Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Makanan Ini Lebih Bernutrisi Loh Saat Disantap Mentah

List Artikel
28 Juni 2017 | 0 Komentar

Dalam dunia kuliner, proses memasak makanan sangatlah penting. Ada berbagai macam metode memasak, mulai dari merebus, mengukus, menggoreng, memanggang, membakar, dan lain sebagainya. Ada beberapa makanan yang lebih enak dimasak dengan metode memasak tertentu, tapi ada juga makanan yang sebaiknya disantap mentah agar kandungan nutrisi dan vitaminnya tak hilang atau berkurang. Lalu apa saja makanan yang lebih baik disantap mentah? PergiKuliner akan memberikannya list untuk kamu di bawah ini:

 

1. Brokoli



Sumber: pergikuliner.com


Makanan pertama adalah brokoli yang sebaiknya kamu santap mentah karena sayuran segar ini memiliki kandungan vitamin C dan kalsium yang sangat tinggi. Brokoli juga mengandung senyawa sulforaphane yang dipercaya ampuh untuk mengatasi darah tinggi dan bagus untuk kesehatan jantung. Brokoli yang dimasak terlalu lama akan membuat kadar sulforaphane berkurang hingga 70 persen. Jika kamu tak suka dengan brokoli mentah, maka kamu bisa mem-blanch atau memasaknya setengah matang saja agar kandungan nutrisinya tak telalu berkurang.

 

2. Paprika



Sumber: manfaat.co.id


Makanan kedua yang bagus disantap mentah adalah paprika yang kaya akan  kandungan vitamin C. Sayangnya, kandungan vitamin C pada paprika ini bisa rusak karena terkena panas. Kamu bisa menyantap paprika sebagai salad sayuran. Atau jika kamu tak suka paprika mentah, kamu lebih baik memasaknya di bawah suhu 190 derajat celcius karena jika paprika dimasak dengan suhu di atas 190 derajat celcius, maka kandungan nutrisi pada paprika akan hilang.

 

3. Buah Berry



Sumber: pergikuliner.com


Seperti yang kamu tahu, buah berry sangat kaya akan nutrisi karena mengandung vitamin C yang cukup tinggi baik itu strawberry, blueberry, rasberry, dan jenis buah berry lainnya. Kebanyakan makanan yang mengandung kandungan vitamin C yang cukup tinggi akan berkurang nilai nutrisinya jika dimasak apalagi dikeringkan. Ada banyak cara menikmati buah berry mentah seperti menjadikannya salad atau topping cake, pancake, hingga waffle.

 

4. Apel



Sumber: deskopwallpapers.us


Tak jauh berbeda dengan buah berry, apel yang kaya akan kandungan vitamin C juga lebih baik jika disantap mentah karena selain kadar nutrisinya akan rusak saat dimasak, kandungan mineralnya juga akan hilang akibat proses dehidrasi yang diakibatkan panas selama proses pemasakan. Ditambah, kandungan gula pada apel sangat tinggi sehingga jika kamu memasaknya dalam suhu yang terlalu panas, nilai kalori dan karbohidratnya akan jadi lebih tinggi.

 

5. Kelapa



Sumber: media.salon.com


Kelapa dikenal sebagai sebagai buah yang yang bisa memiliki kandungan elektrolit alami sehingga bisa dengan cepat menghilangkan dehidrasi kamu. Kelapa juga sangat rendah lemak, jadi kalau kamu tak perlu takut berat badan kamu bertambah jika mengkonsumsinya. Tapi jika kamu memasaknya, maka kamu tak akan mendapatkan nutrisi yang maksimal lagi. Air kelapa yang dididihkan tak akan sama kandungan elektrolitnya lagi dan daging kelapa yang sudah dikeringkan atau dimasak tak akan memiliki kandungan nutrisi yang sama.

 

6. Tauge



Sumber: pergikuliner.com


Makanan terakhir yang lebih bernutrisi saat disantap mentah adalah tauge. Jenis sayuran yang satu ini memiliki kandungan vitamin C, folat, serta serat yang sangat tinggi. Tauge mentah memiliki tekstur renyah sehingga banyak dijadikan sebagai bahan campuran makanan seperti pada karedok, asinan sayur, hingga mie bakso.


Itu dia beberapa makanan yang paling bernutrisi jika di makan mentah. Nah, sekarang saatnya kamu makan makanan tersebut di tempat makan yang sudah PergiKuliner rekomendasikan di bawah ini!

Golden Star

Foto Golden Star

Jun Njan

Foto Jun Njan

Cozyfield Cafe

Foto Cozyfield Cafe

Koi Teppanyaki

Foto Koi Teppanyaki
Foto Koi Teppanyaki

Aroma Sedap

Foto Aroma Sedap
Foto Aroma Sedap

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?