Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kerepotan Makan Xiao Long Bao? Ini Cara Menyantapnya yang Benar!

List Artikel
18 April 2018 | 0 Komentar

Buat yang suka makan di restoran chinese food, pastinya sudah mengenal xiao long bao yang masuk dalam jajaran dimsum favorit banyak orang. Xiao long bao merupakan kuliner yang berasal dari Tiongkok bagian selatan, atau lebih tepatnya berasal dari Shanghai dan Suzhou. Penyebarannya dengan cepat merata di Taiwan dan Hongkong hingga akhirnya populer di dunia. Dinamakan xiao long bao karena xiao long memiliki arti wadah kukus yang terbuat dari bambu kecil. Sedangkan bao memiliki arti roti. Jadi bisa dikatakan arti xiao long bao adalah roti yang dikukus dalam wadah kukus bambu.


 Sumber: pergikuliner.com


Tak seperti jenis dimsum lainnya yang bisa dengan mudah disantap. Xiao long bao ini memiliki keunikan tersendiri karena tekstur kulitnya kenyal dan pada bagian dalamnya terdapat sup atau kuah yang berisi daging cincang. Inilah yang membuat xiao long bao sering dijuluki dengan nama "dumpling soup". Jenis daging yang digunakan biasanya daging babi, ayam, dan sapi. Tapi ada juga xiao long bao yang menggunakan isian seafood seperti udang, cumi, dan ikan.


Sumber: pergikuliner.com 


Berhubung xiao long bao punya bentuk dan tekstur yang unik, maka kamu tak bisa sembarangan menyantapnya karena jika cara kamu salah, maka bisa-bisa kamu akan terkena cipratan kuah panas di dalamnya atau kulitnya pecah sehingga kamu tidak bisa menikmati isian kuah kaldunya yang sangat lezat. Lantas bagaimana cara menyantapnya yang benar? PergiKuliner akan memberitahukannya kepada kamu.


 Sumber: pergikuliner.com


Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyediakan sumpit dan sendok bebek. Karena xiao long bao selalu disajikan dalam keadaan panas sehingga kamu tak bisa mengambilnya dari wadah kukus bambu dengan tangan. Kamu bisa mengambil xiao long bao dengan menggunakan sumpit dengan pelan-pelan lalu letakkan di sendok bebek. Kalau tidak ada sendok bebek, kamu bisa meletakkannya di dalam mangkuk kecil.


Sumber: pergikuliner.com


Setelah itu, koyak atau robek sedikit bagian kulitnya sehingga isiannya kuahnya keluar lalu hisap kaldu dan nikmati dengan menyantapnya kulitnya. Jangan sekali-kali kamu memasukkan xiao long bao utuh ke dalam mulut karena saat kulitnya pecah di dalam mulut, isian kaldunya yang panas bisa membakar lidah kamu. Agar lebih nikmat lagi, kamu bisa menaruh irisan jahe saat menyantapnya atau mencocol kulit xiao long bao dengan sedikit kecap asin dan cuka. Xiao long bao harus disantap saat panas-panas agar kulitnya terasa kenyal dan lembut.

 

Bagaimana teman PergiKuliner? Mudah bukan cara menyantap xiao long bao? Buat kamu yang ingin mempraktekkannya langsung, kamu bisa menyantap xiao long bao langsung di salah satu restoran chinese food di bawah ini! 


Din Tai Fung

Foto Din Tai Fung
Foto Din Tai Fung

Jin Mu Dumpling Restaurant

Foto Jin Mu Dumpling Restaurant
Foto Jin Mu Dumpling Restaurant
Foto Jin Mu Dumpling Restaurant

Paradise Dynasty

Foto Paradise Dynasty
Foto Paradise Dynasty

Golden Sense International Restaurant

Foto Golden Sense International Restaurant
Foto Golden Sense International Restaurant
Foto Golden Sense International Restaurant

Fook Yew

Foto Fook Yew
Foto Fook Yew

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?