Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal 5 Jenis Madu, Mulai dari Madu Hitam hingga Madu Putih

List Artikel
29 November 2022 | 0 Komentar

Madu merupakan salah satu makanan yang sangat kaya akan nutrisi di dalamnya. Nutrisi di dalamnya membuat madu kaya akan zat anti inflamasi, anti bakteri, dan anti oksidan. Madu dihasilkan dari lebah yang mengambil sari dari bunga. Madu memiliki rasa yang sangat manis. Meski  rasanya manis, madu justru menyehatkan karena rasa manis yang diberikan adalah manis alami. Inilah salah satu alasan mengapa madu seringkali digunakan sebagi campuran pemanis pada makanan atau minuman. Tapi tahukah kamu kalau ternyata madu ini ada banyak sekali jenisnya? Ada banyak sekali jenis madu dan lima di antaranya ini adalah yang paling populer di Indonesia, yaitu:

 

1. Madu Hutan


Sumber: safeharvest.com


Madu hutan menjadi jenis madu yang paling terkenal di Indonesia dan yang paling mudah dijumpai. Madu hutan merupakan madu mentah yang berasal dari habitat alami lebah yang ada di hutan, bukan di peternakan. Banyaknya hutan yang ada di Indonesia membuat hasil madu hutan di Indonesia terbilang sangat melimpah. Madu hutan ini memiliki tampilan warna yang bening agak kecoklatan. Untuk rasa dari madu hutan ini tidak terlalu manis dan cenderung ada sedikit campuran rasa asamnya.

 

2. Madu Akasia



Sumber: Maeshoney.com


Madu akasia atau yang lebih dikenal dengan nama madu belalang. Jenis madu ini seringkali salah dikenali sebagai madu hutan karena sama-sama memiliki warna yang bening. Hanya saja untuk madu akasia ini warnanya jauh lebih bening cerah agak kekuningan. Bisa dikatakan kalau warna madu akasia justru transparan. Madu akasia didapat dari nektar bunga Robinia pseudoacacia sehingga memiliki rasa manis yang bercampur dengan aroma wangi dan vanilla.  

 

3. Madu Putih



Sumber: Honeyfarabia.com


Madu putih menjadi madu berikutnya yang juga sama-sama berasal dari nektar bunga. Tapi dari nektar bunga alfalfa, semanggi putih, dan fireweed. Madu putih ini memiliki tampilan yang jauh berbeda dibanding kedua jenis madu sebelumnya. Sesuai dengan namanya, madu putih memiliki tampilan yang putih seperti susu, hanya saja warnanya sedikit agak kekuningan. Madu putih sangat langka sehingga harganya terbilang cukup mahal jika dibandingkan madu lainnya.

 

4. Madu Hitam



Sumber: Timsmedia.co.id


Selanjutnya ada madu hitam yang berasal dari nektar berbagai macam jenis bunga pohon seperti mahoni, singkong karet, paitan, dan kaliandra. Warna dari madu ini memang hitam pekat dengan rasa yang sedikit pahit jika dibanding madu lainnya. Rasa pahit yang ada pada madu hitam dikarenakan adanya zat alkaloid dalam tumbuhan. Di antara jenis madu lainnya, madu hitam memiliki kandungan antioksidan yang paling tinggi.

 

5. Madu Manuka



Sumber: Allrecipes.com


Jenis madu yang terakhir adalah madu manuka. Madu manuka sangat populer di Indonesia dan asalnya dari benua Australia dan Selandia Baru. Madu ini memiliki tekstur yang agak kental dengan tampilan warna kuning agak gelap. Sementara untuk rasanya, madu ini punya perpaduan rasa manis dan sedikit rasa pahit saat kamu mencicipnya. Madu manuka banyak digunakan sebagai pengobatan karena nutrisinya yang kaya. Konon madu ini juga bisa mengobati beragam jenis penyakit kulit dengan hanya mengoleskannya saja ke permukaan kulit karena madu manuka memiliki sifat anti bakteri yang sangat kuat.

 

Bagaimana menurutmu mengenai madu-madu yang ada di atas? Manakah yang paling sering kamu konsumsi?

Honey Comb

Foto Honey Comb
Foto Honey Comb
Foto Honey Comb

Honey Loaf

Foto Honey Loaf
Foto Honey Loaf
Foto Honey Loaf

Dear Butter

Foto Dear Butter
Foto Dear Butter
Foto Dear Butter

Social Affair Coffee & Baked House

Foto Social Affair Coffee & Baked House
Foto Social Affair Coffee & Baked House
Foto Social Affair Coffee & Baked House

Chicago Popcorn

Foto Chicago Popcorn
Foto Chicago Popcorn
Foto Chicago Popcorn

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?