Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenapa Restoran Fine Dining Memiliki Porsi Makanan yang Sedikit?

List Artikel
5 Oktober 2020 | 0 Komentar

Pernah makan ala fine dining di restoran? Fine dining merupakan konsep makan ala restoran yang menawarkan suasana mewah terbaik dan pelayanan berkelas. Pelayan yang menyajikan makanan dengan seragam yang rapi, pengunjung yang datang dengan gaun atau setelan jas, hingga makanan yang disajikan dengan sangat apik. Saat kamu menikmati sajian fine dining, pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa sih makanan yang disajikan ala fine dining selalu dalam porsi yang sangat sedikit? Buat kamu yang belum tahu dan bertanya-tanya alasannya, lebih baik kamu simak penjelasan di bawah ini!



Sumber : Pergikuliner.com


1. Harga Bahan Makanan yang Cukup Mahal

Makan ala fine dining sudah terkenal dengan harganya yang cukup menguras kantong. Ada banyak orang yang bertanya-tanya kenapa dengan porsi yang sedikit, harga makanan dibandrol dengan cukup mahal. Alasannya adalah harga bahan makanan yang cukup mahal sehingga makanan disajikan dengan porsi sedikit. Sesuai dengan konsepnya yang ingin menyajikan menu makanan terbaik, maka bahan-bahan yang digunakan untuk makanan fine dining adalah bahan-bahan yang berkualitas tinggi.

 

2. Tahapan Penyajian Makanan

Di restoran fine dining, makanan selalu dipesan dalam satu paket, yakni appetizer, maincourse, dan dessert. Bayangkan saja jika kamu menyantap ketiganya dalam porsi yang banyak, tentunya perut kamu tak akan sanggup menampungnya alias bisa bikin kekenyangan. Oleh karena itu, makanan fine dining disajikan dalam jumlah yang sedikit agar penikmatnya bisa menikmati semua appetizer, maincourse, dan dessert.

 

3. Lebih Elegan

Tak semua orang bisa makan ala fine dining setiap harinya. Biasanya orang akan makan ala fine dining karena sedang ada perayaan khusus, baik itu anniversary, ulang tahun, hingga dinner romantis. Oleh karena itu, makan ala fine dining menjadi istimewa. Pengunjung yang datang pun berpakaian rapi alias tidak sembarangan sehingga suasana terasa lebih elegan. Jadi, untuk mengurangi kemungkinan seperti kekenyangan, baju kotor karena makanan, hingga hal-hal lainnya, maka porsi makan dalam fine dining dibuat lebih sedikit.  

 

4. Penyajian Penuh Seni

Keindahan penyajian dalam piring saji menjadi salah satu ciri khas fine dining. Makanan yang disajikan dengan penuh seni ini tentunya membuat porsi yang disajikan tidak boleh terlalu banyak karena bisa mengurangi keindahan estetika seni penyajian makanan itu sendiri. Jadi tak heran kalau makanan yang disajikan secara cantik ini membutuhkan banyak bahan-bahan dengan jumlah yang sedikit hanya untuk menambah warna dan komposisi penyajian.

 

5. Menjaga Kenikmatan

Percaya atau tidak, setenar atau selegendaris apapun suatu makanan, kenikmatannya pasti akan berkurang jika disantap dalam porsi besar. Hal ini diakibatkan karena makanan dengan porsi besar akan membuat kamu cepat bosan. Alasan inilah yang melandasi restoran fine dining menyajikan makanan dengan porsi yang kecil. Untuk menu maincourse saja, restoran fine dining paling tidak hanya menyajikan sebanyak lima suapan saja. Hal ini ditujukan untuk menjaga kelezatan dan cita rasa makanan mulai dari gigitan pertama hingga terakhir.

 

Sekarang kamu sudah tahu khan alasannya kenapa restoran fine dining memiliki porsi makanan yang sedikit. Nah, bagaimana kalau kamu langsung membuktikannya dengan santap ala fine dining di restoran pilihan di bawah ini. 

Animale Restaurant

Foto Animale Restaurant
Foto Animale Restaurant
Foto Animale Restaurant

Vong Kitchen - Alila Hotel SCBD

Foto Vong Kitchen - Alila Hotel SCBD
Foto Vong Kitchen - Alila Hotel SCBD
Foto Vong Kitchen - Alila Hotel SCBD

Le Quartier

Foto Le Quartier
Foto Le Quartier
Foto Le Quartier

Osteria Gia

Foto Osteria Gia
Foto Osteria Gia
Foto Osteria Gia

Namaaz Dining

Foto Namaaz Dining
Foto Namaaz Dining
Foto Namaaz Dining

Mau tau lebih banyak lokasi restoran fine dining di JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek Pergikuliner.com dulu sebelum kamu pergi kulineran!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?