Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Lezatnya 5 Jenis Ayam Bakar khas Indonesia Ini, Bikin Laper!

List Artikel
19 Maret 2022 | 2 Komentar

Ayam bakar merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sering dikonsumsi sebagai menu makan siang hingga makan malam. Ayam bakar dibuat dengan cara membakar ayam yang sudah dibumbui dengan aneka rempah-rempah terlebih dahulu sehingga rasa dan aromanya menjadi sangat nikmat. Layaknya makanan khas Indonesia lainnya, ayam bakar khas Indonesia ada banyak sekali jenisnya tergantung dari daerah asalnya. Jadi jangan heran kalau kamu bisa menjumpai lebih dari sepuluh jenis ayam bakar di Indonesia. 


Dari sekian banyak sajian ayam bakar yang ada di Indonesia, ada lima yang paling populer dan bisa dengan mudah dijumpai. Apa saja ya? Kita bahas sama-sama dan cari mana ayam bakar khas Indonesia favorit kamu yuk!

 

1. Ayam Bakar Padang



Sumber: Haibunda.com


Sajian ayam bakar khas Indonesia yang pertama adalah ayam bakar Padang. Varian ayam bakar ini tentu saja sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan ayam bakar Padang menjadi salah satu lauk pauk yang banyak dipesan di restoran Padang. Ayam bakar Padang memiliki ciri khas agak kekuningan pada bagian luarnya. Sebelum dibakar, ayam akan terlebih dahulu dimasak dengan bumbu kuning terlebih dahulu. Bumbu kuning ini sangat kaya akan rempah sehingga aromanya menjadi wangi. Setelah dimasak dengan bumbu kuning hingga meresap, barulah ayam akan dibakar hingga bagian luarnya garing.

 

2. Ayam Bakar Kecap



Sumber: Pergikuliner.com


Selanjutnya ada ayam bakar kecap yang juga banyak dicari karena memiliki rasa yang unik yakni rasa manis legit dan gurih. Ayam bakar kecap ini sangat populer di Jakarta, tapi sebenarnya ayam bakar kecap berasal dari Jawa Tengah, tepatnya dari Solo. Sesuai dengan namanya, ayam bakar kecap dibuat dengan campuran bahan dasar kecap. Tak jauh berbeda dengan ayam bakar Padang, ayam terlebih dahulu akan dibumbui hingga bumbunya meresap, barulah setelah itu ayam akan dibakar dengan diolesi dengan kecap manis.

 

3. Ayam Bakar Taliwang



Sumber: Pergikuliner.com


Ayam bakar Taliwang merupakan ayam bakar khas Indonesia yang asalnya dari Lombok. Ayam ini dibuat dari bahan dasar ayam yang dimarinasi terlebih dahulu dengan bumbu ungkep pedas. Biasanya bumbu yang digunakan adalah bawang merah, bawang putih, terasi Lombok, kencur, cabai rawit, cabai keriting, dan garam. Rasa dari ayam Taliwang ini sangat legit dan lezat. Biasanya ayam bakar Taliwang akan disajikan dengan plecing kangkung dan juga nasi putih hangat.

 

4. Ayam Bekakak



Sumber: Kompas.com


Ayam bekakak adalah ayam bakar khas Indonesia yang asalnya dari Palembang. Ayam ini dibakar dengan cara yang unik karena menggunakan penjepit bambu. Jadi bambu akan dibelah tidak putus, lalu diberi ayam yang sebelumnya sudah dimasak dengan bumbu santan dan rempah hingga meresap. Isian dari rempah ini biasanya berupa bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, terasi, ketumbar, terasi, dan jinten. Berhubung ada banyak rempah yang digunakan, maka tak heran kalau rasanya jadi sangat lezat.

 

5. Ayam Cincane



Sumber: Ytimg.com


Ayam bakar khas Indonesia yang terakhir adalah ayam cincane. Ayam ini berasal dari Kalimantan Timur. Ayam ini dibuat dengan bahan dasar ayam kampung yang dibumbui dengan bumbu rempahnya. Rasa ayam cincane merupakan perpaduan dari pedas dan gurih asin karena ada campuran cabainya. Biasanya ayam cicane disajikan untuk acara tertentu seperti acara adat hingga hajatan. Nantinya kamu akan menyantap ayam cincane dengan sambal dadah, lalapan, dan nasi putih hangat.

 

Bagaimana menurutmu setelah melihat aneka ayam bakar khas Indonesia. Dari kelimanya ini, manakah yang paling sering kamu konsumsi? 

Ayam Bakar Kambal

Foto Ayam Bakar Kambal
Foto Ayam Bakar Kambal
Foto Ayam Bakar Kambal

Ayam Bakar Taliwang Rinjani

Foto Ayam Bakar Taliwang Rinjani
Foto Ayam Bakar Taliwang Rinjani
Foto Ayam Bakar Taliwang Rinjani

SHSD Sambel Hejo Sambel Dadak

Foto SHSD Sambel Hejo Sambel Dadak
Foto SHSD Sambel Hejo Sambel Dadak
Foto SHSD Sambel Hejo Sambel Dadak

Bebek BKB

Foto Bebek BKB
Foto Bebek BKB
Foto Bebek BKB

Ayam Bakar Tujuh Saudara

Foto Ayam Bakar Tujuh Saudara
Foto Ayam Bakar Tujuh Saudara
Foto Ayam Bakar Tujuh Saudara

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
bVuedzUtGBymYQa
jaberim256@gmail.com | 19 Mar 2022 pk. 11:35 PM
Foto user umum
kQKpxCYLeTmu
jaberim256@gmail.com | 19 Mar 2022 pk. 11:35 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?