Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Makanan Barat yang Ternyata Kembar Dengan Makanan Indonesia

List Artikel
30 Agustus 2019 | 0 Komentar
Setiap negara pasti mempunyai makanan sendiri, cara masak yang berbeda, dan pengolahan makanan yang juga nggak sama. Khususnya negara Indonesia yang berada di benua Asia dan negara-negara yang berada di benua Amerika atau Eropa, tentunya memiliki menu makanan yang sangat berbeda. Namun ternyata ada beberapa menu makanan Indonesia yang penampilan dan kualitasnya mirip dengan makanan barat lho. Penasaran kan makanan apa saja yang mirip tersebut? Simak yuk!

1. Risotto dan Bubur Ayam


Sumber : Seriouseats.com

Risotto yang berasal dari Italia ini ternyata punya saudara kembar di Indonesia, yaitu bubur ayam. Kedua kuliner ini sama-sama berbahan baku dari beras. Selain itu, keduanya juga diolah dengan berbagai sayuran dan juga daging. Kedua makanan ini juga sama-sama bertekstur agak lembek. Bak anak kembar kan ya?

2. Salad Sayur dan Gado-Gado


Sumber : PergiKuliner.com

Gado-gado memang dikenal sebagai saladnya Indonesia. Hal ini dikarenakan baik salad maupun gado-gado, keduanya menggunakan sayur-mayur sebagai bahan utamanya. Salad sayur diisi dengan ragam sayuran hijau seperti daun selada, bawang bombai, tomat, daun kale dan banyak sayuran lainnya. Sedangkan gado-gado memiliki kacang panjang, daun selada, taoge, kangkung, timun, telur, tahu, dan tempe. Hanya satu hal yang bisa membedakan kedua sajian ini, yaitu siraman saus kacang pada gado-gado yang nikmatnya nggak ada duanya. Kamu lebih suka yang mana?

3. Spaghetti dan Mie Jawa


Sumber : PergiKuliner.com

Jika Italia punya spaghetti, maka Indonesia punya mie goreng. Kedua kuliner yang berbahan dasar mie ini hampir mirip penampakannya, namun soal rasa memang agak berbeda. Pasalnya, spaghetti dibumbui dengan bolognaise yang didominasi rasa tomat, sedangkan mie Jawa didominasi rasa manis dari kecap.

4. Paella dan Nasi Kuning



Sumber : PergiKuliner.com

Paella merupakan makanan khas Spanyol yang sekilas memang nampak mirip dengan nasi kuning. Paella merupakan hidangan nasi yang dipadukan dengan ayam, seafood, dan bumbu lainnya. Bumbu inilah yang membuat paella memiliki warna kuning pekat atau oranye sehingga persis seperti nasi kuning. Kamu sudah pernah coba belum nih?

5. Steak dan Selat Solo



Sumber : PergiKuliner.com

Sesuai dengan namanya, selat solo merupakan makanan khas Solo yang mirip sekali dengan steak. Sama-sama berbahan dasar potongan daging sapi dengan hiasan sayuran membuat kedua sajian ini cukup sulit dibedakan. Namun, bila lebih jeli diperhatikan, selat solo memliki kuah yang lebih encer dibanding steak yang biasanya berkuah kental.

6. Crepes dan Lekker



Sumber : PergiKuliner.com

Nggak hanya bentuknya yang sama, lekker dan crepes juga memiliki rasa nikmat dan manis yang sama. Bahan utama untuk membuat kedua makanan ini pun sama yaitu tepung terigu, susu, telur, dan gula. Tesktur renyahnya pun sama lho! Yang membedakan dua makanan ini hanya harganya.

7. Pancake dan Serabi



Sumber : PergiKuliner.com

Kalau Inggris punya pancake kue lezat terbuat dari tepung terigu susu cair dan telur, Indonesia juga punya kue bernama serabi yang terbuat dari adonan tepung beras dan santan, disajikan dengan saus gula merah atau kuah durian. Tak hanya bentuknya yang sama, bahan dasar untuk membuat kedua hidangan ini pun sama. Yang membedakan adalah taburan topping di atasnya. Rasa manis dan lezatnya pun sama banget.

Nah, itu dia makanan barat yang ternyata punya penampilan dan kualitas yang mirip dengan kuliner Indonesia. Bagaimana menurutmu mirip nggak? Kamu lebih suka yang barat atau yang Indonesia nih? Cobain semuanya yuk dengan menyimak beberapa referensi tempat makan yang bisa kamu kunjungi versi PergiKuliner!

Avec Moi

Foto Avec Moi
Foto Avec Moi
Foto Avec Moi

Pancious

Foto Pancious
Foto Pancious

Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Gado - Gado Cemara

Foto Gado - Gado Cemara

Lekker Dan Kopi

Foto Lekker Dan Kopi
Foto Lekker Dan Kopi
Foto Lekker Dan Kopi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?