Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal Chicken Nanban, Kuliner Jepang Viral yang Disajikan dengan Cara Barat

List Artikel
28 Juli 2023 | 0 Komentar

Chicken nanban menjadi salah satu kuliner asal Jepang yang saat ini sedang viral. Keviralan chicken nanban berawal dari sebuah video tutorial resepnya yang muncul di TikTok. Karena sangat mudah dibuat, banyak influencer dan Youtuber yang membuat ulang resep chicken nanban. Padahal sebenarnya chicken nanban ini bukanlah kuliner yang baru, karena sudah banyak dijumpai di berbagai restoran Jepang. Chicken nanban adalah kuliner yang terbuat dari bahan dasar ayam fillet yang dibalut dengan tepung dan digoreng hingga matang. Kuliner khas Jepang ini terbilang unik karena cara penyajiannya yang disajikan bersama dengan saus khusus dan sayur-sayuran layaknya salad khas Barat pada umumnya. Supaya kamu bisa mengenal kuliner Jepang viral ini, langsung saja kita lihat seluk beluk dari chicken nanban yuk!

 

Muncul pada Tahun 1960-an



Sumber: masakapahariini.com


Chicken nanban memang baru terkenal di Indonesia, tapi kuliner ini ternyata termasuk dalam kategori kuliner klasik Jepang karena diduga sudah ada sejak tahun 1960-an. Menurut dari sejarahnya, kuliner ini pertama kali muncul di Miyazaki perfektur yang berada di daerah Kyushu. Ada dua restoran yang mengeklaim bahwa chicken nanban ini pertama kali disajikan di restoran mereka. Dua restoran tersebut bernama Ogura dan Neo-chan. Kedua restoran tersebut merupakan restoran yang memang khusus menyajikan kuliner fusion yang memadukan kuliner khas Jepang dengan Barat. Ogura dan Neo-chan sudah ada sejak tahun 1956. Hingga saat ini, masih belum diketahui pasti mana restoran yang pertama kali mengenalkan chicken nanban kepada masyarakat Jepang setempat.

 

Mendapat Pengaruh dari Kuliner Portugis



Sumber: pergikuliner.com


Ada satu fakta unik dari chicken nanban yang perlu kamu ketahui. Ada banyak kuliner Jepang yang diadaptasi dari kuliner Portugis, salah satunya adalah chicken nanban. Hal ini diketahui dari saus yang digunakan sebagai pendamping wajib dalam kuliner chicken nanban. Pada abad ke-17, kapal Portugis berlabuh di Jepang untuk melakukan perdagangan, mulai dari perdagangan senjata, rempah, kain, dan sebagainya. Para pedagang dari Portugis ini biasanya singgah di Jepang dalam waktu cukup lama untuk berdagang sebelum akhirnya berlayar lagi. Dari sinilah masyarakat Jepang mulai mengenal kuliner Portugis. Selain chicken nanban, ada dua kuliner khas Jepang terkenal lainnya yang diadaptasi dari kuliner Portugis, yakni tempura dan castella cake.

 

Cara Penyajian Ala Barat



Sumber: foodinjapan.org


Chicken nanban disajikan bersama dengan saus khusus yang diadaptasi dari kuliner Portugis yang dikenal dengan nama saus tartar. Saus ini dibuat dari bahan dasar mayones yang dicampur dengan telur rebus cincang, acar mentimun, cuka, dan gula. Selain saus nanban, ada tambahan lainnya yang membuat tampilan sajian chicken nanban ini terlihat kebarat-baratan, yakni adanya salad sayuran yang diletakkan disamping sajian ayam. Chicken nanban juga kerap kali disajikan dengan tambahan siraman saus yang dibuat dari kecap asin, mirin, dan cuka untuk memperkaya rasanya.

 

Sering Salah Dikenali sebagai Chicken Kaarage



Sumber: nyt.com


Dikarenakan sering muncul pada lauk bento, chicken nanban ini kerap kali salah dikenali sebagai chicken karaage yang juga sama-sama ayam goreng khas Jepang. Meski keduanya sama-sama ayam tanpa tulang yang dibalur tepung dan digoreng, chicken nanban dan chicken karaage ini berbeda karena bumbu yang digunakan berbeda sehingga punya keunikan rasa masing-masing. Rasa chicken nanban cenderung lebih kompleks karena bumbunya lebih banyak, ditambah lagi cara penyajiannya juga berbeda. Chicken nanban disajikan dengan saus tartar dan salad sayuran, sementara karaage hanya disajikan dengan irisan jeruk lemon.

 

Setelah melihat penjelasan mengenai chicken nanban yang ada di atas, semoga kamu bisa dengan mudah memahami tentang kuliner khas Jepang ini ya! Buat yang ingin menyantap aneka kuliner Jepang lainnya, di bawah ini ada beberapa rekomendasi restoran Jepang yang bisa didatangi!

Sushi Masa

Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa

Aoki Japanese Cuisine - Hotel Gran Mahakam

Foto Aoki Japanese Cuisine - Hotel Gran Mahakam
Foto Aoki Japanese Cuisine - Hotel Gran Mahakam
Foto Aoki Japanese Cuisine - Hotel Gran Mahakam

Katsutoku

Foto Katsutoku
Foto Katsutoku
Foto Katsutoku

Kappa Sushi

Foto Kappa Sushi
Foto Kappa Sushi
Foto Kappa Sushi

Sushi Go!

Foto Sushi Go!
Foto Sushi Go!
Foto Sushi Go!

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?