Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Makanan Kadaluarsa yang Tetap Aman Saat Dimakan

List Artikel
4 Agustus 2015 | 0 Komentar

Siapa coba dari kalian yang suka banget memperhatikan tanggal kadaluarsa sebuah produk makanan atau minuman? Tanggal kadaluarsa merupakan batas waktu yang aman bagi produk makanan atau minuman untuk dimakan, terhitung sejak tanggal produk tersebut dibuat. Nah, makanan yang sudah kadaluarsa tersebut sebaiknya tidak dimakan karena bisa jadi makanan tersebut dapat berefek buruk bagi kesehatan kamu. Namun terkadang, kamu pasti sayang kan untuk membuang makanan yang masih utuh tetapi sudah kadaluarsa? Nah, beberapa jenis makanan dan minuman berikut akan tetap aman dikonsumsi walaupun sudah melewati tanggal kadaluarsa. Mau tau makanan dan minuman apa itu? Check it out!


Sereal


Sereal akan melempem dan rasanya menjadi hambar ketika sudah melewati tanggal kadaluarsa. Namun, sereal tetap aman dikonsumsi maksimal 6 bulan setelah batas waktu kadaluarsanya asal disimpan dalam wadah yang benar-benar tertutup dan kedap udara.



Sumber: Huffington Post


Keripik Kentang


Sama seperti sereal, keripik kentang juga tidak akan crunchy lagi dan akan terasa hambar ketika sudah melewati batas waktu kadaluarsa. Tetapi, keripik kentang tetap akan aman dikonsumsi dalam jangka waktu satu bulan setelah tanggal kadaluarsa karena kandungan bahan kimia pengawet yang ada di dalamnya. Bahkan, keripik kentang juga dapat kamu panggang di dalam oven agar kembali crispy.



Sumber: Huffington Post


Mentega


Tidak seperti produk susu lainnya yang sangat berbahaya apabila dikonsumsi melebihi tanggal kadaluarsa, mentega masih aman dikonsumsi walaupun sudah kadaluarsa. Yang penting, kemasan mentega yang kamu miliki belum pernah kamu buka sama sekali.



Sumber: Web Exhibits


Ayam


Ayam yang dimaksud disini adalah daging ayam yang telah dibekukan. Tidak seperti daging ayam mentah, daging ayam beku tidak berbahaya apabila dikonsumsi berbulan-bulan kemudian setelah tanggal kadaluarsanya. Bahkan, ayam beku masih dapat dimasak sampai satu tahun setelah melewati batas waktu kadaluarsa.



Sumber: Can You Freeze


Soda


Ada sejumlah bahan kimia dan aditif dalam minuman soda yang dapat mempertahankan keawetan soda walaupun sudah melewati batas waktu kadaluarsanya. Diet soda biasanya masih aman dikonsumsi maksimal 4 bulan setelah tanggal kadaluarsanya, sedangkan soda biasa dapat bertahan hingga 9 bulan setelah tanggal kadaluarsanya.



Sumber: A Sweet Life


Baru tahu kan kalau makanan dan minuman tersebut masih aman dikonsumsi walaupun sudah kadaluarsa? Tapi ingat, makanan tersebut tetap memiliki jangka waktu tertentu agar tetap aman dikonsumsi oleh tubuh kamu. Selalu perhatikan tanggal kadaluarsa produk makanan dan minuman yang kamu beli ya!

 


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?