Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal 7 Dessert Perancis Paling Enak di Dunia

List Artikel
6 Oktober 2022 | 0 Komentar
Perancis bukan hanya terkenal akan merk fashion-nya yang mewah saja lho. Akan tetapi, Perancis juga dikenal sebagai pusat dessert terbaik di benua Eropa. Negeri yang kaya akan makanan penutup yang manis-manis ini memang menjadi salah satu negara yang paling banyak dituju oleh para para pastry chef di dunia untuk menimba ilmu kuliner, khususnya dessert. Memangnya apa saja sih dessert Perancis yang terkenal di dunia? Nah, ini dia dessert tradisional khas Perancis yang paling populer di berbagai negara!

1. Macaroon


Sumber: Pergikuliner.com

Macaroon adalah dessert cantik asal Perancis yang paling mendunia. Bentuknya mirip dengan burger mini dengan warna-warni pastel yang sangat cantik dan menarik. Rasanya sangat manis dan lembut ketika digigit. Macaroon terbuat dari tepung almond yang dicampur dengan putih telur dan gula pasir. Kue mungil ini juga telah divariasikan ke dalam beberapa rasa isian seperti raspberry, teh hijau, vanilla, lemon, dan masih banyak lagi.

2. Eclair


Sumber: Pergikuliner.com

Eclair merupakan dessert cantik asal Perancis yang mirip dengan kue sus asal Belanda, hanya saja eclair berbentuk lonjong. Cara pembuatan eclair tidak membutuhkan pengembang makanan, jadi proses pengembangannya mengandalkan tekanan dari uap air. Bahan pembuat eclair sama dengan kue sus, yakni susu, tepung terigu, telur, gula, dan mentega. Setelah dipanggang dalam oven, eclair harus dibiarkan dingin terlebih dahulu sebelum diisi dengan filling dan topping.

3. Creme Brulee


Sumber: L
ittlesweetbaker.com

Creme brulee merupakan salah satu dessert khas Perancis yang terbuat dari susu, kuning telur, vanili, dan gula. Penyajiannya cukup unik, yakni dengan wadah mangkuk mini dan pada bagian atas ditutup dengan lapisan caramel yang dibakar. Cita rasanya pun sangat manis dan lembut di mulut. Ada satu standar mutlak dalam pembuatan sajian ini, yaitu jika lapisan atas creme brulee pecah dengan mudah saat diketuk dengan sendok, maka creme brulee tersebut baru bisa dikatakan sempurna.

4. Tarte Tatin


Sumber: G
randbaby-cakes.com

Tarte tatin adalah kue tradisional Perancis yang sangat klasik. Tarte tatin memiliki bentuk yang mirip seperti pie buah yang manis. Di Perancis, kue satu ini disebut sebagai kue tart apel dengan potongan buah apel di atasnya dengan lapisan karamel yang manis.

5. Souffle


Sumber: D
ownshiftology.com

Souffle di Perancis terdiri dari rasa asin dan manis. Rasa autentik dari souffle adalah rasa lemon. Rasa manis dan tekstur lembut yang berasal dari bahan putih telur ini dipadukan dengan rasa lemon sebagai penghilang amis. Kue berwarna kuning dengan tekstur mengembang ini cocok dinikmati di siang hari dengan es krim.

6. Savarin


Sumber: T
alibakesgood.wordpress.com

Sekilas, bentuk kue yang satu ini mirip dengan kue bolu loyang karena bentuknya yang bundar dengan lubang di tengahnya yang seperti cincin. Pada proses pembuatannya, setelah adonan kue tersebut selesai dibuat, savarin akan direndam dalam sirup cokelat hingga mengembang, kemudian ditiriskan. Dalam penyajiannya, bagian tengah savarin yang cekung biasanya diisi dengan krim dan potongan buah-buahan.

7. Mocha Pots De Creme


Sumber: T
hegoldlininggirl.com

Mocha pots de creme sangat mirip dengan creme brulee. Bagi kamu penggemar cokelat wajib mencoba dessert manis satu ini. Dengan bahan dasar krim cokelat yang disajikan dalam mangkuk mungil lengkap bersama whipped cream di atasnya, dessert yang satu ini sangat pas disajikan sebagai makanan penutup.

Gimana? Enak-enak kan? Kira-kira dimana ya kamu bisa nemuin dessert-dessert enak khas Perancis tersebut? Pergikuliner punya beberapa rekomendasinya buat teman kuliner. Cek di bawah ini ya!

TWG Tea Salon & Boutique

Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique

Bakerzin

Foto Bakerzin
Foto Bakerzin
Foto Bakerzin

BEAU Bakery

Foto BEAU Bakery
Foto BEAU Bakery
Foto BEAU Bakery

Eric Kayser Artisan Boulanger

Foto Eric Kayser Artisan Boulanger
Foto Eric Kayser Artisan Boulanger
Foto Eric Kayser Artisan Boulanger

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?