Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal Asal Usul Kuliner Kaki Lima

List Artikel
20 Oktober 2017 | 0 Komentar

Kuliner kaki lima atau yang juga dikenal dengan nama street food merupakan kuliner yang dijual di pinggir jalan atau trotoar yang seharusnya diperuntukkan untuk pejalan kaki. Penjual kuliner kaki lima biasanya menjual dagangannya menggunakan gerobak sehingga mudah dipindah-pindahkan karena penjualnya sering sekali ditertibkan oleh para petugas pemerintah. Oleh karena itu, sudah sewajarnya jika kuliner kaki lima tidak pernah memiliki lokasi yang tetap. Tapi tahukah kamu asal mulanya ada kuliner kaki lima?



Sumber: pergikuliner.com


Istilah ‘kaki lima’ sebenarnya sudah mulai dikenal di Indonesia antara tahun 1811 hingga 1816. Waktu itu, Napoleon yang menguasai benua Eropa dan koloni Belanda di Asia. Gubernur Jendral di Indonesia yakni Sir Thomas Stamford Raffles menginstruksikan sistem lalu lintas di sebelah kiri jalan raya dan mengeluarkan aturan bahwa di tepi-tepi jalan harus dibuat  troator untuk pejalan kaki yang tingginya harus 31 cm dan lebarnya sekitar 150 cm. Trotoar ini dinamakan ‘five feet’ karena memang ukurannya yang hanya lima kaki manusia. Istilah ‘five feet’ inilah yang kemudian digunakan oleh para pedagang yang mulai berjualan di atasnya.


Sumber: pergikuliner.com


Ada juga yang mengatakan kalau istilah ‘kaki lima’ diambil dari jumlah kaki yang berjualan dengan menggunakan gerobak. Jumlah kaki yang berjumlah lima tersebut adalah dua kaki pedagang itu sendiri, dua roda, dan satu kaki kayu yang mengganjal gerobak. Alhasil, pedagangnya dinamakan pedagang kaki lima dan kuliner yang dijual oleh pedagang kaki lima disebut dengan nama kuliner kaki lima. Jenis-jenis kuliner kaki lima yang dijual sangat beragam, mulai dari bakso, mie ayam, bubur, sate, stoto ayam, hingga dessert menyegarkan seperti es cendol, es doger, es campur, dan lain sebagainya.

 

Sekarang sudah tahu kan dari mana istilah kuliner ‘kaki lima’ yang selalu bisa membuat perut kamu kenyang dengan kantong aman. Jadi kepengen makan kuliner kaki lima? Bagaimana kalau kamu datang ke salah satu tempat kuliner kaki lima di bawah ini!

Kerang Kiloan Pak Rudi

Foto Kerang Kiloan Pak Rudi
Foto Kerang Kiloan Pak Rudi
Foto Kerang Kiloan Pak Rudi

Bubur Ayam Barito

Foto Bubur Ayam Barito
Foto Bubur Ayam Barito
Foto Bubur Ayam Barito

Sate Padang H. Ajo Manih

Foto Sate Padang H. Ajo Manih
Foto Sate Padang H. Ajo Manih
Foto Sate Padang H. Ajo Manih

Martabak Rudy

Foto Martabak Rudy
Foto Martabak Rudy

Nasi Uduk Aceh 77

Foto Nasi Uduk Aceh 77
Foto Nasi Uduk Aceh 77
Foto Nasi Uduk Aceh 77

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?