Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Manfaat Emping Melinjo untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

List Artikel
14 April 2016 | 1 Komentar

Melinjo biasanya digunakan sebagai pelengkap dalam sayur asam. Selain bisa dijadikan sayur, melinjo juga bisa dibuat emping. Kamu tentu tahu dong apa itu emping? Emping adalah makanan ringan yang terbuat dari melinjo yang sebelumnya disangrai terlebih dahulu baru kemudian dihancurkan atau ditumbuk hingga pipih/gepeng lalu dikeringkan di bawah sinar matahari.


Biasanya emping melinjo banyak ditemui pada jenis makanan Indonesia seperti bubur, soto, nasi kuning, dan lainnya. Selain sebagai pelengkap makanan, emping juga bisa dibuat sebagai cemilan seperti emping balado atau emping manis. Adapun manfaat yang terkandung di dalam emping melinjo yang perlu kamu ketahui, antara lain sebagai:


1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan yang sangat tinggi pada melinjo, bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari tubuh dari serangan radikal bebas.


2. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini bisa disebabkan karena serangan radikal bebas yang bisa membuat penampilan kulit menjadi lebih tua. Penuaan dini ditandai dengan kulit yang semakin keriput, bintik hitam, dan kulit yang tidak elastis. Kandungan bahan antioksidan alami dalam buah melinjo dapat mencegah penuaan dini, oleh karena itu dianjurkan untuk mengonsumsi emping melinjo secara teratur.


3. Memperkuat daya ingat

Kandungan antioksidan buah melinjo juga bisa membantu meningkatkan daya ingat. Buah melinjo bisa memperkuat daya ingat karena bisa mendukung pertumbuhan sel-sel aktif dalam otak dan darah.


4. Melancarkan urin

Ketika urin tidak lancar maka semua sistem kemih bisa bermasalah. Ada berbagai penyebab seperti bakteri dan sistem kemih yang memang tidak lancar. Untuk mengatasi hal ini maka kamu bisa mengonsumsi buah melinjo. Namun jika tidak efektif maka bisa mencoba menggunakan uap dari buah melinjo yang direbus.


5. Mencegah anemia

Penyakit anemia bisa terjadi karena tubuh kehilangan sel darah merah yang bisa menyebabkan tidak ada oksigen cukup dalam tubuh. Kemudian anemia akan menyebabkan tubuh menjadi lebih lemah, lelah, dan tidak bersemangat. Sakit kepala dan pusing menjadi gangguan utama yang menyebabkan tubuh menjadi semakin lemah. Mengonsumsi emping melinjo terbukti dapat menghilangkan gejala anemia 


Nah itulah beberapa manfaat dari emping melinjo. Tapi perlu diingat, mengonsumsi sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baikEmping melinjo tinggi akan zat purin yang dapat menyebabkan asam urat. Jadi untuk kamu yang memiliki riwayat asam urat dan darah tinggi, hati-hati ya saat mengonsumsi emping melinjo. Semoga bermanfaat!


Soto Oseng MooMoo

Foto Soto Oseng MooMoo
Foto Soto Oseng MooMoo
Foto Soto Oseng MooMoo

Omah Sendok

Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok

QQ Kopitiam

Foto QQ Kopitiam

Sop Buntut Bogor Cafe

Foto Sop Buntut Bogor Cafe

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
Sangat bermafaat
ade56@gmail.com | 03 Dec 2023 pk. 09:58 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?