Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Legitnya 5 Jajanan Tradisional Manis yang Dibuat dari Singkong

List Artikel
4 September 2022 | 0 Komentar

Jajanan tradisional manis yang dibuat dari singkong bisa dengan mudah dijumpai di Indonesia. Singkong menjadi salah satu bahan pangan yang mudah didapat dengan harga yang murah meriah. Berhubung mudah didapat, tak heran kalau ada banyak makanan Indonesia, terutama jajanan tradisional yang dibuat dari bahan dasar singkong. Singkong biasanya dimasak dengan cara dikukus atau direbus terlebih dahulu, baru kemudian diolah menjadi aneka jajanan tradisional. Tapi singkong juga bisa diolah dengan cara diparut atau dihaluskan terlebih dahulu dan dicampur dengan gula pasir hingga kelapa baru dimasak menjadi aneka jajanan tradisional. Dari sekian banyak jajanan tradisional dari singkong, ada beberapa yang memiliki rasa manis dan banyak disukai oleh masyarakat Indonesia, yaitu:

 

1. Getuk



Sumber: Resepkekinian.com


Jajanan tradisional manis yang pertama adalah getuk. Jajanan ini sangat populer sebagai olahan singkong dengan rasa manis dan punya tekstur legit. Jajanan tradisional manis ini berasal dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Getuk dibuat dari bahan dasar singkong yang sudah direbus atau dikukus lalu dihancurkan hingga halus dan diberi campuran gula pasir dan garam. Setelah itu getuk akan dibentuk atau dicetak dan disajikan bersama dengan kelapa parut yang sudah dikukus dengan gula terlebih dahulu. Getuk ada yang polos dan ada yang berwarna-warni. Getuk yang berwarna-warni disebut dengan nama getuk lindri. 

 

2. Lemet



Sumber: Bandungpermaculture.com


Lemet merupakan jajanan tradisional manis yang dibuat dari singkong. Lemet memiliki ciri khas tekstur yang sangat legit dan lengket. Lemet dibuat dengan cara memarut singkong lalu mencampurnya dengan gula merah dan kelapa parut kasar hingga merata. Setelah tercampur rata, adonan singkong parut akan dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Lemet paling sering dijumpai di pasar tradisional yang ada di Jawa Tengah.

 

3. Tiwul



Sumber: Kompas.com


Jajanan tradisional manis yang selanjutnya adalah tiwul. Tiwul sering dijumpai dalam sajian pesta berbentuk tumpeng. Jajanan tradisional manis ini dibuat dari bahan dasar tepung singkong atau tepung gaplek yang dicampurkan dengangula merah. Bentuk tepung singkong ini terbilang cukup unik karena berbentuk bulat-bulatan kecil dan warnanya agak kecoklatan. Nantinya setelah dicampur dengan gula merah, adonan tepung singkong akan dikukus hingga matang dan disajikan bersama dengan kelapa parut yang dikukus hingga matang sehingga tidak mudah basi.

 

4. Sawut



Sumber: Resepmamiku.com


Selanjutnya ada sawut yang sekilas tampilannya menyamai getuk dan tiwul. Hanya saja jika diperhatikan, sawut ini memiliki tekstur yang lebih kasar dan berserat jika dibandingkan dengan dua jajanan tradisional manis lainnya. Sawut dibuat dengan cara memarut kasar singkong lalu dicampurkan dengan gula pasir atau gula merah. Barulah dikukus hingga matang. Nantinya sawut akan disajikan dengan parutan kelapa.

 

5. Misro



Sumber: Akamaized.net


Jajanan tradisional manis yang terakhir adalah misro. Misro sangat populer di kalangan pecinta jajanan tradisional manis. Misro dibuat dari bahan dasar singkong yang diparut lalu diperas airnya dan dibentuk bulat lalu di dalamnya diisi dengan gula merah. Setelah itu, adonan misro barulah digoreng hingga matang dan warnanya kecoklatan. Rasanya manis dengan tekstur yang legit. Misro biasanya dijual bersama dengan combro. Jika misro memiliki rasa yang manis, combro justru memiliki rasa asin pedas karena di dalamnya diberi isian oncom tumis, bukan gula merah.

 

Itulah beberapa jajanan tradisional manis yang dibuat dari bahan dasar singkong. Jadi kangen ingin makan jajanan tradisional? Yuk, mampir ke salah satu toko kue yang menjual jajanan tradisional di bawah ini!

Dandy Bakery

Foto Dandy Bakery
Foto Dandy Bakery
Foto Dandy Bakery

Roti Kebanggaan Gading Serpong

Foto Roti Kebanggaan Gading Serpong
Foto Roti Kebanggaan Gading Serpong
Foto Roti Kebanggaan Gading Serpong

Sari Sari Aneka Kue Jajan Pasar

Foto Sari Sari Aneka Kue Jajan Pasar
Foto Sari Sari Aneka Kue Jajan Pasar
Foto Sari Sari Aneka Kue Jajan Pasar

Strawberry Pastel Ufo

Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo

Bakery Monami

Foto Bakery Monami
Foto Bakery Monami
Foto Bakery Monami

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?