Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kopi Instan vs Kopi Segar, Apa Saja Bedanya?

List Artikel
14 Februari 2020 | 0 Komentar

Kopi merupakan salah satu minuman yang keberadaannya sangat populer di Indonesia. Kopi disukai karena memiliki cita rasa yang khas dan kuat. Selain itu kopi juga memiliki banyak manfaatnya untuk tubuh, mulai dari bisa meningkatkan konsentrasi, menghilangkan rasa kantuk, hingga meredakan stress. Kopi saat ini lebih banyak dijumpai di kedai kopi atau coffee shop yang pembuatannya dilakukan oleh barista sehingga kamu bisa menikmati kopi segar. Meski demikian, masih ada banyak orang yang menikmati kopi instan. Kopi instan ini merupakan kopi langsung seduh yang dijual dalam bentuk sachet atau kemasan plastik. Di dalamnya biasanya sudah ada krim, susu, hingga gula. Harganya ini lebih murah jika dibandingkan kopi segar sehingga banyak orang yang menyukainya karena praktis dan harganya ramah di kantong. Tapi selain berbeda harganya, sebenarnya apa yang membedakan kopi instan dengan kopi segar? Untuk mencaritahu perbedaannya, coba langsung kita cek saja yuk!



Sumber : Wikimedia.org


1. Dari Segi Pembuatan

Jika kamu perhatikan dari segi pembuatannya, kopi instan sudah pasti berbeda dengan kopi segar. Kopi instan dibuat dengan melewati beragam proses. Berhubung dibuat dalam skala besar, maka sudah pasti membuatnya dengan mesin industri, mulai dari proses penggilingan hingga pemanggangan. Sedangkan untuk kopi segar dibuat dengan cara manual. Beberapa orang ada yang membeli biji kopi, ada juga yang menggunakan bubuk kopi lalu menyeduhkan dengan mesin espresso atau dengan manual brew.

 

2. Dari Segi Aroma

Kalau kamu melihat perbedaan dari segi aromanya, wangi kopi instan dengan kopi segar sangat jauh berbeda. Kenapa bisa demikian? Kopi instan dan kopi segar memang sama-sama dibuat dari bahan utama kopi. Tapi untuk kualitas kopi yang digunakan berbeda. Kopi segar sudah pasti dibuat dari biji kopi berkualitas bagus dan 100% dibuat dari kopi tanpa campuran bahan apapun. Sedangkan untuk kopi instan dibuat dari biji kopi yang kualitasnya sedang dan di dalamnya sudah ada beberapa bahan campuran sehingga aromanya tidak sekuat kopi segar.

 

3. Dari Segi Cita Rasa

Setelah membedakan dari segi aromanya, kamu juga bisa membedakan keduanya dari segi cita rasanya. Untuk cita rasa dari kopi segar tergantung dari jenis kopi yang digunakan dan juga daerah asal kopi tersebut. Seperti yang kamu ketahui, beda jenis kopinya maka berbeda pula cita rasa yang diberikan. Seperti contohnya cita rasa kopi Aceh gayo dengan kopi Bali kintamani. Sedangkan untuk kopi instan cita rasanya tidak sekuat kopi segar. Alasannya adalah kopi instan tidak dibuat dari 100% bubuk kopi asli melainkan ada bahan-bahan tambahan lainnya yang digunakan. Ditambah lagi beberapa kopi instan ada yang menggunakan perasa kopi.

 

4. Dari Segi Nutrisi

Untuk segi nutrisi yang ada di dalamnya, kopi segar sudah pasti lebih unggul karena tidak menggunakan bahan pengawet sehingga kandungan nutrisinya masih terjaga, terutama kadar antioksidan yang dikandung di dalamnya. Untuk kopi instan, perlu kamu ketahui kalau kopi instan ini tidak memiliki kandungan antioksidan karena proses pembuatan kopi instan menghilangkan kadar antioksidan di dalamnya.

 

Nah, itulah beberapa perbedaan dari kopi instan dengan kopi segar. Jadi, kamu lebih pilih minum yang mana? Pastinya menyeruput kopi segar akan lebih disukai. Bukan hanya karena cita rasanya yang lebih autentik, tapi juga karena manfaat yang didapat juga lebih besar. Kalau bingung mau ngopi di mana, coba saja datang ke salah satu kedai kopi yang sudah direkomendasikan PergiKuliner berikut ini!

Caribou Coffee

Foto Caribou Coffee
Foto Caribou Coffee
Foto Caribou Coffee

Yatta Coffee

Foto Yatta Coffee
Foto Yatta Coffee
Foto Yatta Coffee

Kopi Kanto

Foto Kopi Kanto
Foto Kopi Kanto

Fore Coffee

Foto Fore Coffee
Foto Fore Coffee
Foto Fore Coffee

Dua Coffee

Foto Dua Coffee
Foto Dua Coffee
Foto Dua Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?