Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mari Cari Tahu Tentang Minuman Beralkohol Yang Terkenal dari Beberapa Negara!

List Artikel
27 April 2017 | 2 Komentar

Kamu pasti sudah tahu kalau khir-akhir ini sudah banyak tempat nongkrong tersebar di seluruh Jakarta kan ? Bukan hanya coffee shop saja lho, sekarang ini banyak tempat nongkrong yang menyediakan minuman beralkohol dan yang disajikan bukan cuma bir saja. Nah, kalau di Indonesia ini terkenal dengan arak balinya, bagaimana dengan negara lain?


1. Soju



sumber: pergikuliner.com

Bagi cewe-cewe pecinta drama Korea pasti tidak asing dengan minuman beralkohol ini. Pada dasarnya, soju ini terbuat dari alkohol murni jenis ethanol yang diambil dari beras, ubi atau singkong, yang dicampur dengan air. Selain itu, soju juga bisa dicampurkan dengan minuman lain seperti somaek (campuran soju dengan bir) atau flavoured soju yang bisa terbuat dari campuran soju dengan buah atau yogurt. Terdapat juga poktanju yang terdiri satu sloki soju di campur dengan satu pint bir.


2. Sake


sumber : pergikuliner.com 

Minuman yang satu ini berasal dari Jepang yang mengandung 18-20% alkohol jika tidak dicampur dengan air. Biasanya sake terbuat dari alkohol yang berasal dari beras yang difermentasi. Berbagai macam sake yang diproduksi mempunyai metode pembuatan yang berbeda, seperti genshu yang mempunyai kadar alkohol 18-20% karena tidak dicampur dengan air. Lalu ada juga koshu, sake yang berumur puluhan tahun, dengan mempunyai karakteristik berwarna kuning dan mempunyai rasa seperti madu.   


3. Gin


sumber: morningadvertiser.co.uk

Banyak dari kamu pasti belum pernah mendengar juniper berries. Nah, gin ini terbuat dari buah dari pohon yang biasa disebut di Indonesia sebagai cemara. Minuman dari Inggris ini ternyata dulunya pernah digunakan sebagai obat herbal lho, sebelum dikonsumsi sebagai minuman. Gin juga menjadi bahan dasar beberapa cocktails yang biasa disajikan di bar-bar seperti, martini (gin dan dry vermouth) dan Singapore sling (gin dan beberapa jus buah).


4. Vodka



sumber : bestvodka.net

Hampir sama dengan soju dan sake, vodka terbuat dari alkohol ethanol yang diambil dari sereal gandum dan kentang yang diferementasi. Namun, untuk pembuatan vodka jaman sekarang banyak yang menggunakan bahan lain sebagai dasarnya, seperti buah-buahan dan gula. Selain bisa diminum murni, vodka juga biasa dicampur dengan bahan lain menjadi cocktails seperti Bloody Mary yang merupakan campuran dari vodka dan jus tomat, serta rempah-rempah lainnya.


5. Whiskey


sumber: boozebay.com

Whiskey terbuat dari alkohol yang berasal dari biji-bijian seperti jagung, gandum dan barley yang dikeringkan (malted). Pada proses pembuatannya, whiskey disimpan di dalam tong kayu untuk proses pematangan. Jadi, whiskey yang sudah bertahun-tahun di dalam botol tidak lebih “tua” dan belum tentu mempunyai rasa yang lebih enak dari whiskey yang disimpan di dalam tong kayu dengan durasi yang sama. Kalau kamu sering mendengar single malt whiskey, itu merupakan whiskey yang terbuat dari satu jenis biji-bijian yang dikeringkan.


Kalo kamu termasuk pecinta minuman beralkohol dan lagi cari tempat minum yang enak di Jakarta, kamu bisa mencicipi minuman-minuman di atas baik murni maupun dijadikan sebagai cocktail di beberapa tempat berikut ini!

Hangover House of Soju

Foto Hangover House of Soju
Foto Hangover House of Soju

Oppa House of Soju

Foto Oppa House of Soju

Mau tau dimana saja tempat minum di wilayah JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek pergikuliner.com dulu ya sebelum pergi kulineran!


Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
Keren
johaneko007@gmail.com | 10 Apr 2019 pk. 10:43 AM
Foto user umum
kapan kapan harus cobain guys https://troughrizchalsmind.blogspot.com/2022/11/mmacam-macam-alkohol-berdasarkan-bahan.html
rizchalfi | 02 Dec 2022 pk. 01:03 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?