Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ketahui 3 Hal Tentang Gluten Free Diet Yuk

List Artikel
16 Oktober 2017 | 0 Komentar

Pernahkah kamu mendengar soal gluten free diet? Kalau pernah, apakah pendapatmu soal diet tersebut? Kebanyakan orang menilai kalau diet ini memiliki banyak pantangan yang tidak boleh dimakan. Hmm, memang benar sih, namun banyak juga dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari sebenarnya termasuk dalam kategori gluten free. Agar semakin paham, mari kenali saja 3 hal tentang gluten free diet berikut ini!



Sumber : pergikuliner.com


1. Tujuan dari Gluten Free Diet

Gluten adalah jenis protein yang terdapat pada produk-produk yang terbuat dari gandum, barley, dan produk-produk yang berasal dari tepung seperti roti, mie, dan pasta. Perlu diketahui bahwa gluten free diet bukanlah salah satu jenis diet yang bertujuan untuk melangsingkan tubuh, melainkan lebih ditujukan untuk penderita penyakit celiac. Celiac adalah suatu kondisi dimana usus halus mengalami kerusakan akibat ketidakmampuan untuk mencerna nutrisi tertentu.

Jika orang penderita celiac mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, sistem kekebalan tubuh akan merespon dengan merusak struktur kecil pada usus halus yang terdapat pada tubuh mereka. Jika hal ini terus berlanjut maka dapat berujung pada malnutrisi dan gangguan pencernaan lainnya seperti sembelit, diare, dan perut kembung. Oleh karena itu, penderita celiac diwajibkan mengikuti aturan makan gluten-free diet untuk kesehatan tubuhnya.


2. Jenis Makanan Mengandung Gluten

Mungkin kamu berpikir selama makanan tersebut tidak terbuat dari tepung berarti aman dikonsumsi dan bebas gluten. Padahal kenyataannya, banyak sekali makanan yang secara tidak langsung terbuat dari tepung atau gandum. Makanan seperti itulah yang justru tanpa sadar sering dikonsumsi oleh para pelaku gluten free diet. Sebaiknya hindarilah jenis makanan yang menggunakan kecap, cream soup, dan produk-produk dari saus seperti saus barbeque, saus saus black pepper, serta saus jamur. Selain itu, hindari juga segala bentuk makanan olahan seperti kentang goreng, maupun daging olahan. 

Kalau semua produk-produk makanan yang terbuat dari gandum dan tepung dilarang. Apakah berarti harus menghindari roti juga? Memang sulit rasanya menghindari makanan bebas gluten, apalagi bagi yang gemar menyantap varian roti, hamburger, atau bahkan pizza untuk makanan sehari-hari. Namun kamu tak perlu khawatir, di era modern seperti sekarang sudah banyak kok produk roti dan pasta yang tidak mengandung gluten atau biasa dilabeli ‘gluten-free’. Jadi, pastikan kamu mengecek komposisi dan label kemasannya dahulu sebelum membeli.


3. Alternatif Makanan Bebas Gluten

Sebagai alternatif, kamu bisa mengganti asupan karbohidratmu dengan mengkonsumsi nasi, kentang, atau jagung. Sedangkan untuk camilan, pilihlah makanan-makanan yang bisa diolah sendiri seperti rice cracker atau popcorn. Jangan terlalu fokus pada apa yang tak boleh dimakan, tetapi fokuslah pada apa yang boleh dimakan. Ternyata masih banyak kok makanan bebas gluten yang biasa kita konsumsi sehari-hari seperti daging, ikan, buah-buahan, sayuran, dan produk-produk yang terbuat dari susu. Usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan tersebut dalam bentuk yang masih utuh atau bukan produk olahan maupun kalengan, karena dikhawatirkan ada bahan tambahan lain yang mengandung gluten.


Nah! Itu dia penjelasan singkat mengenai gluten free diet. Jika teman PergiKuliner ingin makan-makanan bebas gluten, kamu bisa mampir untuk mencicipi aneka masakan yang terbuat dari bahan bebas gluten di tempat makan rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Lucky Cat Coffee & Kitchen

Foto Lucky Cat Coffee & Kitchen
Foto Lucky Cat Coffee & Kitchen
Foto Lucky Cat Coffee & Kitchen

Chef Tony's

Foto Chef Tony's
Foto Chef Tony's
Foto Chef Tony's

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Kafe Hanara

Foto Kafe Hanara
Foto Kafe Hanara
Foto Kafe Hanara

Chicago Popcorn

Foto Chicago Popcorn
Foto Chicago Popcorn
Foto Chicago Popcorn

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?