Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kue Unik dengan Cita Rasa Jajanan Tradisional Khas Indonesia

List Artikel
3 Agustus 2017 | 0 Komentar

Indonesia memang terkenal akan kuliner tradisionalnya, terutama jajanan tradisional yang memiliki cita rasa khas. Masing-masing daerah yang ada di Indonesia memiliki jajanan tradisional yang sangat autentik dan tidak dimiliki daerah lainnya. Meski demikian, biasanya kita akan bisa menemukan dengan mudah jajanan tradisional di kota-kota besar Indonesia. Kue modern yang lebih diminati seolah menyingkirkan jajanan tradisional Indonesia secara perlahan. Oleh karena itu, belakangan ini muncul sebuah inovasi yang menggabungkan kue modern dengan jajanan tradisional Indonesia agar tampilannya sangat disukai anak muda, tapi cita rasa khas Indonesianya tidak hilang. Ingin tahu ada cake unik apa saja yang memiliki cita rasa jajanan tradisional Indonesia. Ini dia list-nya untuk kamu coba!

 

1. Es Teler Cake



Sumber: pergikuliner.com


Es teler cake menjadi kue dengan cita rasa jajanan tradisional Indonesia yang paling banyak diperbincangkan di instagram. Cake ini terbuat dari adonan sponge cake pandan yang diberi lapisan isian atau layer potongan kelapa muda, nangka, dan alpukat. Lalu ada cream yang diberi campuran susu kental manis. Perpaduan bahan-bahan es teler yang dibuat dalam kue satu ini tentunya bisa membuat kamu ingin mencoba mencicipnya.

 

2. Es Cendol Cake



Sumber: pinterest.com


Tak berbeda jauh dengan es teler, es cendol pun juga bisa dijadikan sebagai kue lho. Es cendol cake ini terbuat dari dua adonan sponge cake, yakni sponge cake pandan dan sponge cake dengan campuran gula merah. Di antara lapisan-lapisannya diberi lapisan hijau yang terbuat dari cendol yang belum dicetak. Sementara pada bagian atasnya ditaburi dengan kelapa parut agar aromanya lebih wangi dan cita rasanya jadi lebih legit.

 

3. Martabak Bulan Cake



Sumber: pergikuliner.com


Jika biasanya kamu menyantap martabak bulan atau martabak bangka berbentuk setengah lingkaran, bagaimana jika kali ini kamu mencobanya dalam bentuk kue yang lebih modern. Martabak bulan cake ini terbuat dari sponge cake yang memiliki bahan-bahan dasar martabak bulan. Di setiap lapisan-lapisannya diberi krim yang dipadu dengan taburan khas martabak bulan klasik seperti meises atau cokelat, kacang tanah sangrai yang telah dicincang, dan keju.

 

4. Es Pisang Ijo Cake



Sumber: pergikuliner.com


Kamu pasti tahu kan dessert khas Makassar yang terkenal ini. Es pisang ijo yang biasa kamu santap dengan es batu, kini bisa kamu nikmati dalam bentuk cake.  Kue es pisang ijo ini terbuat dari sponge cake yang adonannya dicampur dengan sirup merah dan santan. Sedangkan untuk layer-nya diberi krim dengan irisan pisang. Sudah pasti aromanya sangat wangi dan teksturnya jadi lebih beragam.


5. Es Delima Cake



Sumber: collettelola.com


Kamu pernah menyantap es delima? Es delima merupakan es yang beradal dari Pekanbaru. Meski namanya es delima, es ini tidak menggunakan buah delima, tapi buah bengkoang yang dipotong dadu lalu diberi pewarna merah sehingga warnanya menjadi merah. Sekarang kamu sudah bisa menyantap es delima dalam bentuk kue. Kue ini dibuat dari sponge cake yang adonannya dicampur dengan sirup cocopandan, santan, dan susu kental manis. Pada setiap layer-nya diberi jelly delima.

 

6. Kue Putu Cake



Sumber: thefinder.com.sg


Terakhir ada kue putu cake yang memiliki tampilan yang sangat cantik. Kue putu cake ini diadaptasi dari jajanan kue putu bambu. Sama seperti kue putu pada umumnya, adonan kue putu cake ini diberi campuran air suji dan pandan sehingga aromanya sangat wangi. Di setiap layer-nya ada campuran kelapa parut dan gula merah yang membuat cita rasa cake ini jadi terasa khas Indonesianya.


Itu dia beberapa cake dengan rasa yang unik khas jajanan tradisional Indonesia. Di antara ke-enam cake tersebut adakah yang pernah kamu coba? Atau  kamu yang belum pernah nyoba jadi kepingin makan kue seperti di atas? Tenang, kamu bisa coba keunikan rasa cake seperti diatas dan aneka cake lainnya di toko kue yang sudah PergiKuliner siapkan rekomendasinya berikut ini!

AMKC Atelier

Foto AMKC Atelier
Foto AMKC Atelier
Foto AMKC Atelier

Colette & Lola

Foto Colette & Lola
Foto Colette & Lola
Foto Colette & Lola

Izakaya Kai

Foto Izakaya Kai
Foto Izakaya Kai
Foto Izakaya Kai

Almondtree

Foto Almondtree
Foto Almondtree
Foto Almondtree

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?