori akan terasa lebih kenyal, tebal, dan padat. Berbeda dengan tekstur ikan patin yang terbilang lebih tipis dan agak lembek setelah diolah. Jika dibandingkan saat dikunyah, meski keduanya sama-sama lumer di mulut, tapi tekstur ikan patin akan lebih cepat lumer karena lebih tipis dan tidak kenyal melainkan lembek.

 


Sumber: Kilatstorage.id


Aroma

Perbedaan ikan dori dengan ikan patin dari segi aromanya ini tentu berbeda karena ikan dori adalah ikan laut sehingga jauh lebih segar. Tapi tentu saja jika ikan dori tidak segar, itu tandanya ikan tersebut sudah lama sehingga mengeluarkan aroma yang amis. Berbeda dengan ikan patin yang termasuk ikan air tawar sehingga jika tidak dibumbui dengan benar akan ada aroma lumpur atau tanah yang sangat kuat.

 

Rasa

Jika dilihat dari segi rasanya, ikan dori ini memiliki rasa yang agak manis dan gurih. Perpaduan dua rasa ini membuatnya lebih sering dimasak dengan cara digoreng. Lain halnya dengan ikan patin yang rasanya cenderung agak hambar dengan sedikit rasa gurih di dalamnya. Banyak yang mengatakan kalau rasa dari ikan patin ini mirip dengan ikan lele.



Sumber: Detik.net.id


Harga dan Penggunaan

Untuk harganya sendiri, tentu saja ada perbedaan ikan dori dengan ikan patin. Ikan patin memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan ikan dori. Inilah yang membuat ikan dori paling sering dijumpai di restoran ketimbang di rumah makan biasa. Ikan dori lebih banyak diolah menjadi kuliner barat seperti fish and chips atau steak ikan dori. Sedangkan untuk jenis ikan patin lebih banyak diolah menjadi sup atau gulai hingga olahan makanan khas Indonesia.

 

Itulah beberapa cara untuk mengenali ikan dori dengan ikan patin yang mudah. Semoga informasi di atas bisa membantumu dalam membedakan kedua jenis ikan di atas ya!

Fish & Co.

Foto Fish & Co.
Foto Fish & Co.
Foto Fish & Co.

Fish & Chips ThreeHouse

Foto Fish & Chips ThreeHouse
Foto Fish & Chips ThreeHouse
Foto Fish & Chips ThreeHouse

Fish Streat

Foto Fish Streat
Foto Fish Streat
Foto Fish Streat

O! Fish

Foto O! Fish
Foto O! Fish
Foto O! Fish

Fish Village

Foto Fish Village
Foto Fish Village
Foto Fish Village

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?