Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Konsumsi Udang dan Vitamin C Bersamaan Berbahaya, Mitos atau Fakta?

List Artikel
7 Januari 2018 | 0 Komentar
Apakah kalian pernah mendengar tentang larangan meminum es jeruk sehabis memakan seafood? Atau mungkin kalian juga pernah mendapatkan berita keracunan yang menyebabkan kematian akibat hal tersebut?

Sumber : pergikuliner.com

Mitos atau fakta?
Larangan meminum es jeruk yang mengandung Vitamin C sehabis memakan seafood (khususnya udang) memang seringkali kita dengar. Para penyebar berita biasanya memberikan penjelasan bahwa di dalam udang terdapat kandungan zat arsenic yang dapat berubah menjadi racun ketika bertemu dengan Vitamin C. Perubahan zat arsenic menjadi racun tersebut, bukan hanya dapat membuat penderitanya mengidap gejala keracunan makanan, melainkan juga dapat menyebabkan kematian secara mendadak. 


Sumber : pergikuliner.com

Mengutip penjelasan dari salah satu pakar gizi di Rumah Sakit Pusat Pertamina Jakarta kepada salah satu media online, dikatakan bahwa belum ada penelitian yang membuktikan secara medis bahwa perpaduan antara udang dan Vitamin C dapat mengakibatkan keracunan bahkan sampai menyebabkan kematian. 

Jika ada beberapa kasus keracunan yang terjadi akibat mengkonsumsi udang dan es jeruk, maka harus diteliti lagi lebih lanjut, apakah udang yang dikonsumsi merupakan udang yang masih segar atau mungkin sudah tercemar logam berat dari laut. Selain itu, tingkat keasaman yang tinggi pada es jeruk juga sangat rentan menyerang para penderita penyakit asam lambung. Belum lagi penderita kolesterol tinggi yang sebenarnya harus menghindari pengkonsumsian udang secara berlebihan.
Kondisi tubuh yang tidak fit, ditambah dengan kualitas kesegaran udang yang buruk, kualitas kebersihan pengelolaan udang yang tidak terjaga, tingkat keasaman jeruk, dan juga riwayat penyakit yang diderita oleh orang yang bersangkutan merupakan faktor-faktor yang harus dipertimbangkan. 

Jadi, buat kalian semua yang selama ini merasa takut untuk meminum es jeruk sehabis memakan udang, jangan khawatir. Karena jika semua faktor-faktor di atas terpenuhi dengan benar dan juga konsumsinya dilakukan secara tidak berlebihan, maka dijamin tidak akan ada dampak negatif apapun yang terjadi pada tubuh kita. 
Nah! Kalau jadi kepingin makan udang atau olahan seafood lainnya, PergiKuliner punya beberapa rekomendasi tempat makannya di bawah ini!

Daun Muda Soulfood by Andrea Peresthu

Foto Daun Muda Soulfood by Andrea Peresthu
Foto Daun Muda Soulfood by Andrea Peresthu

Mie Udang Pik Khas Singapore

Foto Mie Udang Pik Khas Singapore
Foto Mie Udang Pik Khas Singapore

Bola Seafood Acui

Foto Bola Seafood Acui
Foto Bola Seafood Acui
Foto Bola Seafood Acui

Saung 89 Seafood

Foto Saung 89 Seafood
Foto Saung 89 Seafood
Foto Saung 89 Seafood

Aroma Sedap

Foto Aroma Sedap
Foto Aroma Sedap
Foto Aroma Sedap

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?