Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Lezatnya Jajanan Tradisional Indonesia yang Dijodohkan dengan Matcha!

List Artikel
20 Januari 2018 | 0 Komentar

Indonesia memiliki jajanan tradisional yang sangat beragam jenisnya, mulai dari jajanan yang rasannya gurih hingga yang memiliki rasa manis. Meski sangat beragam, jajanan tradisional perlahan sudah mulai tergerus oleh kue-kue modern yang kini bisa dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko kue. Oleh karena itulah, ada banyak inovasi yang dilakukan oleh para pembuat jajanan tradisional Indonesia ini. Salah satunya adalah dengan memadukannya dengan matcha yang berasal dari Jepang. Matcha merupakan bentuk bubuk dari teh hijau yang sering digunakan dalam campuran makanan. Penggunaan matcha pada jajanan tradisional juga bisa menaikkan derajat serta membuat cita rasa jadi lebih unik dan berbeda. Lalu apa saja jajanan tradisional yang pas dipadukan dengan matcha? Mari kita lihat!

 

1. Kue Cubit


Sumber: pergikuliner.com


Jajanan tradisional yang satu ini memang menjadi tenar dan banyak disukai anak muda sejak dipadukan dengan matcha. Warna kue cubit yang tadinya kuning, sekarang jadi lebih menarik dengan adanya warna hijau dengan cita rasa yang lebih unik tambahan topping seperti meises, cokelat serut, oreo, hingga keju. Kue cubit dengan cita rasa matcha sangat cocok jika disantap sebagai camilan sambil mengobrol bersama teman-teman saat nongkrong bareng.

 

2. Surabi


Sumber: pergikuliner.com


Selain kue cubit ada surabi yang menjadi jajanan khas Bandung dan Solo. Surabi terbuat dari campuran tepung beras, tepung terigu, gula, dan santan kelapa. Semua bahan yang telah tercampur rata lalu dituang dalam cetakan tanah liat yang dipanaskan di atas arang atau bara api. Surabi memiliki aroma yang sangat wangi karena ada campuran santan di dalamnya. Tapi surabi yang dicampur dengan matcha tentunya memiliki aroma wangi yang unik dan berbeda. Surabi matcha bisa disantap dengan paduan saus kinca yang terbuat dari gula merah dan santan. 

 

3. Martabak Manis


Sumber: pergikuliner.com


Martabak menjadi salah satu jajanan kaki lima yang banyak mengalami inovasi rasa, mulai dari rasa red velvet, blackforest, hingga matcha khas Jepang. Nggak kebayang khan mencicip martabak dengan cita rasa khas Jepang? Martabak dengan paduan matcha biasanya memiliki topping keju, kitkat, meises, hingga kacang cincang. Tentunya cita rasa asli martabak tetap akan terasa karena hanya adonan martabak hanya akan ditambahkan bubuk matcha.

 

4. Bakpia


Sumber: flickr.com


Bakpia merupakan jajanan khas Yogyakarta yang juga menjadi oleh-oleh khas daerah tersebut. Bakpia berbentuk bulat pipih dan terbuat dari bahan campuran tepung terigu dengan gula pasir, margarin, dan garam yang kemudian dipanggang hingga matang dan bagian luarnya kecoklatan. Bakpia biasanya diisi dengan kacang hijau yang ditumbuk halus dan diberi gula. Tapi sekarang bakpia sudah dimodifikasi dengan menambahkan matcha pada bagian dalam isiannya.

 

5. Banana Nugget


Sumber: pergikuliner.com


Kamu pasti tahu khan jajanan kaki lima yang sedang menjadi tren belakangan ini? Banana nugget atau pisang nugget yang merupakan pisang goreng dengan baluran tepung panir memang sedang menjadi viral di dunia kuliner. Banana nugget memiliki aneka topping yang bisa membuat rasanya jadi bermacam-macam dan tentunya berbeda/ Ada topping saus cokelat, tiramisu, red velvet, kacang, hingga matcha. Cita rasa pisang yang manis sangat cocok jika dipadukan dengan saus matcha yang diberi taburan oreo.


Gimana? Jadi tertarik buat mencoba aneka jajanan tradisional yang berpadu dengan kelezatan green tea atau matcha bukan? Kalo kamu kepingin mencoba aneka makanan tersebut, kamu bisa kunjungi beberapa tempat makan di bawah ini!

Martabak San Francisco

Foto Martabak San Francisco
Foto Martabak San Francisco

Sweet Hut

Foto Sweet Hut
Foto Sweet Hut
Foto Sweet Hut

Eat Happens

Foto Eat Happens
Foto Eat Happens

Warung Enon

Foto Warung Enon

Pisang Nugget Melt

Foto Pisang Nugget Melt

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?