Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kuliner Berkuah Khas Solo yang Pas Disantap Saat Musim Hujan

List Artikel
29 Januari 2019 | 0 Komentar
Di daerah Jawa Tengah, selain Yogyakarta, ada Solo yang juga dijuluki sebagai kota kuliner. Kamu bisa menemukan banyak sekali kuliner lezat yang ada di kota ini, mulai dari kuliner yang bercita rasa pedas, jajanan pasar, hingga kuliner berkuah hangat yang sangat cocok jika disantap saat cuaca sedang hujan seperti sekarang ini. Berbeda dengan kuliner-kuliner berkuah asal Sumatera yang kebanyakan menggunakan santan sebagai bahan campurannya sehingga membuat tekstur kuah jadi lebih kental, kuliner-kuliner berkuah asal Solo cenderung bening karena tidak menggunakan santan atau campuran susu di dalamnya. Dari sekian banyak kuliner berkuah khas Solo, ada lima yang paling populer dan wajib kamu coba, yaitu:

 

Timlo


Sumber : Justtryandtaste.com

 

Pertama ada timlo yang sudah sering didengar dan bisa dengan mudah dijumpai di pedagang kaki lima yang ada di kota Solo. Timlo merupakan kuliner berkuah yang terbuat dari bahan utama suwiran ayam, potongan sosis solo yang goreng, wortel, kamur kuping hitam, bihun, telur rebus dan irisan daun seledri. Cita rasa dari timlo ini sangat segar karena kuahnya bening. Seporsi timlo bisa membuat kamu kenyang tanpa perlu menyantapnya bersama dengan nasi putih.

Sup Manten



Mungkin bagi kita nama sup manten terdengar aneh karena manten dalam bahasa jawa memiliki arti pengantin. Sesuai dengan namanya, sup manten biasa disajikan saat acara pernikahan, tepatnya setelah tamu undangan disuguhi makanan ringan. Jadi harus menunggu sampai ada orang hajatan dulu? Tentu tidak, sekarang sudah ada banyak pedagang kaki lima yang menjual sup manten. Isi dari sup manten ini adalah suwiran daging ayam yang sudah direbus terlebih dahulu, potongan wortel, kapri, kembang kol, jagung manis, jamur kuping dan keripik kentang atau kentang yang diiris tipis-tipis lalu digoreng hingga garing.

 

Sup Matahari


Sumber : Resepidea.com


Kemudian ada sup matahari yang juga pas kamu santap saat masih hangat. Kenapa dinamakan sup matahari? Ini dikarenakan tampilannya mirip dengan bunga matahari. Sup matahari dibuat dari daging ayam cincang yang diberi campuran tepung dan bumbu, kemudian dimasukkan ke dalam telur dadar yang dipotong bagian tengahnya menyerupai bunga matahari. Pada bagian tengahnya akan ditambahkan parutan wortel, jamur kuping hitam dan potongan sosis, kemudian dikukus hingga matang. Saat disajikan, matahari yang sudah dibuat tersebut disiram dengan kuah kaldu.

 

Soto Kwali



Sumber : Cookpad.com


Rasanya hampir semua daerah yang ada di Indonesia memiliki kuliner soto khas dengan citarasa yang berbeda-beda. Untuk soto yang berasal dari Solo, yakni soto kwali merupakan soto yang isiannya tidak jauh berbeda dengan soto khas Jawa kebanyakan, yakni di dalamnya ada suwiran daging ayam atau daging sapi, bihun rebus, tauge kecil, irisan daun seledri dan bawang goreng. Bedanya, soto khas Solo ini dimasak dengan kuali tanah liat sehingga menghadirkan cita rasa yang berbeda.

 

Bakmi Toprak



Sumber : Masakandapurku.com


Yang terakhir ada bakmi toprak yang mungkin terdengar asing di telinga kita karena kita akan menganggap kalau kuliner ini merupakan perpaduan dari bakmi dan ketoprak. Bakmi toprak merupakan kuliner berkuah khas Solo yang di dalamnya berisi potongan daging sapi, tauge, bihun, mie kuning, irisan kol, tahu dan tempe goreng, irisan daun seledri dan kacang tanah goreng yang disiram dengan kuah khusus sehingga cocok disantap saat masih hangat.

Nah, dari kelima kuliner berkuah khas Solo di atas, kamu lebih suka menyantap yang mana nih saat hujan? Jika ingin menikmati kuliner berkuah lainnya, kamu bisa coba datang ke tempat-tempat makan berikut ini ya!

Soto Betawi H. Mamat

Foto Soto Betawi H. Mamat

Soto Madura Bpk H. Ngatidjo

Foto Soto Madura Bpk H. Ngatidjo
Foto Soto Madura Bpk H. Ngatidjo

Soto Mie Bogor Kota Hujan Bang Alex

Foto Soto Mie Bogor Kota Hujan Bang Alex
Foto Soto Mie Bogor Kota Hujan Bang Alex

Soto Roxy H. Darwasa

Foto Soto Roxy H. Darwasa
Foto Soto Roxy H. Darwasa

Soto Kudus Kedai Taman

Foto Soto Kudus Kedai Taman
Foto Soto Kudus Kedai Taman

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?