Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Lagi Sakit Gigi? Ini 7 Kuliner Lezat yang Masih Bisa Kamu Santap

List Artikel
10 November 2020 | 0 Komentar

Sakit gigi selalu menjadi hal yang paling tidak disukai , benar kan teman kuliner? Pasalnya saat teman kuliner sedang terkena sakit gigi, ada banyak sekali makanan yang harus teman kuliner hindari alias tak boleh dimakan. Contohnya saja seperti makanan yang bercita rasa manis, dingin, dan pastinya makanan yang terlalu keras untuk dikunyah serta makanan bertekstur lengket karena bisa membuat sakit gigimu jadi tambah parah dan tak kunjung sembuh. Lalu apa saja makanan yang boleh disantap? Kebanyakan makanan yang boleh disantap saat sakit gigi adalah makanan yang memiliki tekstur lembut dan lunak serta makanan yang hangat dan berkuah agar mudah mencernanya. Buat kamu yang lagi sakit gigi, PergiKuliner sudah menyiapkan tujuh daftar kuliner lezat yang bisa kamu santap. Yuk lihat!

 

1. Bubur



Sumber: Pergikuliner.com


Kuliner bertekstur lunak yang paling terkenal adalah bubur. Bubur yang sebaiknya kamu konsumsi adalah bubur nasi karena cita rasanya gurih. Beda halnya jika kamu mengkonsumsi bubur sumsum atau bubur kacang hijau karena cita rasanya manis dan bisa membuat sakit gigimu tambah parah. Santap bubur nasi dengan topping yang cukup empuk sehingga kamu tak perlu mengunyahnya. Jangan konsumsi bubur dengan topping kacang kedelai, kerupuk, serta stik keju karena teksurnya cukup keras.


2. Mash Potato



Sumber: Thekitchn.com


Kuliner kedua ada mash potato yang memiliki tekstur sangat lembut dan kandungan karbohidrat yang bisa menambah tenaga kamu. Mash potato terbuat dari kentang yang direbus atau dikukus kemudian dihancurkan hingga lembut dan ditambahkan krim kental, susu, keju, serta bumbu garam, lada, pala, dan cincangan peterseli. Mash potato bisa kamu santap bersama dengan sayuran rebus seperti brokoli, jagung, wortel, dan lain sebagainya.


3. Sup



Sumber: Pergikuliner.com


Saat sedang sakit gigi, biasanya nafsu makan kamu berkurang karena saat menyantap makanan, gigi kamu akan berdenyut nyeri. Berkurangnya nafsu makan bisa berakibat pada daya tahan tubuh dan imun yang menurun sehingga kamu mudah lemas karena kekurangan asupan nutrisi. Nah, kamu bisa menyantap aneka sup lezat yang kaya akan gizi dan nutrisi. Pilihan sup yang bisa kamu santap seperti sup brokoli, sup jagung, sup labu, atau sup bening yang terdiri dari aneka sayuran seperti wortel, brokoli, kentang, dan buncis. Kamu juga bisa menambahkan daging ayam cincang atau ikan karena teksturnya lebih lembut dibanding daging sapi. 


4. Macaroni Schotel



Sumber: Offthewheatenpathtt.com


Selain kuliner yang direbus atau dikukus, kamu juga bisa menyantap kuliner yang dipanggang seperti macaroni schotel yang memiliki tekstur lembut sehingga kamu tak usah mengunyah terlalu lama. Macaroni schotel terbuat dari macaroni yang direbus dan dicampur dengan telur, susu, dan keju yang kemudian dipanggang hingga matang. Kamu bisa menyantapnya dengan tambahan saus tomat atau saus sambal.

 

5. Lasagna



Sumber: Tastesoflizzyt.com


Tak hanya macaroni schotel panggang saja yang enak disantap, lasagna juga bisa kamu santap saat sedang sakit gigi. Salah satu varian pasta ini memiliki tekstur yang lembut dan lumer dimulut sehingga kamu tak perlu capek-capek mengunyahnya. Lasagna terbuat dari lembaran pasta lasagna yang diberi saus merah atau saus daging dan saus putih atau saus keju kemudian dipanggang hingga matang.

 

6. Pastel Tutup



Sumber: Jajanevivi.com


Satu lagi kuliner panggang yang enak kamu santap saat sakit gigi adalah pastel tutup yang merupakan sajian yang kaya akan nutrisi. Pastel tutup terbuat dari daging ayam cincang, wortel, kembang kol, kacang polong, yang dibumbui dengan bawang bombay, bawang putih, pala, lada, dan garam yang kemudian ditutup dengan adonan kentang yang sebelumnya sudah dikukus lalu dihaluskan dan diberi susu bubuk, lada, garam, dan pala. Pastel tutup terdiri dari dua jenis, yakni dipanggang dan dikukus.


7. Buah-buahan



Sumber: Theeverygirl.com


Terakhir ada buah-buahan yang bisa kamu santap. Tapi tak semua buah-buahan bisa kamu konsumsi loh. Buah-buahan yang bertekstur keras seperti apel, salak, pir, sebaiknya kamu hindari. Buah yang paling bagus disantap saat sedang sakit gigi adalah pisang dan alpukat karena teksturnya sangat lembut sehingga kamu tak perlu mengunyahnya terlalu lama. Selain dua buah tersbeut, jenis buah-buahan berry juga bisa kamu santap.


Nah, jadi nggak perlu khawatir ya susah makan enak saat sakit gigi menyerang. Tempat makan di bawah ini bisa jadi rekomendasi kamu untuk tetap pergi kulineran walaupun dalam kondisi sakit gigi loh! 

Bubur Ayam Spesial Ko Iyo

Foto Bubur Ayam Spesial Ko Iyo
Foto Bubur Ayam Spesial Ko Iyo
Foto Bubur Ayam Spesial Ko Iyo

Bubur Ayam Parkiran

Foto Bubur Ayam Parkiran
Foto Bubur Ayam Parkiran
Foto Bubur Ayam Parkiran

Sop Ayam Pak Min Klaten

Foto Sop Ayam Pak Min Klaten
Foto Sop Ayam Pak Min Klaten
Foto Sop Ayam Pak Min Klaten

Bubur Ayam Alfa

Foto Bubur Ayam Alfa
Foto Bubur Ayam Alfa
Foto Bubur Ayam Alfa

Bubur Kwang Tung

Foto Bubur Kwang Tung
Foto Bubur Kwang Tung
Foto Bubur Kwang Tung

Mau tau lebih banyak lokasi tempat makan enak di JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek Pergikuliner.com dulu yuk sebelum kamu pergi kulineran!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?