Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Lebih Sehat, Ini 5 Jajanan Tradisional Berbahan Pisang yang Dikukus

List Artikel
11 November 2019 | 0 Komentar

Meski cake modern sudah merajalela di Indonesia, tapi jajanan tradisional rasanya tidak akan bisa kita tinggalkan. Hal ini dikarenakan jajanan tradisional memiliki ciri khas tersendiri, baik itu dari segi citarasanya hingga tampilannya yang berbeda. Tapi tahukah kamu kalau pada dasarnya jajanan tradisional ini lebih sehat dikonsumsi karena kebanyakan dimasak dengan cara dikukus. Ada banyak sekali jajanan tradisional yang dikukus, tapi tidak semuanya berbahan baku pisang. Jajanan tradisional yang dipadukan dengan pisang bisa menjadikan cemilanmu kaya akan nutrisi dan vitamin karena pisang sendiri mengandung banyak gizi di dalamnya. Ada sekitar lima jajanan tradisional berbahan baku pisang yang dikukus, yaitu:
 
1. Nagasari



Sumber:  Tokomesinkelapa.com


Pertama ada nagasari yang menjadi salah satu jajanan tradisional berbahan baku pisang yang dimasak dengan cara dikukus. Nagasari dibuat dari bahan utama tepung beras, tepung sagu, santan dan gula yang diaduk menjadi satu lalu diisi dengan pisang dan dibalut dengan daun pisang muda. Jenis pisang yang digunakan adalah pisang raja sehingga pada saat dikukus, pisang tidak cepat lembek. Ditambah lagi cita rasa pisang raja terbilang sangat manis sehingga cocok dijadikan isian nagasari.

 

2. Es Pisang Ijo



Sumber : Googleusercontent.com


Selanjutnya ada es pisang ijo yang asalnya dari Makassar. Siapa yang tergiur melihat tampilannya yang cantik ini? Es pisang ijo dibuat dari bahan utama pisang yang dibalut dengan adonan tepung terigu, tepung beras, air, garam dan pasta panjang. Sama seperti nagasari, pisang yang digunakan adalah pisang raja. Adonan pisang berbalut tepung hijau tersebut dikukus hingga matang lalu dipotong-potong dan disajikan bersama es serut, bubur sumsum dan juga sirup cocopandan.

 

3. Pisang Rai



Sumber : Resepkoki.id


Pisang rai merupakan salah satu jajanan tradisional khas Bali yang sekilas tampilannya memang mirip es pisang ijo, tapi bedanya pisang rai ini tidak disajikan dalam keadaan dingin. Cara membuatnya memang mirip dengan adonan es pisang ijo yakni pisang yang dibalut dengan adonan tepung dan di kukus hingga matang. Setelah matang, pisang rai dipotong-potong dan diberi tambahan parutan kelapa dan disiram saus kinca gula merah.

 

4. Barongko



Sumber : Ngemie.com


Barongko menjadi jajanan tradisional khas Sulawesi Selatan, tepatnya Bugis-Makassar. Barongko dibuat dari campuran pisang yang dihaluskan lalu diberi telur, santan, gula pasir, dan garam lalu dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Jika sudah matang, kamu bisa menyantapnya langsung atau menyimpannya dulu di kulkas supaya nanti bisa dinikmati dalam keadaan dingin. Jenis pisang yang digunakan bisa berupa pisang raja atau pisang kepok.

 

5. Carang Gesing



Sumber: idntimes.com


Terakhir ada carang gesing yang berasal dari Solo, Jawa Tengah. Carang gesing ini dibuat dari bahan utama pisang, nangka, telur, gula pasir, garam dan daun pandan yang dicampur jadi satu lalu dibungkus daun pisang dan dikukus hingga matang. Pisang yang sering digunakan bisa berupa pisang kepok atau pisang candi. Cita rasanya legit dan aromanya sangat wangi.

 

Itulah kelima jajanan tradisional dari bahan pisang yang dikukus. Dari kelimanya, kamu suka yang mana? Jika ingin menyantap salah satunya, bisa mampir ke sini aja yuk!

Pangsit Mie & Lemper Ayam 168

Foto Pangsit Mie & Lemper Ayam 168
Foto Pangsit Mie & Lemper Ayam 168
Foto Pangsit Mie & Lemper Ayam 168

Rokue Snack

Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack

Fins Recipe

Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe

Strawberry Pastel Ufo

Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo

Dandy Co Bakery & Cafe

Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?