Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kopi Tanpa Gula vs Kopi Dengan Gula, Kamu Termasuk Tim Mana?

List Artikel
13 Agustus 2019 | 0 Komentar

Dunia perkopian saat ini memang sedang naik daun. Bagaimana tidak, peminat kopi ini tak lagi hanya dari golongan orang dewasa atau orang tua saja, tetapi sudah merambah anak muda masa kini. Perkembangan kopi di Indonesia memang tergolong sangat pesat karena dalam jangka waktu sekitar kurang lebih lima tahun belakangan ini, ada banyak sekali gerai atau kedai kopi yang bisa kamu jumpai, baik itu di pusat perbelanjaan maupun di pinggir jalan. Alasan lainnya kenapa orang ketagihan kopi ini adalah karena variannya sangat banyak, mulai dari kopi berjenis manual brew hingga kopi yang dicampur dengan berbagai macam bahan campuran seperti susu, gula dan lain sebagainya. Berbicara tentang varian jenis kopi, sebenarnya secara umum, kopi hanya dibagi menjadi dua golongan, yakni kopi dengan gula vs kopi tanpa gula. Kedua jenis kopi ini menjadikan penikmat kopi juga terbagi menjadi dua tim.

 


Sumber : Pergikuliner.com


Bagi tim kopi tanpa gula, meminum kopi dengan cita rasa asli menjadi sebuah prioritas tersendiri. Mereka yang lebih menyukai kopi tanpa gula memang ingin merasakan cita rasa asli dari kopi yang diseduh tanpa tambahan bahan apapun karena cita rasa kopi memang pada dasarnya berbeda-beda tergantung dari biji kopi yang digunakan untuk membuat minuman kopi tersebut. Alasan lainnya kenapa orang lebih suka meminum kopi tanpa gula adalah karena tidak terlalu suka rasa minuman yang manis. Selain itu ada juga yang sedang berdiet atau memang selalu menjaga kesehatannya sehingga lebih memilih kopi tanpa gula yang cita rasanya pahit karena memang bagus untuk kesehatan. Ada juga yang menganggap kalau minum kopi tanpa gula bukan lagi kopi yang sebenarnya karena efek kafeinnya tidak terlalu berasa.



Sumber : Pergikuliner.com


Lantas bagi tim kopi dengan gula bagaimana? Apakah kopi dengan gula tidak pantas disebut dengan minuman kopi sebenarnya? Kopi dengan tambahan gula masih tetap termasuk minuman kopi kok. Hanya saja cita rasa yang dihadirkan berbeda karena tak hanya ada rasa pahit yang bisa kamu rasakan, tapi juga ada rasa manis di dalamnya. Inilah yang menjadi alasan paling umum dari penggemar kopi dengan gula yakni karena cita rasa manis yang ditawarkan. Kebanyakan dari mereka tidak suka rasa pahit dari kopi tetapi tetap ingin menikmati kopi, sehingga tambahan gula menjadi solusinya. Namun , tahukah kamu kalau beberapa jenis biji kopi tertentu memang butuh gula sebagai penyeimbangnya seperti kopi robusta. Sedangkan kopi yang tingkat acidity-nya tinggi tidak terlalu cocok jika menggunakan gula sebagai bahan tambahannya. Biasanya kopi dengan gula ini akan ditambahkan bahan tambahan lainnya seperti susu atau krim sehingga cita rasanya bisa menjadi berbeda-beda. Belakangan ini justru ada bahan tambahan boba yang bisa membuat tekstur dan cita rasa kopi jadi unik. Tentunya tambahan boba ini hanya bisa kamu jumpai pada varian kopi dengan gula yang disajikan dingin ya.

 

Nah, kalau kamu sendiri termasuk tim kopi tanpa gula atau dengan gula nih? Apapun pilihannya, kopi tetaplah kopi yang punya sisi pahit yang tak bisa disembunyikan. Namun itulah yang menjadikannya berbeda bukan? Jadi, kamu mau ngopi di mana nih hari ini? Simak referensinya di bawah ini yuk!

Ardent Coffee

Foto Ardent Coffee

Sajiva Coffee Company

Foto Sajiva Coffee Company
Foto Sajiva Coffee Company

Hygge Coffee

Foto Hygge Coffee
Foto Hygge Coffee
Foto Hygge Coffee

Hours Coffee & More

Foto Hours Coffee & More
Foto Hours Coffee & More

But First Coffee

Foto But First Coffee
Foto But First Coffee
Foto But First Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?