Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengapa Daging Mentah yang Dimarinasi Tidak Boleh Lama Disimpan di Kulkas?

List Artikel
29 Agustus 2020 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang merupakan penggemar daging? Daging sangat kaya akan sumber protein hewani di dalamnya dan bisa diolah menjadi berbagai macam masakan lezat. Meski bisa dijadikan olahan seperti kornet, nugget, sosis, hingga daging burger, namun daging akan terasa lebih lezat jika disantap dalam keadaan utuh alias tidak dijadikan menjadi aneka olahan. Hal ini dikarenakan tekstur dan serat dagingnya masih terasa. Sebelum diolah, biasanya daging mentah tersebut dimarinasi terlebih dahulu supayacitarasanya lebih terasa. Sayangnya kebanyakan orang memarinasi daging dalam jumlah banyak dan menyimpannya dikulkas dalam jangka waktu yang lama. Tahukah kamu kalau daging mentah yang dimarinasi tak boleh lama disimpan di kulkas. Apa alasannya? Coba kita cari tahu di bawah ini!


Sumber: Smokingmeetgeeks.com


Merubah Tekstur Daging

Daging mentah yang dimarinasi jika terlalu lama disimpan dalam kulkas ternyata bisa merubah tekstur dagingnya. Daging lebih mudah berair sehingga cairan yang keluar tersebut akan membeku dan membuat daging diselimuti oleh es. Ketika dikeluarkan dari kulkas dan dimasak, maka es tersebut akan meleleh dan merusak tekstur daging menjadi hancur alias tidak kenyal lagi.


Merubah Cita Rasa 

Daging mentah yang dimarinasi dan disimpan dalam kulkas terlalu lama tak hanya bisa merusak teksturnya, tapi juga bisa merubah cita rasanya.Hal ini dikarenakan bumbu marinasinya. Daging memang tidak mudah basi, tapi bagaimana dengan bumbu marinasinya. Kesegaran bumbu marinasi juga bisa berkurang jika semakin lama disimpan. Biasanya bumbu marinasi yang menggunakan bumbu segar akan lebih cepat berubah rasanya jika dimarinasikan pada daging mentah.


Menjadi Sarang Bakteri

Daging mentah yang dimarinasi memang sebaiknya tidak boleh terlalu lama disimpan dalam kulkas karena rentan menjadi sarang bakteri. Seperti yang kita ketahui, daging mentah sangat rentan terhadap bakteri, apalagi jika daging tersebut dimarinasi. Daging mentah yang dimarinasi pastinya sudah ada beberapa bahan lainnya yang disertakan dalam daging dan bisa memungkinkan berkembangnya bakteri sehingga kamu disarankan tidak menyimpannya lama dalam kulkas.


Rentan Terjadinya Kontaminasi Silang

Kontaminasi silang adalah kontaminasi yang terjadi dari satu bahan makanan ke makanan lainnya. Hal ini biasanya terjadi dari bahan mentah yang belum matang seperti seafood mentah, ayam mentah, serta daging mentah. Menyimpan daging mentah yang telah dimarinasi bisa mempertinggi kemungkinan terjadinya kontaminasi silang ke sayur dan buah yang ada di dalam kulkas.

 

Membuat Aroma Kulkas Tidak Sedap

Alasan yang terakhir dari tidak disarankannya menyimpan daging mentah yang dimarinasi dalam kulkas terlalu lama adalah karena bisa membuat aroma kulkas tidak sedap. Apalagi jika cara penyimpanannya tidak benar seperti tidak disimpan dalam wadah kedap udara atau hanya dibungkus plastik saja. Jika ingin mengimpan daging mentah yang dimarinasi, sebaiknya simpan dalam wadah yang tertutup rapat atau kedap udara.

 

Itulah beberapa alasan mengapa daging mentah yang dimarinasi tidak boleh terlalu lama disimpan dalam kulkas. Sebaiknya jika ingin menyimpan daging yang telah dimarinasi, kamu bisa melakukannya antara 1-2 hari saja agar kesegaran, tekstur, dan cita rasa daging tetap terjaga.

Beef Boss

Foto Beef Boss
Foto Beef Boss
Foto Beef Boss

Steak 21 Buffet

Foto Steak 21 Buffet
Foto Steak 21 Buffet
Foto Steak 21 Buffet

Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Street Steak

Foto Street Steak
Foto Street Steak
Foto Street Steak

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?