Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengapa Kita Tidak Nafsu Makan Saat Sedang Sakit?

List Artikel
5 April 2020 | 0 Komentar

Sakit memang suatu hal yang tidak ingin dialami siapapun juga. Saat tubuh sedang sakit, biasanya kita cenderung tidak nafsu makan. Apapun makanan dan minuman yang masuk biasanya akan terasa pahit saat dirasakan. Rata-rata orang hanya bisa menghabiskan makanan kurang lebih 1 piring saja per harinya. Tak heran kalau badan kita pasti akan merasa lemas karena kekurangan asupan karbohidrat. Tapi sebenarnya apa sih alasannya mengapa kita cenderung tidak nafsu makan saat sedang sakit? Ini dia alasan ilmiahnya!

 



Sumber : Pergikuliner.com


1. Respon Perlawanan Sistem Imun Tubuh

Alasan yang pertama adalah karena adanya respon perlawanan sistem imun tubuh. Jadi pada saat kita sedang sakit, apalagi sakit yang dikarenakan bakteri dan virus, maka tubuh akan melakukan perlawanan. Perlawanan yang dilakukan oleh tubuh ini bisa membuat nafsu makan berkurang. Dengan sedikitnya makanan yang masuk, maka sel dalam tubuh dapat memperbaharui dirinya sendiri dengan cepat berhubung makanan yang perlu diserap oleh tubuh tidaklah banyak. Tapi dalam keadaan normal, tubuh akan lebih lama memperbaharui sel berhubung banyak makanan yang perlu diserap oleh tubuh.

 

2. Mencerna Makanan Butuh Tenaga

Saat kita sedang sakit ternyata tubuh membutuhkan energi yang ekstra. Hal ini dikarenakan saat sakit, tubuh akan membutuhkan energi untuk melawan virus dan bakteri penyebab sakit. Berhubung tenaga disalurkan untuk melawan virus, tubuh akan kekurangan tenaga untuk menyantap makanan sehingga kamu bisa malas atau tidak nafsu makan. Berkurangnya makanan yang masuk juga bisa membantu tubuh lekas sembuh karena makanan yang disantap tak hanya bisa diserap oleh tubuh, tapi juga oleh bakteri dan virus yang ada. Tidak semua makanan yang kamu makan bisa diserap oleh bakteri atau virus, makanan sehat justru bisa melawan virus dan bakteri dengan baik. Tetapi jika kamu menyantap makanan yang tidak sehat, maka bakteri dan virus akan menyerapnya.

 

3. Obat yang Dikonsumsi Juga Punya Pengaruh

Orang yang sedang pastinya akan mengonsumsi obat-obatan tertentu. Seperti yang kamu ketahui, kebanyakan obat punya cita rasa yang pahit sehingga saat sedang mengkonsumsinya, lidah akan lebih peka terhadap rasa pahit sehingga ketika kita akan memasukkan makanan dengan cita rasa lain, lidah akan menjadi kebal alias tidak bisa merasakan cita rasa lainnya dengan optimal. Hal ini tentu saja berujung pada kurangnya nafsu makan karena apapun yang masuk ke mulutmu akan terasa tidak enak rasanya.

 

Saat sakit, kita boleh-boleh saja kehilangan nafsu makan, tapi bukan berarti kamu tidak menyantap makanan apapun atau hanya makan seperlunya saja. Konsumsilah makanan yang bergizi tinggi sehingga tubuh bisa pulih dengan lebih cepat. Jangan lupa juga untuk beristirahat dengan baik agar tubuh bisa meningkatkan sistem imun dengan lebih baik lagi. Daripada tidak ada asupan makanan sama sekali yang masuk ke dalam tubuhmu, lebih baik makan yang mudah dicerna aja yuk seperti bubur. Untuk referensinya bisa lihat di bawah ini ya!

Bubur Cap Tiger

Foto Bubur Cap Tiger
Foto Bubur Cap Tiger
Foto Bubur Cap Tiger

Bubur Ayam Alfa

Foto Bubur Ayam Alfa
Foto Bubur Ayam Alfa
Foto Bubur Ayam Alfa

Bubur Kwang Tung

Foto Bubur Kwang Tung
Foto Bubur Kwang Tung
Foto Bubur Kwang Tung

Bubur Angke THI

Foto Bubur Angke THI
Foto Bubur Angke THI
Foto Bubur Angke THI

Bubur Singkawang Ajun

Foto Bubur Singkawang Ajun
Foto Bubur Singkawang Ajun
Foto Bubur Singkawang Ajun

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?