Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ketahui Ciri-ciri Coffee Shop yang Punya Perhatikan Ekstra Pada Menu Kopinya

List Artikel
20 Oktober 2018 | 0 Komentar

Ketenaran kopi di Indonesia memang tidak bisa terlepas dari menjamurnya coffee shop. Awalnya, kita hanya mengenal satu nama yakni Starbucks yang merupakan kedai kopi franchise ternama dari Amerika Serikat. Tapi selama lima tahun belakangan ini, perkembangan coffee shop di Indonesia dinilai sangat tinggi. Rasanya hampir setiap bulan ada saja coffee shop baru yang muncul, tak hanya di Ibukota saja, tapi juga di kota-kota lainnya di Indonesia. Bagi para penyuka kopi, mengunjungi satu per satu coffee shop untuk merasakan cita rasa kopi yang disajikan sudah menjadi agenda wajib yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Tapi tak semua coffee shop benar-benar memperhatikan menu kopi yang mereka jual. Untuk mengetahuinya, kamu bisa melihat dari ciri-cirinya seperti di bawah ini:

 

Sumber : Pergikuliner.com


1. Varian Kopinya Sangat lengkap

Ciri yang pertama adalah memiliki varian kopi yang sangat lengkap, mulai dari menu kopi yang berbasis espresso seperti cappucino, latte, americano, piccolo latte, long black, mochacino, flat white, dan lain sebagainya. Tak hanya menu berbasis espresso saja, tapi juga ada varian manual brew seperti V60, chemex, syphon, french press, dan lain sebagainya. Tak lupa ada juga varian minuman kopi dingin, mulai dari yang kekinian seperti es kopi susu, cold drip, cold brew, dan lain sebagainya.

 

2. Memiliki Signature Drink

Ciri yang kedua adalah memiliki signature drink sendiri. Meski ada varian kopinya sangat lengkap, tapi biasanya coffee shop yang memiliki perhatian ekstra pada minuman kopinya selalu punya signature drink yang diracik oleh sang barista. Signature drink inilah yang biasanya membuat para pelanggan berdatangan karena coffee shop tersebut punya minuman yang tidak dimiliki oleh coffee shop lain.

 

3. Pilihan Single Origin yang Bervariasi

Bagi para pecinta kopi, kita seringkali bertanya perihal jenis kopi apa yang digunakan? Jika sangat barista mengatakan kepadamu kalau ada banyak single origin yang mereka miliki, ini tandanya coffee shop tersebut sangat perhatian dengan menu kopi mereka. Dengan banyaknya variasi single origin, meski kita memesan menu kopi yang sama, tapi citarasanya pasti berbeda tergantung pada jenis kopi single origin yang mereka miliki. Misalkan saja espresso dengan menggunakan single origin Aceh Gayo pasti akan berbeda rasanya dengan espresso yang menggunakan single origin Flores Bajawa.

 

4. Alat Pembuat Kopinya Lengkap

Ciri lainnya yang bisa kamu ketahui adalah kelengkapan alat pembuat kopi yang mereka miliki. Jika alat pembuat kopinya lengkap, maka sudah pasti coffee shop tersebut memperhatikan menu minuman kopi mereka. Pastikan kalau coffee shop yang kamu kunjungi punya mesin espresso, chimex, vietnam drip, aeropress, cold brewers, dan lain sebagainya. Dengan adanya alat pembuat kopi yang lengkap, pasti varian kopi yang disajikan juga pasti lengkap.

 

5. Menjual Biji Kopi dan Bubuk Kopi

Tak sedikit coffee shop yang menjual biji kopi dan bubuk kopi. Hal tersebut menandakan kalau coffee shop tersebut bisa memanjakanmu yang terkadang ingin menyeduh kopi sendiri di rumah dengan sensasi coffee shop. Biji kopi dan bubuk kopi yang dijual biasanya tidak banyak jenisnya dan hanya dijual dalam dua ukuran, yakni 100 gram dan 200 gram. Stoknya juga tidaklah banyak karena sedikit orang yang membeli biji kopi dan bubuk kopi untuk diseduh di rumah.

 

Sekarang kamu sudah tahu kan apa saja ciri-ciri dari coffee shop yang punya perhatian ekstra pada menu minuman kopinya? Nah, untuk memastikan kamu bisa mengunjungi beberapa rekomendasi coffee shop pilihan PergiKuliner di bawah ini!

Giyanti Coffee Roastery

Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery

Tanamera Coffee Roastery

Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery

Caribou Coffee

Foto Caribou Coffee
Foto Caribou Coffee
Foto Caribou Coffee

Anomali Coffee

Foto Anomali Coffee
Foto Anomali Coffee
Foto Anomali Coffee

Hygge Coffee

Foto Hygge Coffee
Foto Hygge Coffee
Foto Hygge Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?