Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Makanan yang Bisa Mencegah Terjadinya Kram, Kamu Sudah Tahu?

List Artikel
22 Oktober 2018 | 0 Komentar
Semua hal yang tercipta di dunia ini pasti ada batasannya, termasuk daya tahan tubuh. Jadi, sebaiknya kita memahami bahwa aktivitas yang mengharuskan otot tubuh bekerja ekstra keras juga punya konsekuensi, salah satunya adalah terjadinya kram. Kram merupakan kondisi otot ketika sebagian helai serat otot mengalami kontraksi yang nggak wajar dan menyebabkan ketidakmampuan bergerak. Kram memang biasa terjadi pada bagian-bagian tertentu dari tubuh seperti kaki, tangan, perut, dan bagian lainnya. Kram sendiri terjadi karena beberapa hal, mulai dari cedera dan kelelahan pada otot, dehidrasi, hingga gangguan syaraf. Namun untuk kram yang berasal dari pola hidup yang nggak seimbang, kita harus mencegahnya dari makanan yang kita konsumsi. Beberapa makanan ini dipercaya bisa membantu mengurangi kemungkinan terjadinya kram mendadak lho. Simak yuk!

1. Makanan Kaya Potassium



Sumber : PergiKuliner.com

Potassium sangat dibutuhkan oleh tubuh karena manfaatnya yang luar biasa. Beberapa manfaat dari potassium antara lain adalah menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh, menjaga sel-sel dalam tubuh agar tetap dalam keadaan baik, dan juga membantu kontraksi pada otot tubuh. Beberapa makanan yang dipercaya mengandung potassium antara lain adalah buah-buahan seperti pisang, alpukat, melon, strawberry, jeruk, berbagai macam sayuran seperti bayam, bit, kacang polong, kentang, dan buncis.

2. Makanan Mengandung Kalsium



Sumber : PergiKuliner.com

Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium juga penting untuk menghindarkan otot dari kram. Kalsium sangat dibutuhkan tubuh untuk menguatkan tulang dan gigi serta mencegah kram. Beberapa makanan yang banyak mengandung kalsium antara lain adalah keju, yoghurt, kacang-kacangan, susu, dan beberapa jenis sayuran seperti bayam, sawi, dan brokoli.

3. Makanan Berkarbohidrat



Sumber : PergiKuliner.com

Banyak yang belum tahu kalau makanan seperti makaroni dan pasta punya tingkat glikogen yang sangat bagus, jika dibandingkan dengan roti beras atau nasi. Selain itu, makaroni dan pasta yang terbuat dari gandum sangat baik menggantikan energi yang hilang setelah olahraga, sekaligus dapat mencegah kram otot. Menjaga karbohidrat dalam tubuh sangat penting, karena ketika kamu kelelahan, potensi otot mengalami kram juga tinggi.

4. Konsumsi Air Putih



Sumber : Mastersalam.com

Cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kram adalah dengan konsumsi air putih yang cukup setiap hari. Manfaat air putih untuk kehidupan manusia sangatlah banyak, dan salah satunya adalah dapat mengurangi resiko terkena kram otot tubuh. Selain rutin mengkonsumsi air putih setiap hari, kamu juga harus rutin melakukan olahraga, karena dengan berolahraga maka otot menjadi lebih baik lagi kesehatannya. Otot juga nggak mudah kejang ketika otot tersebut rutin digerakkan setiap harinya.

Nah, itu dia makanan-makanan yang bisa mengurangi kemungkinan terjadinya kram mendadak. Dengan rajin mengkonsumsi makanan tersebut maka kita akan terhindar atau setidaknya dapat mengurangi resiko terkena kram baik karena olahraga maupun karena kekurangan zat tertentu dalam tubuh. Semua makanan yang dibahas di atas itu bisa kamu temukan di beberapa referensi tempat makan berikut ini ya!

The Young Dong

Foto The Young Dong
Foto The Young Dong

Sour Sally

Foto Sour Sally
Foto Sour Sally
Foto Sour Sally

Warung Pasta

Foto Warung Pasta
Foto Warung Pasta
Foto Warung Pasta

Oso Ristorante Indonesia

Foto Oso Ristorante Indonesia
Foto Oso Ristorante Indonesia

Willie Brothers Steak and Cheese

Foto Willie Brothers Steak and Cheese
Foto Willie Brothers Steak and Cheese

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?