Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kopi Sumatera vs Kopi Sulawesi, Mana yang Sesuai Seleramu?

List Artikel
17 Desember 2019 | 0 Komentar

Kopi menjadi minuman yang punya penggemar banyak di Indonesia. Keberadaan kopi bagi masyarakat Indonesia saat ini bahkan bukan lagi menjadi minuman kegemaran saja, tapi juga sudah menjadi gaya hidup yang tak bisa ditinggalkan. Saat ini, kita tak hanya bisa menemukan kopi di warung saja, tetapi juga bisa dijumpai di beberapa pusat perbelanjaan serta coffee shop yang buka di pinggir jalan strategis. Menjamurnya kedai kopi di Indonesia tak hanya disebabkan oleh tingginya minat masyarakat akan minuman berwarna hitam ini, tapi juga karena banyaknya perkebunan kopi di Indonesia sehingga kopi bisa didapat dengan harga yang sangat terjangkau oleh semua kalangan masyarakat.



Sumber : Pergikuliner.com

 

Ada banyak sekali jenis kopi yang ada di Indonesia karena hampir masing-masing daerah punya kopi khasnya. Tapi secara umum, kopi di Indonesia bisa dikelompokkan menurut pulaunya, yakni kopi Sumatera, kopi Jawa, kopi Kalimantan, dan kopi Sulawesi. Dari semuanya, kopi Sumatera dan kopi Sulawesi paling banyak diburu oleh para pecinta kopi. Hal ini dikarenakan perkebunan kopi di Sumatera dan Sulawesi terbilang cukup besar. Memang sebenarnya apa yang membuat kedua jenis kopi ini banyak dicari? Untuk mendapatkan jawabannya, mari kita bandingkan saja keduanya!



Sumber : Pergikuliner.com 


Kopi Sulawesi dan kopi Sumatera kerap kali salah dikenali karena rata-rata mengangapnya memiki citarasa yang sama. Padahal keduanya ini memiliki karakteristik, cita rasa, aroma dan aftertaste yang berbeda. Untuk kopi Sulawesi memiliki karakteristik aroma citrus, herbal, dan manis yang mirip dengan cokelat. Warnanya ketika diseduh terbilang lebih pekat. Ketika kamu menghirup aromanya sangat wangi dan manis. Saat diseruput, bodynya terasa tebal dan pekat dengan cita rasa asam yang cukup tinggi. Tapi anehnya, kopi Sulawesi ini tidak memiliki aftertaste yang kuat.



 Sumber : Pergikuliner.com


Sedangkan untuk kopi Sumatera merupakan kebalikannya dari kopi Sulawesi. Dari segi warnanya agak sedikit lebih terang dengan aroma yang tidak terlalu menyengat saat diseduh, tapi ada ciri khas aroma yang khas yang tidak bisa kamu temukan pada kopi dari daerah lain.  Ketika disesap atau diminum, maka teksturnya akan terasa sangat ringan dan lembut di mulut. Akan ada sedikit flavor cedar dan earty yang akan kamu rasakan ketika menyeruput kopi Sumatera. Untuk tingkat keasamannya bisa dikatakan lebih tinggi jika dibandingkan dengan kopi dari Sulawesi.



 Sumber : Pergikuliner.com


Sekarang kamu sudah tahu bukan perbedaan dari keduanya. Setelah mengetahuinya, kamu merasa lebih cocok minum kopi Sumatera atau Sulawesi? Jika ingin tahu lebih jelasnya, lebih baik kamu mampir ke beberapa kedai kopi dan mencoba kopi buatan mereka. Tapi sebelum memesan, kamu harus menanyakan dulu biji kopi apa yang mereka gunakan. Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah mengenali dan membandingkannya. Ingin tahu kedai kopi enak yang bisa kamu datangi? Cek rekomendasinya di bawah ini ya!

Fillmore Coffee

Foto Fillmore Coffee
Foto Fillmore Coffee
Foto Fillmore Coffee

Crematology Coffee Roasters

Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters

Yatta Coffee

Foto Yatta Coffee
Foto Yatta Coffee
Foto Yatta Coffee

Bermvda Coffee

Foto Bermvda Coffee

Dua Coffee

Foto Dua Coffee
Foto Dua Coffee
Foto Dua Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?