Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Makanan Khas Indonesia yang Lebih Enak Disantap Menggunakan Tangan

List Artikel
11 Oktober 2017 | 0 Komentar

Indonesia memang surganya kuliner. Beraneka ragam suku yang ada di Indonesia membuat bannyaknya kuliner yang bisa kamu icip. Masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan unik saat makan, yakni sering menggunakan tangan dalam menyantap makanan. Menyantap makanan dengan tangan sudah menjadi tradisi turun temurun karena kebiasaan ini sudah dilakukan sejak kecil. Konon, menyantap makanan dengan menggunakan tangan bisa membuat pencernaan jadi lebih sehat seperti bisa mencegah diabetes tipe 2. Makan dengan tangan membuat kamu kenyang lebih lama karena proses makan jadi lebih lama dibanding menggunakan sendok dan garpu. Selain itu cita rasa makanan juga bisa menjadi lebih sedap. Ada lima makanan khas Indonesia yang lebih enak disantap dengan menggunakan tangan, yaitu:

 

1. Nasi Liwet Sunda


Sumber : pergikuliner.com


Seolah sudah menjadi hukum tak tertulis, menyantap nasi liwet Sunda atau yang sering disebut dengan nama ngeliwet haruslah menggunakan tangan saat menyantapnya. Kamu bahkan hampir tidak akan melihat orang yang menyantap nasi liwet Sunda dengan menggunakan sendok garpu. Nasi liwet Sunda yang terdiri dari nasi berbumbu, lauk-pauk, serta sambal disajikan di atas daun pisang yang dijadikan sebagai alas makan. Porsinya memang sengaja dibuat banyak sehingga cukup untuk disantap beramai-ramai.

 

2. Nasi Padang


Sumber : pergikuliner.com


Selain nasi liwet Sunda, ada nasi Padang yang akan terasa lebih nikmat jika kamu santap dengan tangan. Coba saja ketika kamu mampir ke rumah makan Padang, pasti akan disediakan semangkuk air untuk mencuci tangan. Menyantap nasi Padang dengan menggunakan sendok dan garpu justru akan mengurangi kelezatan nasi Padang itu sendiri. Nasi Padang terdiri dari nasi dengan sayuran seperti sayur nangka dan singkong serta lauk pauk seperti rendang, opor, dendeng, dan lain sebagainya. Tak ketinggalan sambal hijau yang bisa menambah sedap cita rasanya.

 

3. Pecel Lele


Sumber : pergikuliner.com


Pecel lele sangat identik dengan kuliner kaki lima yang dijual di tenda-tenda pinggir jalan saat malam hari. Dalam satu porsi pecel lele terdapat ikan lele yang digoreng kering lalu diberi lalapan seperti daun kemangi, selada, mentimun, dan tomat. Tak ketinggalan sambal terasi atau sambal tomat serta nasi putih atau nasi uduk yang sudah dijadikan dalam satu porsi. Tentunya menyantap ikan lele akan lebih mantap jika dilakukan dengan tangan agar kamu bisa terhindar dari duri ikan.

 

4. Ayam Bakar 



Sumber : pergikuliner.com


Serupa dengan pecel lele, masyarakat Indonesia memang sangat suka kuliner yang terdiri dari nasi, lauk pauk yang digoreng atau dibakar, lalapan dan sambal. Perpaduan keempat hal tersebut sudah menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan jika kamu ingin menikmati kuliner Indonesia menggunakan tangan. Coba saja kamu bayangkan ayam bakar yang dicocol dengan pedasnya sambal yang berpadu dengan krenyesnya lalapan dan hangatnya nasi yang bisa kamu lahap dalam sekali suap menggunakan tangan. Terasa nikmat bukan?

 

5. Martabak


Sumber : pergikuliner.com


Terakhir ada martabak yang menjadi jajanan kaki lima khas Indonesia. Baik itu martabak manis atau martabak bulan hingga martabak asin atau martabak telur, keduanya sama-sama akan terasa lebih sedap jika disantap menggunakan tangan. Martabak yang masih panas ketika disantap dengan tangan akan membuat kamu bisa mengecap sisa-sisa rasa yang tertinggal pada jari-jarimu.


Enak-enak bukan kelima kuliner di atas? Jadi kepengen nyobain? Marilah mampir ke salah satu tempat di bawah ini!

Ayam Goreng Berkah

Foto Ayam Goreng Berkah

Martabak Bruno

Foto Martabak Bruno
Foto Martabak Bruno
Foto Martabak Bruno

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Permata Mubarok 1

Foto Permata Mubarok 1
Foto Permata Mubarok 1
Foto Permata Mubarok 1

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?