Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal 5 Jenis Mie Jepang yang Paling Populer

List Artikel
27 September 2016 | 0 Komentar

Siapa yang tak suka dengan mie? Makanan berbentuk panjang dan bertekstur kenyal ini sangat populer di dunia. Jepang menjadi salah satu negara yang banyak mengonsumsi mie. Ada banyak sekali jenis mie asal Jepang yang bisa kamu cicip. Jenis mie Jepang dibedakan dari bahan baku utama serta kaldunya, sedangkan untuk cara pembuatan hampir semuanya sama. Untuk kamu yang mengaku pecinta makanan Jepang lima jenis mie di bawah ini pasti sudah tidak asing. Apa saja ya? Yuk, simak baik-baik ulasannya:



1. Ramen


Sumber: pergikuliner.com


Ramen menjadi mie Jepang yang paling populer dan banyak penggemarnya. Ramen terbuat dari tepung terigu, air, dan telur. Ramen sekilas mirip dengan mie biasa karena warnanya yang agak kekuningan. Ramen biasa disajikan dengan berbagai macam kuah seperti kuah kaldu babi, shio, tonkotsu, serta shoyu. Untuk tambahan di atasnya biasanya diberi chasiu, menma, telur rebus, nori, hingga irisan daun bawang. Rasanya sangat  gurih beraroma.



2. Udon



Sumber: pergikuliner.com


Setelah ramen, ada udon yang menempati urutan kedua dari tingkat popularitas mie Jepang. Tak seperti ramen yang berwarna kekuningan, udon berwarna putih agak pucat. Udon memiliki bentuk yang agak besar, tebal, dan lebar sekitar 4-6 mm. Setelah dibentuk, udon direbus dalam kuah yang dibuat dari dashi  dengan tambahan kecap asin dan tsuyu. Udon biasa disajikan dengan aneka topping yang mengenyangkan seperti tempura, tahu goreng, serta tofu goreng.



3. Soba


Sumber: food.detik.com


Soba adalah jenis mie Jepang yang terbuat dari tepung soba atau campuran gandum dan tepung terigu. Ukuran soba mirip dengan spaghetti, agak tipis dan kecil dengan warna cokelat keruh. Soba bisa disantap dalam keadaan panas atau dingin. Kebanyakan orang lebih suka menyantap soba dalam keadaan dingin sambil dicelup ke dalam kuah soba yang terbuat dari soy sauce manis, mirin, serta dashi.



4. Shirataki



Sumber: seriouseats.com


Jenis mie Jepang yang satu ini memang tak begitu familiar di lidah masyarakat Indonesia, tapi sangat popular di Jepang. Shirataki terbuat dari gelatin khas Jepang, yakni konyaku. Teksturnya lebih kenyal dan tipis dibanding jenis mie Jepang lainnya. Konyaku sekilas mirip dengan bihun atau soun.



5. Somen



Sumber: seriouseats.com


Somen sangat identik dengan musim panas karena disajikan dalam keadaan dingin dengan menggunakan es batu. Sama seperti soba, somen terbuat dari tepung gandum. Mie yang  memiliki tekstur yang halus dan tipis ini biasa disajikan dengan nato, irisan daun bawang, serta daging.


Tamoya Udon

Foto Tamoya Udon
Foto Tamoya Udon
Foto Tamoya Udon

Hachimitsu

Foto Hachimitsu
Foto Hachimitsu
Foto Hachimitsu

Abura Soba Yamatoten

Foto Abura Soba Yamatoten
Foto Abura Soba Yamatoten
Foto Abura Soba Yamatoten

Shiraku Soba

Foto Shiraku Soba
Foto Shiraku Soba
Foto Shiraku Soba

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?