Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Lima Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Larangan Sumpit

List Artikel
16 September 2015 | 0 Komentar

Sumpit merupakan salah satu alat makan yang sudah mendunia. Sumpit biasanya digunakan sebagai alat makan orang Asia dan selalu identik dengan kuliner Asia Timur seperti Jepang, Korea, dan China. Kepopuleran sumpit dimulai sejak kuliner sushi dari Jepang dan juga mie dari China yang merambah dunia kuliner internasional.



Sumber: bhq.web.id


Meski terkenal, tapi masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara menggunakan sumpit yang benar. Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat menggunakan sumpit, serta aturan penggunaannya. Jangan sampai kamu salah pakai dan malu karena tidak mengetahui aturan penggunaan sumpit itu sendiri. PergiKuliner akan memberitahu kamu lima hal yang harus kamu ketahui tentang larangan sumpit, yaitu:

 

1. Jangan Menganggap Semua Sumpit Sama

Beda negara beda pula sumpitnya. Setiap negara punya bahan pembuat dan juga bentuk sumpitnya masing-masing. Coba kamu perhatikan, sumpit dengan ujung yang mengecil merupakan ciri khas sumpit dari Jepang karena masyarakat Jepang biasanya memiliki tekstur nasi yang lebih lengket. Sedangkan sumpit China memiliki bentuk yang sedikit rata dari bagian atas sampai bawah. Sumpit ini ideal digunakan untuk mengambil makanan-makanan yang berukuran cukup besar.

 

2. Jangan Berasumsi Kalau Semua Orang Asia Bisa Gunakan Sumpit

Banyak orang barat yang berpikir kalau semua orang Asia makan dengan sumpit. Hal itu salah besar. Aslinya sumpit digunakan sebagai alat makan utama di empat negara Asia ini, yaitu China, Jepang, Korea dan Vietnam. Sedangkan untuk negara-negara Asia lainnya seperti, Filipina, Singapura, Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, menggunakan sendok garpu untuk makan.

 

3. Jangan Tancapkan Sumpit Secara Tegak Lurus di Atas Nasi

Hal yang satu ini tentunya tidak asing lagi. Menancapkan sumpit tegak lurus di atas nasi ini mirip seperti alat penghormatan dan dupa untuk orang meninggal. Aturan ini merupakan tata cara upacara pemakaman Budha. Aturan seperti ini sangat kental di China dan Jepang.  

 

4. Jangan Menggunakan Sumpit untuk Menunjuk Orang

Menunjuk orang dengan sumpit dianggap sangat tidak sopan, terutama kamu lakukan pada orang yang lebih tua. Menunjuk dengan jari saja sudah tidak sopan, apalagi dengan sumpit. Jika ingin menunjuk orang, maka letakkan dulu sumpitmu, baru menunjuk orang dengan telapak tangan seperti sedang mempersilahkan. Hal tersebut baru dianggap sopan. 

 

5. Jangan Menggunakan Sumpit yang Sama

Nah, kamu harus menggunakan sumpit yang berbeda untuk mengambil makanan seperti lauk pauk dan untuk makan. Jangan gunakan sumpit yang sama untuk mengambil makanan dan makan. Hal ini bisa dianggap jorok dan tidak sopan karena sumpit untuk makan pasti terkena air liur kamu. 

Jongga Korea

Foto Jongga Korea
Foto Jongga Korea
Foto Jongga Korea

Echigoya Ramen

Foto Echigoya Ramen
Foto Echigoya Ramen
Foto Echigoya Ramen

Soup Restaurant

Foto Soup Restaurant
Foto Soup Restaurant
Foto Soup Restaurant

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?