Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Lezatnya 5 Olahan Perpaduan Jamur dan Daging Khas Korea, Wajib Coba!

List Artikel
12 Oktober 2023 | 0 Komentar

Kuliner khas Korea sudah sangat menjamur di Indonesia. Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia yang sangat menggemari K-pop dan K-drama sehingga mempengaruhi selera makan yang dimiliki masyarakat Indonesia. Ada beberapa alasan mengapa kuliner Korea sangat disukai oleh masyarakat Indonesia, yakni karena hampir sebagian besar kuliner Korea memiliki rasa pedas yang sangat dominan. Seperti yang kita tahu masyarakat Indonesia sangat suka dengan kuliner pedas. Selain itu, kuliner Korea juga kebanyakan dibuat dengan bahan dasar daging dan sayuran-sayuran seperti jamur. Perpaduan jamur dengan daging memang sangat cocok karena memiliki tekstur yang hampir mirip. Meski demikian, rasa dan nilai gizinya berbeda sehingga bisa saling melengkapi satu sama lain. Buat kamu yang suka dengan masakan Korea, di bawah ini ada olahan perpaduan jamur dan daging khas Korea, yuk simak!


1. Gujeolpan



Sumber: Pergikuliner.com


Gujeolpan merupakan kuliner khas Korea yang dikenal sebagai makanan raja karena dulunya hanya disajikan kepada raja dan kaum bangsawan saja. Gujeolpan dibuat dengan cara menyajikan sembilan lauk pauk, termasuk daging dan jamur ke dalam wadah piring besar. Selain jamur dan daging juga ada isian lainnya seperti wortel, tauge, telur, mentimun, dan masih banyak lagi. Kuliner ini paling sering disajikan pada saat perayaan khusus seperti Chuseok.


2. Budae Jjigae



Sumber: Pergikuliner.com


Nama budae jjigae sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai kuliner khas Korea dengan rasa pedas, cocok disantap di malam hari karena disajikan dalam keadaan panas, dan cocok disantap beramai-ramai karena porsinya terbilang cukup besar. Budae jjigae merupakan sup merah yang di dalamnya terdapat aneka isian seperti sosis, daging ham kaleng, daging sapi, mie, hingga aneka sayuran seperti sawi, kimchi, dan masih banyak lagi. Sup ini awalnya diciptakan secara tidak sengaja karena merupakan makanan para tentara pada saat berperang.


3. Ttukbaegi Bulgogi



Sumber: Angsarap.net


Selanjutnya ada ttukbaegi bulgogi yang merupakan bulgogi berkuah. Kuliner ini dibuat dari bahan dasar isian daging sapi yang sengaja diiris tipis-tipis lalu dimasak bersama dengan jamur enoki, jamur kuping, bihun khas Korea, wortel, dan bumbu rempah. Beberapa orang ada yang menyertakan telur ayam mentah sesaat sebelum disangkat dari panci sehingga nantinya bisa menciptakan tekstur yang lebih legit saat disantap nantinya. Nantinya ttukbaegi bulgogi akan disantap bersama dengan nasi putih hangat sehingga lebih mengenyangkan.


4. Soegogi Beoseot Deopbap



Sumber: Maangchi.com

Soegogi beoseot deopbap merupakan salah satu kuliner perpaduan jamur dan daging khas Korea. Kuliner ini seringkali dijuluki sebagai tumis jamur dan daging karena memang dimasak dengan cara ditumis. Untuk membuatnya, Teman Kuliner memerlukan irisan daging sapi tipis yang ditumis bersama dengan irisan jamur, wortel, brokoli, dan sayuran lainnya. Untuk jenis jamur yang digunakan bisa berupa jamur enoki, jamur kuping, hingga jamur kancing.

 

5. Beoseot Deulkkae Tang



Sumber: Maangchi.com


Olahan jamur dan daging yang terakhir adalah beoseot deulkkae tang yang sangat cocok buat Teman Kuliner yang tidak suka makanan pedas. Beoseot deulkkae tang dibuat dari bahan dasar daging sapi yang diiris agak tebal lalu dimasak dalam wadah periuk bersama dengan aneka jamur. Ada setidaknya lima lebih jenis jamur yang dimasukkan dalam sup ini, yakni jamur enoki, jamur oyster, jamur shitake, jamur portobelo, jamur shimeji, dan lain sebagainya. Kuliner ini dimasak dalam waktu yang agak lama hingga daging empuk. Inilah yang membuatnya memiliki tekstur kuah yang cukup kental.

 

Itulah beberapa olahan perpaduan jamur dan daging khas Korea yang memiliki rasa lezat tak terlupakan. Buat Teman Kuliner yang suka menyantap masakan Korea, di bawah ini ada beberapa rekomendasi restoran Korea yang punya kuliner enak!

Magal Korean BBQ

Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ

Chingu Korean Fan Cafe

Foto Chingu Korean Fan Cafe
Foto Chingu Korean Fan Cafe
Foto Chingu Korean Fan Cafe

Korean House

Foto Korean House
Foto Korean House
Foto Korean House

Warung Korea Pop

Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop

Cafe Jalan Korea

Foto Cafe Jalan Korea
Foto Cafe Jalan Korea
Foto Cafe Jalan Korea

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?