Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenapa Valentine Sangat Identik dengan Cokelat?

List Artikel
14 Februari 2019 | 0 Komentar

Saat hari Valentine tiba, beberapa toko kue, cafe, hingga restoran berlomba-lomba untuk menyajikan aneka olahan produk cokelat dalam daftar menu mereka. Cokelat seolah menjadi kuliner yang paling diburu menjelang datangnya hari Valentine. Cokelat memang sangat identik dengan perayaan hari Valentine. Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya, kenapa harus cokelat yang menjadi kuliner perlambang hari kasih sayang tersebut. Kenapa bukan kuliner manis lainnya seperti permen, gulali, atau yang lainnya. Ternyata semua itu ada sejarahnya lho, teman PergiKuliner!

 

Sumber: pergikuliner.com


Saat cokelat baru pertama ditemukan oleh suku Aztec, Meksiko, cokelat menjadi barang termahal di dunia yang harga jualnya setara dengan emas. Saat itu, cokelat menjadi hadiah mewah yang sering diberikan oleh orang-orang kalangan atas suku Aztec. Setelah cokelat mulai menyebar ke Eropa, cokelat menjadi sangat popular. Bahkan kepopuleran cokelat bisa mengalahkan kepopuleran kopi pada masa itu. Ada banyak ksatria yang memberikan bunga mawar, puisi, beserta cokelat kepada para kekasih mereka karena cokelat dianggap sebagai hadiah yang mewah sehingga memiliki prestise tersendiri.


Sumber: pergikuliner.com


Lalu kenapa cokelat harus diberikan saat hari Valentine? Hari Valentine yang jatuh pada tanggal 14 Februari ini merupakan hari untuk menghormati seorang pemuka agama bernama Valentine. Berhubung cokelat dianggap sebagai hadiah yang mewah, maka masyarakat memberikan bingkisan berupa cokelat untuk memperingatinya. Pada tahun 1861-an, Richard Cadbury melihat adanya peluang momen Valentine ini lalu melakukan inovasi dalam pemasaran cokelat dengan menaruh gambar cupid berbentuk hati yang melambangkan cinta. Sejak saat itulah cokelat jadi hadiah Valentine yang diberikan pada kekasih. 


Itu dia alasan kenapa cokelat sangat identik dengan Valentine. Dan sekarang waktunya kamu membelikan cokelat-cokelat berkualitas terbaik untuk pasangan kamu di beberapa toko cokelat yang ada di Jakarta, seperti di bawah ini!

Better Chocolate Than Never

Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never

Dapur Cokelat

Foto Dapur Cokelat
Foto Dapur Cokelat

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?