Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal 7 Jajanan Khas Manado yang Jadi Favorit Banyak Orang

List Artikel
5 Desember 2016 | 0 Komentar

Jalan-jalan ke suatu tempat, yang tidak boleh terlupakan adalah mencicipi jajanan khas daerah tersebut. Berbicara mengenai jajanan khas daerah, kali ini PergiKuliner akan mengajakmu mengenal jajanan khas Manado yang menjadi favorit banyak orang. Apa saja ya? Yuk, cari tahu jajanan khas Manado yang banyak dicari melalui rangkuman dari PergiKuliner berikut ini:



1. Kue Balapis



Sumber: pergikuliner.com


Kue balapis asal Manado sebenarnya adalah kue lapis yang tidak jauh berbeda dengan kue lapis lainnya. Bahan untuk membuatnya sangat mudah dan dapat kamu coba di rumah seperti tepung beras, santan, dan gula pasir. Kue balapis biasanya terdiri dari dua warna yaitu cokelat dan putih atau coklat dan hijau. Teksturnya yang kenyal dengan rasa yang manis membuat kue balapis ini menjadi daftar jajanan paling dicari oleh para pendatang atau turis yang berkunjung ke Manado.



2. Es Kacang Merah



Sumber: pergikuliner.com


Minuman segar yang satu ini juga dipilih sebagai jajanan khas Manado paling dicari. Selain menyegarkan, minuman ini tentunya juga menyehatkan karena berbahan dasar kacang merah. Minuman ini sangat cocok diminum saat kamu sedang haus dan mampu menghilangkan dahaga ketika cuaca sangat panas.



3. Panada



Sumber: pergikuliner.com


Apa itu panada? Panada sebenarnya adalah kue pastel. Hanya saja jika kue pastel pada umumnya berisi sayuran namun pastel asal Manado ini berisi suwiran ikan cakalang yang sangat enak. Panada sendiri diambil dari bahasa Spanyol yakni empanada yang berarti ikan yang dibungkus roti. Kepopuleran panada ini juga sudah menyebar hingga ke daerah-daerah lain di Indonesia.



4. Kue Bagea Kenari



Sumber: pergikuliner.com


Bagea kenari adalah kue tradisional Sulawesi yang terbuat dari biji kenari. Itulah mengapa disebut kue bagea kenari. Selain itu, bahan lain untuk membuat kue ini adalah tepung terigu, minyak sayur, sagu, dan gula pasir sehingga tekstur kuenya agak keras dan sulit dimakan. Biarpun agak keras, kue bagea menjadi primadona di Manado lho.



5. Lalampa



Sumber: pergikuliner.com


Ada pula lalampa yang menjadi pilihan jajanan Manado berikutnya yang wajib kamu coba. Lalampa adalah sejenis lemper yang berisi ikan tongkol kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dibakar hingga harum. Rasanya sudah pasti sangat lezat dan porsinya cukup mengenyangkan.



6. Biapong



Sumber: pergikuliner.com


Biapong atau yang berarti bakpao adalah jajanan khas Manado yang juga tidak kalah terkenal. Nah, isi biapong bisa beraneka ragam seperti biapong isi kelapa, biapong isi kacang merah, biapong isi ayam, dan masih banyak lagi.



7. Klappertaart



Sumber: pergikuliner.com


Untuk yang terakhir, PergiKuliner punya klappertaart! Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan kue yang satu ini. Klappertaart merupakan kue khas Manado yang mengandung kalori cukup tinggi karena memiliki  adonan utama yakni kelapa parut, tepung terigu, susu, mentega, dan telur. Klappertaart paling cocok dinikmati saat keadaan dingin sehingga tidak boleh terlalu lama dibiarkan di lemari pendingin agar rasanya tetap enak ketika dimakan.


Restaurant Sarang Oci

Foto Restaurant Sarang Oci

Restoran Ikan Tude Manado

Foto Restoran Ikan Tude Manado

Roa Manadonese Food

Foto Roa Manadonese Food

Rarampa

Foto Rarampa
Foto Rarampa
Foto Rarampa

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?