Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kuliner Berkuah Sedap Khas Makasar yang Bikin Kamu Terkesan

List Artikel
9 Desember 2018 | 0 Komentar
Makassar dikenal sebagai kota wisata yang juga kaya akan kuliner-kuliner lezatnya, mulai dari masakan utama hingga jajanan tradisional. Menjadi ibukota Sulawesi Selatan, kuliner-kuliner Makassar memiliki cita rasa khas dan unik karena dibumbui dengan beragam rempah-rempah khas Indonesia sehingga terasa sangat lezat dan menyehatkan. Beberapa kuliner yang sangat digemari masyarakat adalah jenis kuliner berkuah. Lantas, ada apa saja kuliner berkuah khas Makassar yang bercita rasa lezat? Coba kita lihat!

1. Coto Makassar

Sumber : Pergikuliner.com


Berbicara kuliner khas Makassar pasti tidak akan lepas dari yang namanya kuliner bernama Coto Makassar. Kuliner berkuah ini terbuat dari sapi dan jerohannya seperti jantung, limpa, paru, hati, dan lain sebagainya. Bahan baku tersebut kemudian direbus dalam jangka waktu yang lama dengan aneka bumbu yang berjumlah sebanyak empat puluh macam. Ada bawang merah, bawang putih, lada, ketumbar, jintan, kemiri, pala, cengkeh dan masih banyak lagi. Coto Makassar disajikan bersama dengan taburan irisan daun bawang, bawang goreng, kacang tanah dan perasa jeruk nipis.

 

2. Sop Konro


Sumber : Pergikuliner.com


Selain coto Makassar, ada kuliner berkuah lain yang juga tak kalah enak yaitu sop konro. Sop konro merupakan kuliner berkuah yang terbuat dari bahan dasar daging atau iga sapi yang direbus bersama dengan campuran rempah seperti kayu manis, asam jawa, pala, cengkeh, ketumbar, daun salam, kunyit dan masih banyak lagi. Sop konro memiliki warna yang lebih bening jika dibandingkan dengan coto Makassar. Sama seperti coto Makassar, sop konro juga disajikan dengan buras atau lontong.
 
3. Kapurung


Sumber : Indonesiakaya.com


Selanjutnya ada kapurung yang menjadi kuliner berkuah yang memiliki tekstur lengket dan kental karena dibuat dari bahan dasar tepung sagu. Jika dilihat sekilas, kapurung ini mirip dengan kuliner papeda. Hanya saja kapurung dimasak lagi bersama dengan kuah kuning, sayuran, dan juga campuran seafood di di dalamnya seperti ikan dan udang. Kapurung bisa disantap begitu saja tanpa perlu ditambahkan nasi atau buras.
 
4. Pallubasa


Sumber : Arsy.co.id


Melihat tampilan kuliner ini pasti akan mengingatkanmu pada soto betawi karena sekilas pallubasa mirip dengan soto betawi. Meski sama-sama menggunakan daging sapi dan jerohan sebagai bahan utamanya tapi citarasa keduanya berbeda. Pallubasa menggunakan bumbu yang unik karena diberi campuran kelapa sangrai. Selain itu ada bumbu lain seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, cabe merah, jahe, kayu manis, kemiri, gula merah, dan garam. Pallubasa ini paling sedang jika disantap dengan nasi putih hangat.

5. Mie Titi

Sumber : Tripadvisor.co.id


Terakhir ada olahan mie berkuah yang secara tampilan mirip dengan ifumi karena mie yang digunakan adalah mie yang digoreng hingga kering lalu diberi siraman sayuran berkuah yang teksturnya kental. Kuah kental yang disiram ini berisi wortel, sawi hijau, sawi putih, kembang kol, telur, hingga daging ayam atau seafood. Mie titi memiliki tekstur dan citarasa yang sangat unik.

 

Kelima kuliner di atas terlihat sangat lezat bukan jika disantap saat musim hujan seperti saat ini? Jika kamu jadi lapar setelah membaca artikel ini, kamu bisa langsung datang saja ke beberapa tempat makan di bawah ini ya!

KS Masakan Khas Sulawesi

Foto KS Masakan Khas Sulawesi
Foto KS Masakan Khas Sulawesi
Foto KS Masakan Khas Sulawesi

Coto Makassar Daeng Kulle

Foto Coto Makassar Daeng Kulle
Foto Coto Makassar Daeng Kulle

Sop Konro Karebosi

Foto Sop Konro Karebosi
Foto Sop Konro Karebosi
Foto Sop Konro Karebosi

Bakso Nyuk Nyang Aleang Makassar

Foto Bakso Nyuk Nyang Aleang Makassar
Foto Bakso Nyuk Nyang Aleang Makassar

RM Irtim Makassar

Foto RM Irtim Makassar
Foto RM Irtim Makassar
Foto RM Irtim Makassar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?