Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Macam-macam Pie, Cemilan dari Amerika yang Populer di Dunia

List Artikel
4 November 2020 | 0 Komentar
Pie merupakan cemilan asal Amerika yang sangat populer di dunia pastry. Pasti kamu udah pernah kan mencicipi kue panggang yang katanya sudah ada sejak zaman Mesir kuno ini? Pada zaman Mesir kuno dulu, pie sering digunakan untuk membungkus daging serta bahan-bahan lainnya agar tetap lembap selama dimasak. Pie juga membuat daging serta bahan-bahan makanan yang dibungkusnya menjadi tidak mudah basi. Pada dasarnya, adonan kulit pie terbuat dari tepung terigu, margarin, dan telur. Meskipun demikian, pie memiliki cita rasa yang begitu nikmat dan khas. Karena cita rasa yang  unik dan khas tersebutlah keberadaan pie menjadi tersebar ke seluruh daratan Eropa.


Sumber: S
nixykitchen.com

Pada awalnya pie hanya memiliki rasa asin saja. Namun, sekitar tahun 1500-an, pie mulai berkembang dengan pemakaian berbagai macam jenis buah-buahan manis sebagai isiannya. Akhirnya, sesuai dengan perkembangan zaman, pie terbagi menjadi dua jenis, yakni pie asin dan pie manis. Lalu, apa sih perbedaan yang mencolok dari kedua jenis pie ini?

Pie Asin


Sumber: S
tuckinthekitchen.com

Pie asin memiliki cita rasa yang benar-benar gurih. Adonan pie asin biasanya diberi sedikit garam dan juga bumbu pelengkap lainnya yang menambah cita rasa dari isiannya. Pie asin tidak memiliki banyak ragam. Hanya terdapat dua jenis isian pada pie asin, yakni pie sayur dan pie daging. Sayuran yang sering digunakan dalam pie asin adalah wortel, jagung, jamur kacang polong, dan kentang. Sementara jenis daging yang sering digunakan adalah daging ayam dan daging sapi. Selain itu, terdapat pula pie asin gabungan dari pie sayur dan pie daging seperti pie ayam jamur yang berisi daging ayam dan jamur serta pie daging kentang yang memadukan adonan kentang dan daging cincang di dalamnya. 

Pie Manis


Sumber: C
ompletelydelicious.com

Berbeda dengan pie asin, pie manis memiliki puluhan ragam jenis isian yang terus berkembang sampai saat ini. Awalnya pie manis hanya berisi buah-buahan saja. Adonan kulit pie dipanggang terlebih dahulu hingga matang, lalu setelah dingin diberi topping fla di atasnya serta tambahan buah-buahan segar. Namun, seiring dengan semakin berkembangnya kreasi pie, terdapat pula beragam jenis pie manis seperti pie madu, pie cokelat, pie susu, dan pie-pie manis lainnya yang sangat terkenal di Indonesia. Bukan cuma itu aja, masih banyak ragam pie manis seperti marshmallow pie yang sangat terkenal di Inggris, green tea pie yang terkenal di Jepang, hingga pie kopi yang sekarang sudah banyak di jual di Bali sebagai oleh-oleh bagi para pelancong.

Sekarang sudah tau kan macam-macam pie cemilan dari Amerika yang populer di dunia? Kalau teman kuliner lebih suka rasa pie yang asin atau manis nih?. Oh ya, kalau kamu ingin makan pie sehabis baca artikel ini, kamu bisa datengin beberapa tempat makan rekomendasi Pergikuliner di bawah ini ya!

Dua Coffee

Foto Dua Coffee
Foto Dua Coffee
Foto Dua Coffee

Eighteen Pies

Foto Eighteen Pies
Foto Eighteen Pies
Foto Eighteen Pies

Chicory European Patisserie

Foto Chicory European Patisserie
Foto Chicory European Patisserie
Foto Chicory European Patisserie

Uncle Tetsu

Foto Uncle Tetsu
Foto Uncle Tetsu
Foto Uncle Tetsu

PIA Apple-Pie

Foto PIA Apple-Pie
Foto PIA Apple-Pie
Foto PIA Apple-Pie

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?