Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Makanan-makanan yang Wajib Dihindari Saat Bulan Puasa

List Artikel
14 Mei 2019 | 0 Komentar

Wah, bulan Ramadan udah tiba nih! Bakalan banyak makanan enak bersliweran tuh di pinggir-pinggir jalan. Eits, tunggu dulu! Pilihan asupan makanan saat bulan puasa penting lho. Jika kamu makan atau minum sembarangan, akibatnya akan buruk bagi kesehatan. Nah, daripada saat puasa malah sakit dan ibadahmu jadi terganggu, intip nih makanan dan minuman yang perlu dihindari saat berpuasa!


1. Makanan Asin


Sumber: www.theguardian.com


Saat sahur, kamu biasanya memilih makanan yang praktis untuk dimasak seperti telur dadar. Nah! Usahakan untuk menggunakan garam yang tidak terlalu banyak. Makanan asin bisa membuatmu gampang haus. Daripada puasamu batal, hindarilah makanan yang banyak mengandung garam.


2. Makanan yang Mengandung Keju dan Cokelat



Sumber : Pergikuliner.com


Makanan yang mengandung keju dan cokelat seperti cheese cake atau chocolate cake memang menggoda.  Apalagi saat perut keroncongan setelah seharian berpuasa. Meskipun begitu, sebaiknya hindarilah makanan yang mengandung keju dan cokelat. Kalau nggak bisa, jangan mengkonsumsi makanan tersebut secara berlebihan. Makanan yang mengandung keju ataupun cokelat sulit untuk dicerna. Oleh karena itu, lambung kamu memprosesnya dengan lebih lambat sehingga perut bisa menjadi kembung.


3. Kopi


Sumber : Pergikuliner.com


Semua orang tahu kalau kopi mengandung kafein yang sangat tinggi. Kafein pada kopi tersebut nggak baik untuk kesehatan lambung kamu Apalagi, saat berpuasa lambung kamu kosong selama lebih dari 14 jam sehingga asam lambung akan meningkat. Nah, kafein dalam kopi tersebut dapat merangsang produksi asam lambung. Produksi asam lambung yang berlebih akan membuatmu merasa mual.


4. Makanan yang Pedas dan Mengandung Banyak Merica



Sumber : Pergikuliner.com


Makanan pedas memang selalu bisa bikin selera makan kamu meningkat. Rasa pedas memang dapat meningkatkan nafsu makan seseorang. Tapi, berhati-hatilah saat mengkonsumsi makanan pedas karena makanan pedas dapat merusak dinding lambung karena dinding lambung sensitif terhadap pedas.


5. Permen Karet dan Gorengan



Sumber : Pergikuliner.com


Permen dan gorengan merupakan jenis makanan yang bisa memicu keluarnya asam lambung. Hindarilah makan permen dan gorengan saat berbuka puasa. Saat kamu berpuasa, perut akan sangat sensitif dan asam lambung mudah meningkat. Nah, asam lambung ini sangat berbahaya buat kesehatan kamu.


6. Makanan yang Mengandung Banyak Gula



Sumber : Pergikuliner.com


Mungkin kamu sering banget denger sebuah kalimat “berbukalah dengan yang manis”. Kalimat itu memang benar adanya. Tapi jangan salah paham dulu! Manis disini bukan manis dari kue atau es-es yang gulanya berlebihan, tapi lebih kepada manis yang terkandung dalam makanan seperti madu asli atau buah-buahan yang segar dan manis seperti kurma.


Itu dia tips makanan-makanan yang wajib kamu hindari saat bulan puasa. Boleh saja jika kamu mengkonsumsinya secara tidak berlebihan. Tapi ada baiknya kamu menghindarinya ya, teman PergiKuliner. Agar puasa kamu lancar hingga Hari Kemenangan. Mulai yuk, ganti menu buka puasa kamu dengan menu-menu yang sehat seperti di bawah ini!

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

Back Office Bistro

Foto Back Office Bistro
Foto Back Office Bistro

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Jamba Juice

Foto Jamba Juice
Foto Jamba Juice
Foto Jamba Juice

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?