Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengapa Kita Selalu Tergiur Melihat Iklan Makanan? Ini Alasannya!

List Artikel
24 Maret 2020 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang seringkali atau bahkan selalu tergiur saat melihat iklan makanan, baik itu yang ada di media televisi, YouTube, hingga sosial media. Sekitar 90% orang kebanyakan akan tergiur dengan mudah ketika melihat sebuah iklan yang muncul. Setelah melihat iklan tersebut bahkan ada yang langsung membelinya karena ingin sekali menikmati makanan tersebut. Kejadian seperti ini memang sudah biasa terjadi. Oleh karena itu, para pengusaha makanan selalu berusaha semaksimal mungkin untuk membuat iklan produk makanan mereka sebagus mungkin. Lantas memangnya apa sih sebenarnya yang bisa membuat kita mudah sekali tergoda hanya dengan melihat iklan makanan? Padahal kita tidak melihatnya secara langsung atau mencium aromanya. Nah, PergiKuliner akan menguaknya untukmu nih!



Sumber : Pergikuliner.com 


1. Adanya Cuplikan Kelezatan Makanan yang Ditampilkan

Pernahkah kamu melihat ada iklan makanan yang tidak menunjukkan kelezatan dari makanan tersebut? Biasanya iklan makanan tampil dengan tampilan bagaimana kelezatan makanan tersebut. Dengan adanya cuplikan kelezatan dari makanan tersebut, maka akan ada pengaruh kepada sisi non verbal dalam otak sehingga menimbulkan rasa ingin icip pada saat melihatnya. Untuk mempermudah kamu memahaminya, sebagai contoh dalam iklan pizza. Pastinya akan ada visual tentang bagaimana bagian keju mozarella pada pizza ditarik dan disantap dengan mudah. Poin keju yang mudah ditarik ini memang kerap kali menggodamu. Contoh lainnya adalah pada iklan ayam goreng tepung, biasanya akan ada visual tentang sekriuk dan segaring apakah ayam goreng tepung tersebut.

 

2. Visual Cliches Bisa Mempengaruhi Otak

Visual cliches dalam dunia periklanan memang terbilang sudah lama dilakukan, tapi hingga saat ini masih tetap dipertahankan karena memang benar-benar bisa menarik orang untuk memiliki rasa ingin mencoba. Visual clichessekarang lebih dikenal dengan nama foodporn. Jadi nantinya ada penggabungan antara tampilan visual makanan yang apik dengan visual kenikmatan orang yang menyantap makanan tersebut. Coba saja kita perhatikan saat ada iklan makanan yang muncul di televisi, pasti ada scene di mana orang menyantap makanan lezat tersebut dengan sangat nikmat.

 

3. Mata yang Menangkap Visual Menarik

Mata adalah indra yang biasanya menangkap pertama kali iklan yang sedang ditayangkan. Oleh karena itu tak heran kalau pembuatan iklan makanan terkadang menggunakan trik-trik tertentu agar visual makanan tersebut terlihat menarik. Karena jika tampilan visualnya tidak menarik, siapa yang ingin menyantapnya? Dengan adanya visual yang menarik, pandangan mata biasanya tak bisa lepas dari iklan makanan tersebut.

 

4. Suara Bisa Mempengaruhi Otak dan Indra Perasa

Alasan logis yang terakhir adalah ternyata suara yang timbul pada iklan bergerak bisa mempengaruhi otak dan indra perasamu. Coba saja perhatikan ketika ada iklan mie instan rebus di televisi, pasti ada adegan orang yang menyeruput mienya lengkap dengan suara “slurrpp”. Nah, ketika mendengarnya akan ada sinyal yang dikirimkan ke otak yang membuatmu menginginkan untuk ikut menyantapnya.

 

Sekarang kamu sudah tahu kan apa saja alasan logis mengapa kita selalu tergiur dengan iklan makanan? Nah, kalau suatu saat iklan itu muncul dan seketika kamu jadi tergiur, langsung datangi aja ya restorannya! Berikut ini ada beberapa referensi makanan yang juga bisa kamu kunjungi ya!

 

Carl's Jr.

Foto Carl's Jr.
Foto Carl's Jr.
Foto Carl's Jr.

Yoshinoya

Foto Yoshinoya
Foto Yoshinoya
Foto Yoshinoya

McDonald's

Foto McDonald's
Foto McDonald's

Pizza Hut

Foto Pizza Hut
Foto Pizza Hut
Foto Pizza Hut

Burger King

Foto Burger King
Foto Burger King
Foto Burger King

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?