Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mau Melelehkan Keju? Ada Aturannya Lho!

List Artikel
26 September 2018 | 0 Komentar
Sudah nggak diragukan lagi, keju leleh ternyata memang lebih disukai masyarakat ketimbang keju biasa. Meski dengan harga yang biasanya relatif lebih mahal, namun tetap saja makanan yang menggunakan keju leleh tersebut lebih kekinian dan laku di pasaran. Sebenarnya melelehkan keju nggak sulit kok, namun tetap ada aturan yang harus kamu perhatikan agar keju dapat meleleh sempurna. Selain memperhatikan jenis keju, kita juga perlu memperhatikan teknik pemanasannya juga lho sehingga bisa menghasilkan benang-benang keju yang mulur. Biar nggak gagal coba disimak yuk beberapa hal berikut ini!

1. Menggunakan Keju Sesuai Resep

Sumber : Strongertogether.coop

Sebaiknya tetap ikuti petunjuk resep ya jika mau membuat keju leleh, nggak perlu bereksperimen dengan menambahkan atau mengganti keju lain yang nggak dianjurkan. Ini karena jenis keju yang sama belum tentu memiliki sifat leleh yang sama.
Sebagai contoh, saus fondue keju ala Swiss tidak tepat jika dibuat dengan keju mozzarella.

2. Memilih Jenis Keju

Sumber : Gulfood.com

Kemampuan leleh sebuah keju nggak bisa diketahui hanya dari tekstur atau nutrisinya saja, karena pada dasarnya keju meleleh dengan banyak cara. Jika kamu ingin melelehkan keju tentunya kamu harus tahu jenis keju yang bisa meleleh sempurna. Kamu bisa mencoba jenis-jenis keju seperti keju reblochon dari Paris, keju provolone, mozarella, gruyere, fontina, gouda, asiago, dan tallegio. Jenis keju tersebut biasa digunakan sebagai topping pizza, isian kroket, ditambahkan dalam pasta panggang, dibuat untuk polenta, mashed potato, risotto, atau souffles.

3. Hati-hati Dalam Memanaskannya

Sumber : Wikihow.com

Dibutuhkan kehati-hatian saat memanaskan keju tersebut. Pasalnya jenis keju yang tepat pun bila dipanaskan dengan metode yang kurang tepat akan gagal meleleh dengan sempurna. Berikut tahap-tahap yang bisa dilakukan:
  • Parut Keju

Sumber : Pixabay.com

Kamu boleh memarut keju dengan pisau, parutan, maupun food processor. Dengan memarut keju, maka area yang kontak dengan panas semakin banyak. Sehingga waktu untuk memanaskan keju berkurang alias keju bisa meleleh lebih cepat.

  • Perhatikan Suhu Ruang

Sumber : PergiKuliner.com

Perhatikan suhu keju sebelum dilelehkan. Sebaiknya biarkan keju terlebih dahulu di suhu ruang sebelum dipanaskan. Langkah ini akan mengurangi waktu pemanasan keju dalam proses pelelehan, sehingga akan membuat keju meleleh lebih cepat. Karena pemanasan berlebihan akan membuat keju leleh yang dihasilkan terlalu berminyak atau liat.

  • Gunakan api kecil
Sumber : PergiKuliner.com

Faktanya keju akan lebih bagus dipanaskan dengan suhu rendah. Protein dalam keju lebih mungkin mengeluarkan banyak lemak dan kehilangan kelembaban jika dipanaskan dengan suhu tinggi.

Itu dia hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melelehkan keju agar hasilnya sempurna. Semakin sempurna bentuknya tentu akan semakin enak juga dong rasanya? Nah berikut ini ada beberapa tempat yang menggunakan keju sebagai bahan masakannya yang bisa kamu catat di list-mu ya! Jangan lupa download aplikasi PergiKuliner ya untuk tahu lebih banyak dan lebih lengkapnya.

Master Cheese Pizza

Foto Master Cheese Pizza
Foto Master Cheese Pizza

An.Nyeong

Foto An.Nyeong
Foto An.Nyeong

Willie Brothers Steak and Cheese

Foto Willie Brothers Steak and Cheese
Foto Willie Brothers Steak and Cheese
Foto Willie Brothers Steak and Cheese

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?