Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Keunikan Olahan Ayam Ala Thailand yang Bikin Ketagihan

List Artikel
6 April 2017 | 0 Komentar

Semua orang pasti setuju jika daging ayam merupakan daging yang bisa diolah dengan berbagai cara dan bumbu masakan. Daging ayam sangat baik bagi kesehatan karena memiliki protein yang tinggi dan kandungan lemaknya lebih sedikit jika dibandingkan dengan daging kambing maupun daging sapi sehingga daging ayam juga cocok dijadikan sebagai menu diet sehatmu. Indonesia sendiri termasuk negara yang ahli dalam mengolah daging ayam. Terbukti bahwa banyak masakan Indonesia yang berasal dari daging ayam dan sudah diakui kelezatannya. Lain negara lain pula cara pengolahannya, seperti negara Thailand yang juga memiliki masakan yang berbahan dasar daging ayam namun memiliki cita rasa yang berbeda dengan masakan ayam dari Indonesia. Penasaran ingin mengintip olahan ayam ala Thailand? Baca terus artikel PergiKuliner selengkapnya di bawah ini ya!


1. Geng Kheaw Wan Gai



sumber: pergikuliner.com


Geng kheaw wan gai atau chicken green curry merupakan masakan khas Thailand yang berasal dari daging ayam dengan campuran tomat hijau, rebung, daun kemangi, dan ketumbar. Sementara untuk kuahnya terbuat dari tomat hijau, daun pandan, dan santan yang membuat tampilan masakan ini menjadi unik dengan sentuhan warna hijau yang pekat. Masakan geng kheaw wan gai sudah cukup terkenal hingga ke mancanegara. Untuk rasanya sendiri, masakan ini cukup memiliki wangi dan cita rasa yang khas.


2. Panang Gai



Sumber: allrecipes.com

                                                                                

Masih membahas olahan dari ayam, selanjutnya PergiKuliner punya panang gai yakni potongan daging ayam yang telah digoreng dan kemudian dimasak dengan pasta kari merah, perasan air jeruk purut, dan santan. Sensasi rasa dari masakan panang gai ini terkenal cukup pedas sekaligus sedikit asam. Sangat cocok untuk kamu yang menyukai hidangan asam pedas.


3. Gang Massaman



Sumber: allrecipes.com

                                    

Ada pula gang massaman yang berbeda dengan masakan ayam kari sebelumnya. Gang massaman ini memiliki rasa yang lebih dominan manis dengan campuran pasta kari, santan, kayu manis, biji pala, dan bumbu kacang. Untuk penyajiannya sendiri, daging ayam dan kentang yang telah dipotong dadu disiram dengan bumbu di atas tadi. Tampilannya sangat mirip seperti sate padang yang ada di Indonesia, hanya saja masakan gang massaman ini tidak disajikan dalam bentuk sate. Menikmati gang massaman ini paling pas jika ditemani dengan nasi putih dan bisa juga dijadikan menu untuk makan siang kamu.


4. Gai Pad Pongali



Sumber: englishforall.id


Terakhir ada gai pad pongali yang berbahan dasar suwiran daging ayam yang dimasak dengan pasta kari kuning, bawang bombay, tomat, kacang panjang, dan juga paprika. Keunikan dari masakan ini adalah tampilannya yang lebih mirip seperti tumisan daging ayam dan membuat turis sering terkecoh karena penampilan gai pad pongali yang sama sekali tidak terlihat seperti masakan kari. Padahal olahan gai pad pongali sangat melekat dengan bumbu kari sebagai  bahan dasarnya. Seporsi gai pad pongali biasanya disajikan dengan nasi putih.


Demikian ulasan seputar keunikan olahan ayam khas Thailand yang perlu kamu tau. Nah, teman PergiKuliner jadi ngerasa lapar kan? Mau mencoba aneka menu ayam khas Thailand seperti di atas? Cek dulu yuk daftar restorannya di bawah ini!

Locanda Food Voyager

Foto Locanda Food Voyager
Foto Locanda Food Voyager
Foto Locanda Food Voyager

Jittlada Restaurant

Foto Jittlada Restaurant

Ying Thai

Foto Ying Thai
Foto Ying Thai
Foto Ying Thai

White Elephant

Foto White Elephant
Foto White Elephant

Thai Alley

Foto Thai Alley
Foto Thai Alley

Mau tau lebih banyak tentang lokasi restoran Thailand enak di JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek Pergikuliner.com dulu sebelum kamu pergi kulineran!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?