Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kopi Bubuk & Kopi Instan, Mana yang Cocok Untuk Membuat Dalgona Coffee?

List Artikel
11 Mei 2020 | 0 Komentar

Dalgona coffee menjadi salah satu olahan kopi yang sedang fenomenal dan viral di berbagai media sosial. Dalgona coffee asalnya dari Korea lalu populer di Indonesia. Olahan kopi ini terkenal karena teksturnya yang tak biasa. Dalgona coffee punya ciri khas warna layer yang berbeda, yakni bagian bawahnya putih dan atasnya cokelat krem. Teksturnya sangat lembut karena pada bagian atasnya seperti foam. Dalgona coffee terinspirasi dari camilan khas Korea, dalgona yang merupakan permen karamel dengan tekstur yang cepat lumer di mulut. Berhubung bahan-bahannya sangat mudah didapat, dalgona coffee ini bisa dengan mudah dibuat sendiri di rumah. Bahan-bahan pembuat dalgona coffee adalah kopi, gula, air panas, susu cair, daan es batu. Ada banyak perdebatan mengenai kopi apa yang seharusnya digunakan, apakah kopi instan atau kopi bubuk. Memang apa bedanya? Coba langsung lihat sana yuk!

 


Sumber: Jelajahnusae.com


Dari Segi Bahan Pembuatan

Perbedaan kopi bubuk dengan kopi instan bisa dilihat dari segi bahan pembuatannya. Untuk kopi bubuk dibuat dari biji kopi yang digiling atau dihaluskan terlebih dahulu. Sedangkan untuk kopi instan terbuat dari ekstrak kopi bubuk. Jadi bukan dari biji kopi langsung. Untuk membuat kopi instan, kopi bubuk diseduh terlebih dahulu baru kemudian dikeringkan dan dipadatkan hingga akhirnya berbentuk menjadi kopi instan.


Dari Segi Kandungan Kafein

Lalu bagaimana kalau dilihat dari segi kandungan kafeinnya? Baik itu kopi bubuk maupun kopi instan, keduanya punya kandungan kafein yang berbeda. Untuk kandungan kafein pada kopi bubuk jauh lebih tinggi dibandingkan kafein pada kopi instan karena kopi tidak diekstraksi dulu, melainkan bisa langsung diseduh bubuk kopinya. Sedangkan kopi instan yang sudah melalui proses ekstraksi akan berkurang kadar kafeinnya.


Dari Segi Rasa

Untuk perbedaan dari segi cita rasanya, tentu saja tak sama. Cita rasa dalgona coffee yang dibuat dari kopi bubuk pasti akan terasa lebih pahit dan tidak ada rasa creamy-nya. Berbeda dengan kopi instan yang di dalamnya sudah terdapat campuran krimmer, gula, serta bahan tambahan lainnya sehingga rasanya menjadi lebih manis.

 

Dari Segi Harga

Kalau ini kamu pasti juga tahu. Kopi bubuk punya harga jual yang lebih mahal jika dibandingkan dengan kopi instan. Hal ini karena kopi bubuk dibuat dari biji kopi asli tanpa campuran bahan apapun. Sementara kopi instan punya beberapa bahan campuran. Inilah yang menjadikan harganya lebih murah.

 

Jadi Lebih Baik Gunakan Kopi Apa?

Lalu sebaiknya menggunakan kopi apa untuk membuat dalgona coffee? Keduanya sama-sama bisa digunakan, hanya saja untuk kopi instan akan lebih mengembang hasilnya jika dibanding kopi bubuk. Ditambah lagi, kopi bubuk beresiko adanya ampas yang membuatnya sulit untuk mengembang. Jika ingin menggunakan kopi asli, sebaiknya gunakan biji kopi yang digiling kasar agar mudah menyaring ampasnya.


Itu dia perbedaan kopi bubuk dan instan yang sudah Pergikuliner rangkum agar dalgona coffee kamu berhasil ya. Kalau nggak mau repot buat dalgona coffee, lebih baik minum es kopi susu kekinian di Jakarta berikut ini yuk!

Jumpstart Coffee

Foto Jumpstart Coffee

Kopi Kenangan

Foto Kopi Kenangan
Foto Kopi Kenangan
Foto Kopi Kenangan

Tuku Kopi

Foto Tuku Kopi
Foto Tuku Kopi
Foto Tuku Kopi

Kopi Senyum

Foto Kopi Senyum
Foto Kopi Senyum
Foto Kopi Senyum

Kopi Janji Jiwa

Foto Kopi Janji Jiwa
Foto Kopi Janji Jiwa
Foto Kopi Janji Jiwa

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?