Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kue Cubit, Si Imut yang Berasal dari Makanan Khas Belanda

List Artikel
11 April 2018 | 0 Komentar

Jajanan kue cubit bukan nama asing lagi bagi kita yang suka menikmati jajanan khas Indonesia. Bentuk dan nama kuenya pun sangat unik sehingga mudah diingat. Sekarang ini, sudah banyak variasi rasa kue cubit yang kita temui di pasaran, beberapa diantaranya adalah rasa green tea, red velvet, tiramitsu, ataupun original yang didominasi dengan rasa kue yang manis dan enak untuk menjadi camilan. Namun, meski jajanan kue cubit kian populer saat ini pasti masih banyak yang belum tahu nih mengenai asal-usulnya yang ternyata berasal dari makanan Belanda. Ingin tahu sejarah selengkapnya seperti apa? Baca dulu yang satu ini!



sumber: imgrum.org


1. Apa Itu Kue Cubit?

Ada banyak jenis kue dan jajanan yang populer di Jakarta, salah satunya adalah kue imut bernama kue cubit. Kue ini berukuran kecil sekitar 4 cm. Biasanya, kue cubit dijajakan oleh pedagang kaki lima, baik di pinggir jalan, sekolah, dan tempat-tempat umum lainnya. Saat ini, bahkan kue cubit sudah dijajakan juga di kafe-kafe hingga mall. Sebenarnya, kue ini terbuat dari adonan terigu dan susu, kemudian dimasak dan ditambahkan berbagai topping seperti keju atau cokelat tabur. Rasanya pun enak dan manis, sehingga membuat banyak orang menyukai jajanan ini.


2. Asal-Usul Kue Cubit

Tidak ada informasi jelas mengapa kue ini kemudian dinamakan kue cubit. Meski begitu, beberapa orang meyakini bahwa nama kue cubit sebenarnya berasal dari proses pembuatannya. Adonan kue cubit dimasukkan ke dalam cetakan-cetakan kecil kemudian dimasak. Setelah matang, pedagang kue cubit akan mencubit-cubit kue tersebut menggunakan alat pencapit. Sehingga dari sinilah nama kue cubit itu berasal.


3. Berasal dari Makanan Khas Belanda

Nah, satu lagi fakta menarik soal kue cubit yang belum banyak orang ketahui. Konon, ada yang mengatakan kalau kue cubit itu berasal dari makanan khas Belanda. Memang waktu pemerintah Belanda menguasai negara kita, mereka meninggalkan beberapa tradisi salah satunya adalah kuliner. Banyak sekali kue-kue yang sekarang kita kenal ternyata merupakan kuliner asli Belanda, seperti kaasstengels, kroket, lapis legit hingga kue cubit ini. Kue cubit memiliki bentuk dan cara pembuatan yang sama dengan sebuah panganan favorit masyarakat Belanda yaitu poffertjes.


4. Banyak Variasi Rasa

Seiring berkembangnya zaman, banyak pedagang kue cubit yang sudah menciptakan inovasi baru dari kue imut ini. Kue cubit yang sekarang ini kita kenal tak hanya memiliki topping cokelat atau keju saja, melainkan sudah banyak variasi rasa dari kue cubit. Misalnya saja, ada kue cubit rasa greentea, kitkat, nutella hingga kue cubit dengan topping marshmellow. Dan, tentu saja harganya masih murah meriah meski cita rasanya telah beragam.


Itulah sedikit info dan fakta menarik mengenai kue cubit. Sebagai tambahan, kue cubit juga bisa dinikmati setengah matang lho. Konon, rasanya bisa menjadi lebih lezat dan ada sensasi unik ketika dimakan. Hanya saja kamu harus menikmatinya selagi hangat agar tetap nikmat dan higienis. Tertarik untuk mencoba? Langsung saja datang ke kedai-kedai kafe di bawah ini!

Eat Happens

Foto Eat Happens
Foto Eat Happens
Foto Eat Happens

What's Up Cafe

Foto What's Up Cafe
Foto What's Up Cafe

Warung Enon

Foto Warung Enon

Warung Koffie Batavia

Foto Warung Koffie Batavia

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?