Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kuliner Khas Indonesia yang Pasti Ada di Seluruh Pelosok Negeri

List Artikel
29 November 2018 | 0 Komentar

Kuliner Indonesia emang nggak ada matinya. Karena merupakan sebuah negara kepulauan, Indonesia memiliki berbagai suku dan daerah yang tentunya memiliki makanan khasnya masing-masing. Coba itung, dari 13.466 pulau yang tersebar di seluruh Indonesia, ada berapa jumlah makanan khas yang kita punya? Pasti banyak banget kan!

Walaupun begitu, nggak semua kuliner tersebut bisa dengan gampang kita dapatkan di daerah tempat kita tinggal. Tapi, ternyata ada juga lho kuliner-kuliner yang selalu bisa kita temukan dengan mudah, dari desa sampai kota, dari Sabang sampai Merauke. Apa aja sih? Nah, ini dia kuliner-kuliner yang bener-bener Indonesia banget!


1. Bakso


Sumber : Pergikuliner.com


Dimana sih kita nggak bisa nemuin warung bakso? Kayaknya di setiap sudut negeri Indonesia ini pasti ada deh. Mau di desa, di kota, di dalem gang kecil, di pinggir jalan raya, sampe di kolong jembatan pasti dengan mudah kamu bisa temuin para penjual bakso ini. Jangan lupa, tukang bakso keliling juga nggak kalah banyaknya kan!


2. Mie Ayam


Sumber : Pergikuliner.com


Bener banget! Bakso dan mie ayam memang nggak bisa dipisahkan dan kemana-mana selalu berdua. Gimana enggak? Di setiap warung bakso yang kamu temuin, sebagian besar pasti juga jualan mie ayam. Lama-lama, bakso sama mie ayam ini bak sepasang kekasih, nggak pernah bertengkar, dan lebih mesra daripada kamu sama pacar kamu. Duh, kesaing kan tuh sama bakso!


3. Nasi Padang


Sumber : Pergikuliner.com


Nasi Padang pasti sering jadi penyelamatmu di saat kamu lagi bingung mau makan apa. Udah murah, selalu pas di lidah, dan pastinya gampang dicari dimana pun kamu berada. Bayangin siraman kuah gulai yang kental plus daging rendang empuk di atas nasi hangat yang masih mengepul pasti bikin kamu laper selaper-lapernya.


4. Rujak


Sumber : Pergikuliner.com


Yang doyan makan rujak emang biasanya para cewek. Beruntungnya mereka, tukang rujak tersebar dimana-mana. Dari jauh biasanya udah kedengeran tuh bunyi “tek…tek…tek…” yang jadi ciri khasnya. Kalo si tukang rujak kelamaan datengnya, tinggal ngulek bumbu sendiri deh, bahannya gampang dicari di warung-warung. Buahnya? Tinggal metik di pohon tetangga.


5. Soto


Sumber : Pergikuliner.com


Walaupun nggak setenar bakso, makanan yang satu ini juga gampang kamu temuin dimana-mana. Biasanya sih isinya terdiri dari bihun dan potongan daging. Nah, dagingnya macem-macem, tergantung soto apa yang mau dibikin. Bisa pake daging ayam, daging sapi, babat, dan lai sebagainya.


6. Gado-gado & Pecel


Sumber : Pergikuliner.com


Sebenernya, pecel sama gado-gado itu nggak jauh beda. Bumbu yang dipake sama, yaitu bumbu kacang. Bedanya, kalo gado-gado ada telurnya, pecel cuma sayuran aja. Mungkin banyak yang berfikir kalau gado-gado cuma bisa ditemui di kota besar seperti Jakarta, padahal banyak banget lho di kota-kota lainnya. Cuma mungkin namanya aja yang berbeda.


7. Nasi Goreng


Sumber : Pergikuliner.com


Nasi goreng memang teman yang paling pengertian di kala kita kesusahan. Kalo tengah malem lagi kelaperan, nasi goreng adalah makanan yang paling gampang dicari. Di restoran ada, di warung kaki lima ada, tukang nasi goreng keliling pun juga ada. Dahsyat!


Nah, itu dia beberapa kuliner khas Indonesia yang bisa kamu temui dimana-mana. Baik di kota besar maupun di desa. Kalau soal rasa, pastinya setiap penjual kuliner di atas akan memberikan cita rasa masakan yang berbeda-beda tergantung dengan ciri khas di tempat makan itu sendiri. 

Kalau kamu kepingin cari kuliner-kuliner di atas yang sudah terbukti enaknya, lebih baik kamu datangin langsung rekomendasi tempatnya versi PergiKuliner di bawah ini!

Bakso Solo Samrat

Foto Bakso Solo Samrat
Foto Bakso Solo Samrat
Foto Bakso Solo Samrat

Bakmi Ayam Alok

Foto Bakmi Ayam Alok
Foto Bakmi Ayam Alok

Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo

Foto Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo
Foto Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo
Foto Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih
Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih
Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?