Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mencicipi Sarapan Enak dari Seluruh Dunia di Jakarta

List Artikel
26 Maret 2015 | 0 Komentar
Pagi hari merupakan waktu makan paling penting dalam satu hari. Mungkin banyak dari kamu sudah sering membaca deretan artikel mengenai manfaat sarapan, salah satunya sebagai sumber energi sebelum beraktifitas. Agar tidak bosan, sebaiknya menu sarapan yang kamu santap bervariasi setiap harinya. Bisa dengan memasak sendiri, atau bisa juga beli. Dengan banyaknya tempat makan yang menyajikan aneka makanan yang cocok untuk sarapan, kamu tidak perlu bingung lagi untuk memilih, dari sarapan khas Indonesia, seperti nasi goreng atau nasi uduk hingga croissant dan kopi yang biasa dikonsumsi masyarakat Perancis setiap pagi. Apalagi dengan banyaknya kafe yang menjamur, masyarakat Indonesia tentunya sudah terbiasa ya menyeruput kopi dan menyantap roti di pagi hari.

Psstt! Kamu bisa klik gambar-gambar di bawah ini untuk lihat list restoran yang menyajikan menu-menu ini lho!

1. Nasi Goreng, Indonesia


Sudah tidak diragukan lagi bahwa hidangan olahan nasi ini adalah makanan favorit masyarakat Indonesia. Mudah dimasak, simpel dan tentu saja enak, biasa dimasak menggunakan kecap manis dengan aneka isi seperti daging ayam dan telur menjadikannya beda dari nasi goreng dari negara lain yang cenderung berwarna putih atau pucat. Bahkan, wisatawan maupun tokoh - tokoh dunia sudah mengakui bahwa nasi goreng khas Indonesia itu memang lezat. Salah satu rekomendasi dari PergiKuliner adalah nasi goreng dari T&T Noodle.

2. Nasi Lemak, Malaysia


Soal makanan untuk sarapan, warga Malaysia tidak berbeda jauh dengan Indonesia, olahan nasi lah yang menjadi pilihan. Namun, sarapan favorit di Malaysia adalah nasi lemak, yang biasa di Indonesia disebut sebagai nasi uduk. Yang membedakan keduanya adalah bumbu yang digunakan pada nasi uduk lebih beragam walaupun bahan utama yang digunakan untuk keduanya sama, yaitu santan. Di Jakarta, nasi lemak bisa ditemui di restoran peranakan seperti Tjap Toean. Nasi babah, sebutan nasi lemak di buatan Tjap Toean, mempunyai rasa yang gurih dan berwarna kebiruan yang dihasilkan dari bahan alami. Jadi tenang saja, tidak berbahaya untuk tubuh kok!

3. Bubur, TiongKok


Kalau bicara soal bubur, pasti sudah tidak asing lagi ya. Bahkan, banyak dari masyarakat Indonesia juga menyantap bubur sebagai pilihan makan pagi. Yang unik dari bubur asal TiongKok ini, masyarakat disana suka menambahkan telur phitan ke dalam sarapan bubur mereka. Telur phitan ini berwarna hitam dan mempunyai tekstur yang kenyal seperti agar - agar. Biasanya telur phitan ini terkenal akan baunya yang menyengat. Nah, kalau di Jakarta, bubur seperti ini bisa dijumpai di restoran Ta Wan yang sudah banyak cabangnya di mana - mana. Selain telur phitan, Ta Wan juga memberikan isian lain seperti ayam, ikan dan Cakwe ke dalam buburnya.

4. Croissant dan Kopi, Italia dan Perancis


Masyarakat di kedua negara di benua Eropa ini lebih memilih sarapan yang simpel dengan porsi secukupnya. Croissant dan kopi, menjadi pemandangan pagi biasa di sana. Tak heran jumlah kafe dan toko roti di kedua negara tersebut sangatlah banyak. Bahkan, di Perancis, bisa terdapat 5 buah bakeri dalam satu blok! Beberapa tahun belakangan ini, di Jakarta sendiri sudah mulai banyak bermunculan kedai kopi dan juga berbagai jenis bakeri, sebut saja yang sedang populer akhir - akhir ini, Sophie Authentique French Bakery. Setiap pastry dan roti yang disajikan dibuat langsung oleh tangan dingin sang pemilik yang asli orang Perancis.

5. Churros, Spanyol



Mungkin sebagian dari kamu baru tahu kalau churros di negara asalnya, dimakan terutama pada saat sarapan. Padahal kalau dilihat dari rasa yang manis dan penampilannya, donat ala Spanyol tersebut lebih cocok disantap sebagai hidangan penutup. Mungkin hidangan manis yang kaya akan karbohidrat ini bisa menjadi sumber energi yang baik sepanjang hari. Apalagi rasanya yang enak, dicelup ke dalam saus cokelat yang lezat, tidak heran orang Spanyol menjadikannya sebagai sarapan. Kalau di Indonesia sendiri, churros ini disantap sebagai hidangan penutup ataupun kudapan. Kamu bisa menyantap churros enak di Churreria yang mempunyai berbagai variasi olahan churros yang lezat. 

6. Pancake, Amerika



Kamu mungkin sudah sering melihat di film - film Hollywood para aktor dan aktris menyantap sarapan seperti sereal atau yang paling terkenal, pancake. Pancake merupakan adonan tepung, susu dan telur yang digoreng dan biasa diberi topping madu, buah - buahan dan selai. Bahkan, para penjaja pancake sekarang menambahkan topping yang asin juga seperti keju untuk menjadi sarapan yang lengkap, seperti di Pancious atau Nanny's Pavillon. Walaupun di Indonesia pancake jarang menjadi makanan utama untuk sarapan, masyarakat Indonesia tetap gemar menyantap karbohidrat satu ini sebagai hidangan penutup atau bahkan makanan utama.

7. Kaya Toast, Singapura



Roti panggang garing diisi dengan selai kaya buatan rumah ditemani dengan kopi atau teh dan juga telur rebus setengah matang. Begitulah masyarakat di Singapura memulai hari mereka. Hampir di sepanjang jalan atau food court, selalu ada saja yang menjual makanan wajib untuk sarapan di Singapura ini. Salah satu yang terkenal dan sudah mendunia, termasuk juga membuka cabangnya di Indonesia, Ya Kun Kaya Toast memang selalu menyajikan kaya toast yang tidak perlu diragukan lagi kelezatannya.

8. Loco Moco, Hawaii


Mungkin makanan khas Hawaii satu ini masih asing di telinga ya. Namun, sudah ada beberapa restoran Hawaii yang buka di Jakarta dan menyajikan Loco Moco sebagai menu utama, seperti Hawaiian Bistro atau restoran baru dari Union, Benedict. Loco Moco ini merupakan hidangan nasi dengan lauk yaitu daging dan telur mata sapi dan tidak lupa sayuran sebagai pendamping.

9. Pho, Vietnam


Hidangan mie dengan kuah kaldu sapi beserta daging sapi yang diiris tipis dan juga aneka sayur menjadi favorit orang Vietnam untuk dijadikan sarapan. Rasa kaldunya yang sangat kuat membuat setiap kali menghirupnya terasa begitu segar dan tidak bisa berhenti makan! Beberapa restoran favorit di Jakarta untuk menyantap hidangan khas Vietnam ini adalah Madame Ching. Restoran tersebut tidak hanya  menjual pho saja namun juga hidangan - hidangan khas Vietnam lainnya yang patut dicoba. 

10. Wurst, Jerman


Wurst ini adalah homemade sosis dari Jerman yang bisa terbuat dari daging sapi atau babi. Biasanya Wurst mempunyai bentuk yang lebih besar dari sosi beku yang biasa ditemukan di supermarket. Kalau di Jakarta, Wurst ini bisa ditemukan di restoran - restoran Jerman seperti Ya Udah Bistro dan juga Paulaner Brauhaus. Wurst disajikan dengan hidangan pendamping seperti salad dan berbagai olahan kentang.

11. Misua, Taiwan


Misua merupakan mie tipis dan lembut yang terbuat dari tepung gandum. Di Taiwan, biasanya hidangan ini dimakan pada saat pagi hari dan bisa dimasak dengan berbagai cara, seperti ditumis dengan daging dan sayur atau dijadikan sup. Hidangan yang paling sering ditemui di Jakarta ini adalah misua dalam bentuk sup dan biasanya dijual oleh restoran - restoran atau kedai - kedai makanan khas Taiwan, seperti Shihlin dan Taiwanese Tea & Coffee.  

Wah, begitu banyak dan unik aneka sarapan di berbagai negara bisa menjadi alternatif buat kamu yang ingin mencoba hal - hal baru. Banyak restoran - restoran di Jakarta yang menyajikan makanan - makanan tersebut sehingga kamu bisa bebas memilih kesukaan kamu. Selamat mencoba!

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?