Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal 6 Jenis Kerang Paling Lezat untuk Dimakan

List Artikel
15 Oktober 2020 | 2 Komentar
Kamu salah satu penggemar kerang? Pastinya kamu udah nggak asing lagi kan dengan banyaknya jenis kerang yang ada di Indonesia? Jenis kerang di Indonesia ternyata bisa mencapai puluhan lho jenisnya. Tapi tidak semuanya bisa kamu makan. Ada beberapa jenis kerang yang beracun sehingga tidak boleh kamu konsumsi. Lalu, kerang apa saja yang bisa kita makan? Ini dia beragam jenis kerang yang paling lezat untuk dikonsumsi!

Kerang Hijau


Sumber : Vemale.com

Kerang hijau (Perna viridis) merupakan salah satu kerang lunak yang hidup di laut, bercangkang dua, dan berwarna hijau. Kerang hijau merupakan salah satu jenis kerang yang banyak kita temui di pasaran dan sangat digemari untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi.

Kerang Bambu


Sumber : Berrykitchen.com

Kerang bambu mengandung protein yang sangat tinggi. Kerang bambu juga mempunyai cita rasa khas yang gurih dan manis. Kerang bambu memiliki cangkang yang panjang dengan dua sisi paralel. Tubuhnya kecil memanjang, salah satu ujungnya berbentuk runcing seperti mata pisau. Kerang bambu dapat dijadikan bahan untuk membuat petis dan rengginang khas masyarakat Jawa Timur, khususnya Madura. Selain dijual dalam bentuk segar, kerang bambu biasanya juga dijual dalam kondisi matang.

Kerang Putih


Sumber : Resepmasakandapurarie.com

Kerang putih alias kerang kepa tahu ini mempunyai kulit cangkang yang tebal dan berwarna putih. Kerang ini bisa diolah dalam berbagai masakan dan merupakan kerang yang paling sering dijadikan bahan pembuatan sup.

Kerang Kijing


Sumber : Agentpantaicarita.wordpress.com

Kerang kijing atau kerang air tawar memiliki kandungan protein tinggi dan kandungan asam lemak tak jenuh yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kerang kijing banyak dimanfaatkan untuk pembuatan kerupuk. Kerang ini mempunyai bentuk pipih lonjong atau oval dengan warna cangkang cokelat kehijauan.

Kerang Darah


Sumber : Pergikuliner.com

Kerang darah atau yang biasa disebut kerang dara ini merupakan kerang yang memiliki daging berwarna merah dan banyak hidup di sekitar pasir lumpur laut dangkal. Kerang darah sering kita jumpai di pasar. Kerang ini biasa dikonsumsi oleh masyarakat Asia Timur dan Asia Tenggara. Kerang ini disebut kerang darah karena menghasilkan hemoglobin dalam cairan merah yang dihasilkannya.

Kerang Simping


Sumber : Ritaavriel.blogspot.co.id

Kerang Simping atau Serimping atau Serumping ini hidup di perairan laut kosmopolitan. Kerang ini juga dianggap sebagai kerang yang paling aman untuk dimakan dalam keadaan mentah. Daging kerang simping boleh dibilang lebih kenyal dan padat dibandingkan dengan jenis kerang lainnya. Kerang simping mempunyai bentuk pipih yang menyerupai kipas.

Cukup banyak kan jenis-jenis kerang yang aman untuk dikonsumsi? Nah! Kalo kamu kepingin makan berbagai macam olahan kerang, kamu bisa kunjungi beberapa restoran seafood di Jakarta dan Tangerang berikut ini!

Seafood City By Bandar Djakarta

Foto Seafood City By Bandar Djakarta
Foto Seafood City By Bandar Djakarta

Indah Seafood 94

Foto Indah Seafood 94
Foto Indah Seafood 94

Sandjaja & Seafood

Foto Sandjaja & Seafood

Live Seafood Cabe Ijo

Foto Live Seafood Cabe Ijo
Foto Live Seafood Cabe Ijo
Foto Live Seafood Cabe Ijo

Seafood Santa 68

Foto Seafood Santa 68
Foto Seafood Santa 68

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
pea betull ea
dadwdasdasd@yahoo.com | 13 Jun 2016 pk. 10:43 AM
Foto user umum
pendapat saya untuk review kerang ini sudah cukup lengkap, bagus untu referensi mencari tempat makan yg menjual kerang:)
encil_blablabla@yahoo.com | 22 Jun 2016 pk. 10:48 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?