Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Makanan Khas Lebaran dari Berbagai Negara di Dunia

List Artikel
16 Juni 2018 | 0 Komentar
Sebentar lagi kita akan menyambut Hari Raya Idul Fitri. Salah satu hal yang tidak boleh ketinggalan dan selalu ditunggu-tunggu adalah makanan khas lebaran. Ada berbagai cara dan sajian makanan untuk merayakan hari kemenangan ini. Jika di Indonesia, ketupat dan opor ayam sudah menjadi menu wajib, maka bagaimana dengan negara berpenduduk mayoritas Muslim lainnya? Cari tahu di sini yuk!

1. Mesir


Fattah | Sumber: kitchenani.com

Berbeda dengan negara-negara lainnya, Mesir merayakan Idul Fitri selama 4 hari. Berbagai jenis masakan berbahan dasar ikan menjadi menu wajib di negeri asal Piramida ini. Makanan pendamping juga disajikan seperti Fattah yakni makanan klasik Mesir yang terbuat dari daging, nasi, bawang, dan cuka serta Kahk, cookies kacang yang ditaburi gula tepung. Kahk sendiri memiliki sejarah yang cukup panjang. Resepnya pertama kali ditemukan oleh orang Mesir kuno sekitar tahun 1540-1307 SM.

2. Turki


Baklava | Sumber: istanbul.for91days.com

Terkenal dengan permen Turkish Delight atau lokum, tidak mengherankan kalau perayaan lebaran di Turki identik dengan makanan yang manis-manis. Selain itu, makanan khas Lebaran di Turki biasanya juga berbahan dasar tepung atau pastry. Nama makananannya adalah Baklava, yakni kue bertekstur berlapis dengan isi potongan kacang serta siraman sirup madu di atasnya.

3. India


Hyderabadi Haleem | Sumber: timescity.com

Pada malam sebelum Hari Raya yang disebut Chaand Raat, orang-orang dewasa di India akan membagikan hadiah, uang, dan makanan manis. Makanan lezat khas negeri Bollywood ini antara lain adalah Seviyan, Hyderabadi Haleem (sate daging domba), Kebab, dan Nihaari Gosht.

4. Maladewa


Gulha | Sumber: travelingeast.com

Maladewa merupakan sebuah negara kepulauan dengan hamparan pantai yang indah. Oleh sebab itulah makanan khas di negara ini lebih banyak terbuat dari hasil laut. Di Hari Raya Idul Fitri, umat Muslim Maladewa akan menyajikan gulha dan kulhi boakibaa. Gulha adalah cemilan berbentuk bola-bola yang berasal dari olahan ikan, hampir mirip dengan bakso. Sementara kulhi boakibaa adalah hidangan utama yang terbuat dari nasi dan ikan tuna.

5. Tiongkok


Sup Mie La Mian | Sumber: dining.grivy.com

Jumlah umat Muslim di Tiongkok semakin bertambah dan mengalami peningkatan setiap tahunnya. Saat merayakan Lebaran, umat Muslim di Tiongkok biasanya menyajikan sup mie la mian yang rutin menghiasi meja-meja makan setiap umat Muslim disana.

6. Pakistan


Sheer Kurma | Sumber: zeenews.india.com

Di Pakistan, kurma tidak hanya disajikan saat bulan puasa saja tetapu juga dihidangkan saat Lebaran. Namun, penyajiannya tentu lebih spesial. Kurma akan diolah menjadi sajian berbentuk puding, yakni Sheer Kurma. Kata Sheer Kurma sendiri berarti kurma susu dalam bahasa Urdu, yakni sebuah sajian puding yang dibuat dengan menggunakan vermicelli noodles.

Nah, itu dia beberapa makanan khas lebaran dari beberapa negara di dunia. Pengen cobain? Apa kamu masih setia sama ketupat dan opor ayam?

Turkuaz

Foto Turkuaz
Foto Turkuaz
Foto Turkuaz

Warung Turki

Foto Warung Turki
Foto Warung Turki
Foto Warung Turki

Fez-Kinara

Foto Fez-Kinara
Foto Fez-Kinara
Foto Fez-Kinara

Al-Jazeerah

Foto Al-Jazeerah
Foto Al-Jazeerah
Foto Al-Jazeerah

Joody Kebab

Foto Joody Kebab
Foto Joody Kebab
Foto Joody Kebab

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?