Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ketahui Ciri Gelato yang Enak Dengan Cara Ini!

List Artikel
1 Februari 2021 | 0 Komentar

Bagi penyuka dessert pastinya mengenal gelato. Gelato merupakan makanan bercita rasa manis dengan sensasi dingin yang sangat cocok disantap di siang hari. Gelato adalah kuliner khas Italia yang seringkali salah dikenali sebagai es krim karena tampilannya yang mirip. Padahal keduanya ini sangat berbeda, baik itu dari segi bahan pembuatan, campuran, hingga cara pembuatannya. Tapi kali ini kita tidak akan membahas tentang perbedaan dari gelato vs es krim melainkan cara mengetahui ciri gelato yang enak. Ada banyak gerai gelato di Indonesia sehingga tak heran kalau terkadang kita bingung menentukan ingin menyantap gelato di gerai mana. Supaya tidak salah pilih, ketahui dulu yuk ciri gelato yang enak di bawah ini.


Sumber: Pergikuliner.com


Cek Tampilan Warnanya

Hal pertama yang perlu diketahui dari ciri gelato yang enak adalah tampilan warnanya. Memang sebenarnya tampilan warna ini tidak bisa menjadi patokan gelato tersebut enak atau tidak. Meski demikian, kebanyakan gelato yang enak memiliki tampilan warna yang lebih solid. Pasalnya gelato ini dibuat dari bahan campuran murni seperti buah, sayur, dan lain sebagainya. Bukan perasa seperti pada es krim. Hal ini membuat tampilan warnanya lebih solid jika dibandingkan warna es krim yang lebih soft atau kalem. Tampilan warna pada gelato juga lebih berwarna karena ada banyak pilihan bahan campuran seperti warna hijau daei campuran pokcoy atau kale, kuning untuk campuran mangga, merah muda untuk campuran buah naga, dan lain sebagainya. Kalau warna gelato yang kamu jumpai tidak solid, itu tandanya campuran di dalamnya tidak banyak.

 

Rasa Campurannya Sangat Terasa

Gelato dibuat dengan beragam bahan campuran seperti buah, sayur, dan lain sebagainya. Gelato dengan tampilan warna solid dinilai lebih enak. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan campuran di dalamnya sesuai dengan takaran. Dengan begitu, citarasa campuran pada gelato akan lebih terasa karena menggunakan campuran asli, bukan essens atau perasa. Misalkan saja saat kamu memilih gelato mangga yang berwarna kuning, jika saat dirasakan mangganya sangat terasa kuat, itulah salah satu ciri gelato yang enak dikonsumsi.


Rasanya Manis yang Pas

Gelato yang enak akan memiliki cita rasa manis yang pas. Hal ini dikarenakan gelato tidak mengandalkan rasa manis dari gula secara keseluruhan melainkan mengandalkan cita rasa alami dari bahan campuran yang digunakan. Misalkan saja pada gelato mangga, maka selain ada rasa manis seharusnya akan ada sedikit rasa asam di dalamnya. Jika rasa gelato terlalu manis di lidah, itu tandanya penggunaan gula terlalu banyak sehingga akan menutupi rasa alami dari bahan campuran yang digunakan.

 

Tidak Mudah Meleleh

Perlu kamu ketahui kalau salah satu ciri gelato yang enak adalah teksturnya yang tidak mudah melelehdikarena kandungan lemak dan airnya sedikit. Selain teksturnya yang tidak mudah meleleh, gelato yang enak juga memiliki tingkat kelembutan yang pas. Berhubung kadar lemak pada gelato lebih sedikit daripada es krim, maka tekstur gelato cenderung lebih padat. Tapi kalau cara pengolahannya benar, maka tekstur yang didapat bisa lembut seperti es krim. Tekstur gelato ini akan terasa ringan saat masuk ke tenggorokanmu sehingga membuatmu tidak mudah eneg saat menyantapnya. Justru yang dirasakan adalah sensasi dari gelato itu sendiri.


Sekarang teman kuliner sudah tahu kan cara mengetahui mana gelato yang enak? Untuk memastikannya, cobain yuk gelato di kedai rekomendasi PergiKuliner di bawah ini. Kalau gelato-gelato ini sih sudah pasti enak deh. Tidak percaya? Buktikan sendiri ya!

Gaya Gelato

Foto Gaya Gelato
Foto Gaya Gelato
Foto Gaya Gelato

Grom Gelato

Foto Grom Gelato
Foto Grom Gelato
Foto Grom Gelato

MOONI Artisan Gelato

Foto MOONI Artisan Gelato
Foto MOONI Artisan Gelato
Foto MOONI Artisan Gelato

Latteria Gelato

Foto Latteria Gelato
Foto Latteria Gelato
Foto Latteria Gelato

Orbit Gelato

Foto Orbit Gelato
Foto Orbit Gelato
Foto Orbit Gelato

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?