Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kriuk! Kenapa Gorengan Kaki Lima Bisa Garing Banget Ya?

List Artikel
22 Agustus 2020 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang tak suka makan gorengan? Bagi masyarakat Indonesia, gorengan adalah salah satu kuliner yang banyak dikonsumsi, tak hanya sebagai cemilan saja, gorengan juga bisa menjadi lauk pauk yang cocok untuk disantap bersama dengan nasi putih hangat dan makanan khas Indonesia lainnya. Gorengan sebenarnya sangat mudah dibuat sehingga tak jarang ada orang yang membuatnya sendiri di rumah. Tapi anehnya, meski dibuat sendiri di rumah, gorengan kaki lima selalu punya cita rasa dan tekstur yang tak tertandingi. Gorengan kaki lima punya tekstur garing dan renyah serta cita rasa umami yang bisa membuat kamu tak cukup hanya menyantap satu gorengan saja. Ternyata semua itu ada rahasianya loh. Buat kamu yang penasaran, berikut adalah rahasia dari gorengan kaki lima yang punya tekstur garing dan rasa yang lezat, yaitu:



Sumber: Detik.net.id


Minyak untuk Menggorengnya Sangat Banyak

Rahasia dari garingnya gorengan kaki lima terletak pada minyak untuk menggorengnya yang sangat banyak. Berhubung pedagang gorengan membuat gorengan dalam porsi banyak, maka sudah pasti minyak yang digunakan juga harus banyak. Penggunaan minyak yang banyak ternyata bisa membuat gorengan jadi lebih garing karena gorengan akan terendam dalam minyak. Berbeda jika kamu membuat gorengan sendiri di rumah dengan porsi sedikit karena memang hanya disajikan untuk dirimu dan anggota keluarga saja. Beberapa pedagang gorengan ada yang menggunakan minyak bawang yakni minyak yang digunakan untuk menggoreng bawang merah atau bawang putih sehingga aromanya lebih wangi.


Penggunaan Api yang Besar

Rahasia yang kedua terletak pada penggunaan api yang besar. Berbeda dengan api yang digunakan pada kompor gas rumahan untuk menggoreng gorengan, pedagang gorengan menggunakan kompor seperti yang digunakan untuk pedagang nasi goreng kaki lima sehingga nyala apinya jauh lebih besar dibanding kompor. Tentu saja api besar dan minyak yang banyak menjadi perpaduan pas untuk membuat gorengan yang garing.


Wajan Tebal Membuat Panas Merata

Salah satu rahasia dari kegaringan gorengan kaki lima adalah wajan yang digunakan sangat tebal. Jika menggunakan wajan biasa yang tipis, api yang besar pastinya akan membuat gorengan akan cepat gosong. Sedangkan jika wajannya tebal, maka api akan menyebar merata dan membuat gorengan matang luar dalam.


Keahlian Meracik Bumbu

Rahasia yang terakhir terletak pada keahlian meracik bumbu-bumbunya. Pedagang gorengan pasti punya bumbu rahasia sendiri dan hal tersebut sudah menjadi rahasia umum. Apalagi kalau pedagang gorengan tersebut sudah lama berjualan gorengan. Pastinya racikan bumbunya juga berbeda karena sudah ahli. Berbeda dengan kita yang orang awam sehingga sudah pasti rasanya akan berbeda.


Itulah beberapa rahasia gorengan kaki lima punya tekstur garing dan citarasa yang lezat. Kalau ingin gorengan buatanmu selezat gorengan kaki lima, kamu bisa menerapkan tips rahasia di atas. Tapi sebelum membuat gorengan sendiri, kamu bisa nih cobain aneka gorengan enak nan viral di tempat-tempat di bawah ini ya!

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Pisang Goreng Djakarta

Foto Pisang Goreng Djakarta
Foto Pisang Goreng Djakarta
Foto Pisang Goreng Djakarta

Raja Pisang Goreng Ameng

Foto Raja Pisang Goreng Ameng
Foto Raja Pisang Goreng Ameng
Foto Raja Pisang Goreng Ameng

Sang Pisang

Foto Sang Pisang
Foto Sang Pisang
Foto Sang Pisang

Bebek & Ayam Goreng Pak Ndut

Foto Bebek & Ayam Goreng Pak Ndut
Foto Bebek & Ayam Goreng Pak Ndut

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?