Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Macaron vs Macaroon, Dua Kue Manis yang Ternyata Berbeda

List Artikel
13 Mei 2017 | 0 Komentar

Macaron, kue cantik asal Perancis ini selalu hadir dengan warnanya yang beragam alias warna-warni sehingga membuat tampilan macaron  menjadi semakin menggugah selera. Banyak sekali orang yang suka keliru menyebut macaron dengan macaroon karena mereka menganggap kalau keduanya sama saja. Meski keduanya sama-sama merupakan kue yang bercita rasa manis, tapi tahukah kamu kalau keduanya itu sangat berbeda, mulai dari segi bentuk, tekstur, hingga bahan pembuatnya. Teman PergiKuliner jadi penasaran kan apa sih perbedaan macaron dan macaroon ini? Mari kita simak penjelasannya. 

 


Macaron (Sumber: pergikuliner.com)


Macaron dibaca mack-a-rohn sedangkan macaroon dibaca mack-a–roon. Dari segi tampilan, macaron memiliki bentuk bulat kecil mirip burger dengan aneka isian di dalamnya yang merekatkan dua macaron. Macaron terbuat dari tepung almond, putih telur, serta gula yang dikocok hingga kaku lalu dicetak bulat-bulat kemudian dipanggang hingga lapisan atasnya mengering dan renyah. Macaron biasanya memiliki warna-warni yang cerah tergantung dari varian rasanya sehingga terlihat sangat cantik dan identik dengan kaum hawa.

 



Macaroon (Sumber: onceuponachef.com)


Sementara macaroon memiliki bentuk yang sedikit abstrak dengan warna putih dan agak kecoklatan di bagian atasnya. Macaroon terbuat dari kelapa parut, putih telur, serta gula yang dikocok hingga mengembang dan kaku lalu dipanggang hingga matang. Macaroon disantap dengan cara dicelupkan ke dalam cokelat leleh terlebih dahulu. Untuk teksturnya, macaroon memiliki tekstur yang lebih padat, renyah dan garing karena tidak mengandung tepung. Sedangkan macaron memiliki tekstur yang lebih lembut di dalam namun renyah di luar. Macaron bisa kamu temukan dan santap kapan saja, sedangkan macaroon lebih sering disajikan pada saat Paskah. Sekarang kamu sudah tahu kan perbedaan keduanya. Jangan sampai salah ucap ya teman PergiKuliner!


Jadi kepingin makan macaron? Yuk kunjungi tempatnya di bawah ini!

La Maison

Foto La Maison
Foto La Maison
Foto La Maison

TWG Tea Salon & Boutique

Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique

Eric Kayser Artisan Boulanger

Foto Eric Kayser Artisan Boulanger
Foto Eric Kayser Artisan Boulanger

Natasha's Party Cakes

Foto Natasha's Party Cakes

Bakerzin

Foto Bakerzin

Dimana lagi ya toko kue yang enak? Cari tau di Pergikuliner.com aja!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?