Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia Makanan - Makanan Kaki Lima Favorit di Jakarta

List Artikel
27 Februari 2015 | 0 Komentar
Kalau sudah bosan makan di restoran yang menyajikan masakan Eropa atau Barat, pasti sebagai orang Indonesia kangen makan hidangan nusantara. Rempah - rempah yang membuat kaya rasa memang selalu bisa memuaskan perut dan lidah semua orang. Tidak hanya rasa yang enak, harga yang murah pun membuat makanan - makanan ini menjadi pilihan utama, apalagi saat menjelang akhir bulan. Apa saja makanan kaki lima favorit warga Jakarta?


1. Nasi Goreng



Sumber: pergikuliner.com

Sebagai negara dengan makanan pokok nasi, tidak heran nasi goreng menjadi favorit warga Jakarta. Nasi goreng di Indonesia biasa menggunakan kecap manis yang hitam pekat sehingga mempunyai rasa yang khas berbeda dengan nasi goreng dari negara lain. Salah satu yang populer di Jakarta adalah Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih dan nasi goreng seafood di T&T Noodle House.


2. Mie


Sumber: pergikuliner.com

Kedai mie atau bakmi yang ada di Jakarta tidak pernah sepi, dari yang hanya sekedar berjualan menggunakan gerobak maupun yang sudah dalam bentuk restoran. Bentuk bakmi - bakmi di sini pun juga berbeda - beda, seperti bakmi karet yang tebal, bakmi Medan dengan bentuk keritingnya, serta bakmi Bangka dengan tekstur yang kecil. Dari sekian banyaknya bakmi yang beredar di Jakarta, Bakmi Aloi (non-halal) yang sudah ada cabang di Pantai Indah Kapuk dan Green Ville ini menjadi salah satu favorit. Selain itu, ada Mie Ayam Gondangdia (halal) dengan ayam kecapnya yang sudah terkenal seantero Jakarta.


3. Bakso


Sumber: pergikuliner.com

Olahan daging cincang berbentuk bulat yang lezat ini paling banyak terbuat dari daging sapi dan disajikan bersama dengan pilihan bihun atau bakmi. Namun, seiring berjalannya waktu beberapa restoran menjual bakso dengan bentuk atau rasa yang berbeda. Yang paling sederhana, bakso dengan isi telur atau bakso tahu. Di Jakarta sendiri, penjaja bakso sudah tidak terhitung jumlahnya, salah satunya adalah Bakso Jawir dengan pilihan bakso isi telur rasa yang enak dan murah dan juga Baso Akiaw 99 yang mempunyai rasa daging yang manis.


4. Soto


Sumber: pergikuliner.com

Di Indonesia sendiri, setiap daerah mempunyai resep soto andalan tersendiri dan yang membedakan adalah bumbu - bumbu yang dipakai didalam kuah dan isiannya. Sebut saja soto mie dengan kuah bening dengan risol sebagai pendamping seperti di Soto Mie Karang Anyar, atau soto betawi yang menggunakan santan untuk campuran kuahnya. Namun yang menarik, di Soto Betawi Babe Jamsari, susu dipakai untuk menjadikan gurih soto betawinya. 


5. Sate


Sumber: pergikuliner.com

Sate yang konon dibawa masuk oleh warga TiongHoa jaman dahulu sudah menjadi makanan favorit warga Jakarta. Seperti soto, setiap daerah di Indonesia mempunyai sate khas masing - masing. Contoh sederhana yang paling sering ditemui adalah sate madura, yaitu sate daging ayam dengan bumbu kacang dan kecap. Selain itu ada sate Padang, yang mana daging yang dipakai adalah daging sapi dan menggunakan saus berbahan dasar kentang. Sate Blora Cirebon di kawasan Kelapa Gading menjadi salah satu tujuan untuk menikmati sate madura yang lezat. Atau kalau ingin mencicipi sate padang, Sate Padang Ajo Ramon bisa menjadi tujuan kuliner kamu yang sudah cukup banyak cabangnya di Jakarta.


6. Martabak


Sumber: pergikuliner.com

Makanan yang akhir - akhir ini kembali menjadi buah bibir lantaran berbagai macam bahan tidak biasa digunakan untuk topping nya. Apalagi kalau bukan si selai coklat nutella dan coklat batangan toblerone yang pertama kali diperkenalkan oleh Martabak Pecenongan 65. Sejak saat itu, banyak kedai martabak baru bermunculan dengan topping yang lebih wah lagi dan juga kedai - kedai lama yang berlomba menjual martabak super unik lainnya. Salah satu yang lain daripada yang lain adalah Bazinga Jakarta di bilangan Jakarta Selatan yang menjual martabak green tea.


7. Nasi Uduk


Sumber: pergikuliner.com

Ayam goreng, tempe atau tahu goreng dan sambal, bahan pendamping yang biasa menemani di kala makan nasi uduk. Tidak hanya itu, banyak kedai juga menyediakan jeroan ayam seperti usus goreng sebagai pelengkap dan juga tidak ketinggalan lalapan. Namun, yang membuat menu ini menjadi favorit tentu saja nasi uduknya sendiri dan sambalnya seperti Nasi Uduk Kebon Kacang Kakek H. Surjadi dengan sambal kacangnya yang khas. Lalu ada Nasi Uduk Kikosari di Pantai Indah Kapuk yang mempunyai nasi uduk yang wangi dan sambal yang enak tentunya.

Mie Ayam Gondangdia

Foto Mie Ayam Gondangdia
Foto Mie Ayam Gondangdia
Foto Mie Ayam Gondangdia

Bakso JWR

Foto Bakso JWR
Foto Bakso JWR
Foto Bakso JWR

Bale Soto

Foto Bale Soto
Foto Bale Soto
Foto Bale Soto

Sate Padang H. Ajo Manih

Foto Sate Padang H. Ajo Manih
Foto Sate Padang H. Ajo Manih
Foto Sate Padang H. Ajo Manih

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Sejak 1958

Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Sejak 1958
Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Sejak 1958
Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Sejak 1958

Martabak Pecenongan 65A

Foto Martabak Pecenongan 65A
Foto Martabak Pecenongan 65A
Foto Martabak Pecenongan 65A

Nah, ini dia daftar - dafatar makanan kaki limanya. Apalagi makanan - makanan kaki lima favorit kamu yang bikin terus ingin makan lagi?


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?